The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Air Kelapa Untuk Kucing Apakah Boleh?

Cukup banyak yang mencari informasi terkait air kelapa untuk kucing. Di antaranya untuk mengobati kucing yang sariawan, keracunan, mencret, distemper (infeksi virus), atau susah kencing.

Sebabnya mungkin karena selama ini air kelapa dikenal bagus untuk manusia. Misalnya untuk penanganan pertama keracunan.

Tapi apakah air kelapa bagus juga untuk kucing? Maka saya melakukan riset selama beberapa hari dan berikut ini hasilnya.

Air kelapa mempunyai beberapa kandungan yang bagus seperti vitamin dan mineral. Kucing juga membutuhkan vitamin dan mineral. Tapi bukan berarti air kelapa bisa dengan sembarangan diberikan pada kucing.

Jika diberikan dalam jumlah sedikit air kelapa mungkin tidak berbahaya bagi kucing. Namun jika berlebihan bisa berbahaya bagi kucing.

Karena dalam air kelapa terkandung potasium (kalium) yang cukup tinggi. Potasium ini bisa mempengaruhi ginjal kucing, dan dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan hiperkalemia (tingginya kadar kalium dalam darah) pada kucing.

Dari yang saya baca reaksi kucing setelah meminum air kelapa pun berbeda-beda. Ada yang biasa saja, ada yang menjadi hiperaktif.

Kesimpulan saya sendiri adalah kucing yang sehat sepertinya boleh minum air kelapa tapi sedikit saja, mungkin sekitar 1 sendok teh maksimalnya. Namun air kelapa jangan dijadikan minuman kucing sehari-hari sebagai pengganti air.

Saya pribadi tidak pernah memberi kucing saya air kelapa. Untuk apa? Jika untuk minum lebih baik kucing minum air putih saja.

Kalau untuk menambah asupan cairan karena kucing mungkin tidak begitu suka minum air, air kelapa tidak menjadi pillihan saya. Lebih baik saya memberi kucing wet food yang kandungan airnya cukup tinggi, sambil terus membujuknya untuk minum air.

Kalau untuk masalah pengobatan misalnya keracunan, saya memilih untuk cepat-cepat membawa kucing ke dokter hewan. Kebetulan tempat tinggal saya dekat dengan klinik hewan.

Patokan saya, kalau hendak memberi kucing makanan atau minuman yang kiranya meragukan, lebih baik tanya-tanya dulu ke dokter hewan. Meskipun makanan atau minuman itu menyehatkan bagi manusia.

Karena setahu saya kebutuhan nutrisi kucing berbeda jenis dan jumlahnya dengan manusia. Apa yang baik dikonsumsi manusia, belum tentu aman bagi kucing. Apalagi jika kucingnya mempunyai kondisi kesehatan tertentu.

Referensi:

  • https://www.rspcansw.org.au/blog/animal-care-information/common-foods-that-can-poison-your-pets/
  • https://petlovethat.com/can-cat-drink-coconut-water/
  • https://www.thebarkspace.com/coconut-water-for-cats-is-it-safe/
  • https://www.mypetchild.com/cat-health/coconut-water-safe/
Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.