Agar tidak digigit kutu kucing

Agar Tidak Digigit Kutu Kucing

Bagaimana agar tidak digigit kutu kucing sebab selain menggigit dan mengganggu kucing, kutu kucing juga bisa menggigitmu. Gigitannya bisa terasa gatal dan bahkan berpotensi menimbulkan penyakit lain, jika kutu yang menggigit terinfeksi penyakit dan parasit seperti cacing pita.

Karenanya mencegah agar kutu kucing tidak menggigitmu itu penting. Berikut ini beberapa caranya.

Tutupi Kulitmu

Kutu kucing biasanya hidup di bawah seperti lantai, kasur kucing, karpet, maka biasanya bagian tubuhmu yang digigit kutu adalah kaki bagian bawah. Tapi mereka tidak bisa menggigit menembus kain, jadi menggunakan pelindung seperti baju lengan panjang, kaos kaki, dan celana panjang bisa mencegah gigitan kutu kucing.

Kutu tetap akan bisa menyusup sela pakaian dan sampai di kulitmu. Jangan lupa cuci bersih pakaianmu agar kutu yang menempel di baju mati.

Gunakan Semprotan Anti Kutu Buatan Sendiri

Campur minyak ekaliptus, minyak serai atau minyak peppermint dengan air. Masukkan ke botol penyemprot, semprotkan ke baju dan kulit untuk mencegah kutu kucing. Cuma tips ini belum saya coba sih, ini hasil riset saja yang sepertinya berguna.

Obati Segera Kucingmu Dari Kutu

Mengobati kucingmu selain membebaskan kucingmu dari kutu, juga berarti mencegah para kutu itu menggigitmu. Jika kutunya saja sudah dibasmi tentu tidak ada lagi gangguan dari mereka kan?

Untuk pengobatan kutu ini idealnya ditangani oleh dokter hewan. Saat kucing saya masih outdoor dulu dan kena kutu, segera dia dibawa ke klinik hewan. Selain ditangani dengan baik kucing saya juga dimandikan, alhamdulillah dia akhirnya bebas kutu.

Hindari Kontak Dengan Kucing yang Kutuan

Ini berlaku jika kucingnya bukan milikmu, mungkin kucing liar atau milik orang lain. Sebab kamu masih harus berinteraksi dengan kucingmu meskipun sedang kutuan. Misalnya memberi makan dan minum, serta membawanya ke dokter hewan.

Bersihkan Kutu Kucing Dari Rumahmu

Seperti yang sudah disebut di atas, kutu hidup di lingkungan rumahmu meskipun rumahmu bersih. Bersihkan dan cuci karpet, kasur kucing, sofa, bantal sofa, mainan kucing, dan sebagainya. Kamu bisa juga menggunakan vacuum cleaner jika ada, buang kotorannya di luar ya.

Bersihkan rumah secara menyeluruh. Lakukan setiap hari sampai rumah benar-benar bersih dari kutu kucing.

Kamu bisa juga melakukan penyemprotan atau pengasapan, mintalah saran pada pembasmi serangga profesional atau dokter hewan mungkin bisa membantu. Saat penyemprotan jauhkan kucing dan hewan peliharaan lain (mungkin butuh 2 hari atau lebih), dan juga keluargamu sampai area yang disemprot betul-betul aman. Dengan cara ini kutu dewasa, larva, dan telurnya bisa terbasmi.

Flea Trap

Kamu juga bisa beli flea trap (jebakan kutu) di Shopee (klik disini). Kutu kucing akan tertarik dengan kehangatan dan cahaya lalu terjebak, tapi hanya bisa menjebak kutu dewasa saja sedangkan larva dan telur tidak. Bisa juga digunakan untuk menjebak serangga kecil lainnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *