Alat grooming kucing

Rekomendasi Alat Grooming Kucing

Selain tidur, kegiatan harian yang banyak dilakukan kucing adalah grooming. Mereka membersihkan dan merawat diri mereka menggunakan lidah dan giginya. Tapi tentu saja yang mereka lakukan kurang memadai, kucing memerlukan bantuan manusia agar dirinya benar-benar bersih.

Kalau kamu grooming kucingmu secara teratur, ikatan antara kamu dengan kucingmu akan semakin kuat. Pada dasarnya grooming kucing itu bisa mudah dilakukan, terutama bila kamu memiliki alat grooming kucing yang tepat.

Sisir Atau Sikat Kucing

Sikat (brush) atau sisir kucing fungsinya untuk mengambil bulu yang rontok. Sehingga bisa mengurangi hairball juga mengurangi bulu yang berceceran dimana-mana dan mengotori rumah.

Pilih sikat yang ujung-ujung sikatnya tidak tajam. Kalau tampak kucingmu kesakitan saat disikat mungkin kamu perlu ganti sikat yang lebih lembut atau kamu menyikat terlalu keras.

Untuk kucing longhair gunakan dahulu sikat yang bergigi jarang untuk menguraikan bulu yang kusut. Setelah itu ganti sikat dengan yang bergigi rapat.

Rekomendasi sikat bulu kucing berkualitas:

Furminator Longhair Untuk Kucing Berbulu Panjang

Furminator longhair

Proses grooming menjadi lebih mudah menggunakan sisir Furminator. Mampu mengambil sebagian besar bulu kucing yang rontok. Sisir ini banyak disukai dan berkualitas bagus.

Furminator Shorthair Untuk Kucing Berbulu Pendek

Furminator shorthair

Kalau sisir Furminator di atas untuk kucing bulu panjang, sisir yang ini untuk kucing berbulu pendek.

Pemotong Kuku Kucing

Kuku (cakar kucing) tumbuh dengan cepat. Kegiatan kucing liar berburu dan memanjat salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah kuku tumbuh terlalu panjang. Sedangkan kucing peliharaan menggaruk (scratching) untuk memangkas pertumbuhan kuku mereka.

Selain itu menggaruk membantu kucing membuang lapisan luar kuku yang mati. Jadi memotong kuku kucing secara berkala itu perlu.

Saya sendiri tidak bisa memotong kuku kucing dan menyerahkan pekerjaan itu pada klinik hewan. Makanya saya tidak menyediakan pemotong kuku kucing di rumah. Namun untuk kamu yang sudah terbiasa memotong kucingmu sendiri, ini ada rekomendasi alat pemotong kuku kucing yang barangkali sesuai bagimu.

Gunting Kuku Kucing dan Nail Trimmer (Kikir)

Gunting kuku kucing dan kikir

Gunting kuku kucing ini dilengkapi sebuah kikir untuk merapikan dan menghaluskan kuku setelah digunting. Ukuran gunting 12,5 cm x 4,2 cm x 2 cm.

Gunting Kuku Kucing Stainless Steel

Gunting kuku kucing stainless steel

Gunting berbahan stainless steel ini mudah digunakan dan memiliki pegangan yang nyaman. Ukurannya 12 cm x 6 cm x 3 cm.

Sikat Gigi Kucing

Menurut vcahospitals.com kucing membutuhkan perawatan gigi minimal 3 kali seminggu. Atau lebih baik lagi jika gigi kucing dibersihkan setiap hari.
Gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang dirangcang khusus untuk kucing.

Jangan gunakan pasta gigi manusia atau baking soda. Dianjurkan untuk memakai sarung tangan saat menggosok gigi kucing, karena mulut kucing mengandung banyak bakteri.

Sikat Gigi Karet Kucing

Sikat gigi karet kucing

Sikat gigi ini tidak mempunyai gagang, cara memakainya dengan memasukkan jarimu ke lubang sikat. Lalu sikat gigi siap untuk digunakan. Jadi kamu menyikat gigi kucingmu menggunakan satu jari.

Nano Silver Sikat dan Pasta Gigi

Nano Silver sikat dan pasta gigi kucing

Produk ini berisi sikat gigi, sikat jari (fingerbrush), dan pasta gigi. Praktis karena 1 set berisi lengkap sikat dan pasta giginya. Bisa juga kamu hadiahkan untuk temanmu yang pecinta kucing.

Shampoo Kucing

Jangan beri kucing shampoo manusia karena tingkat pH shampoo berbeda, sehingga tidak cocok untuk kulit dan bulu kucing. Beli saja shampoo khusus untuk kucing. Ada shampoo yang biasa ada yang untuk kondisi khusus misalnya untuk kucing yang kutuan.

Shampo Kucing Biopet 600 ml

Shampo kucing Biopet

Shampo ini ada 7 varian:

  1. Flea and tick (mencegah perkembangan kutu)
  2. For fungus/jamur (mengandung sulfur)
  3. Black shiny (mencerahkan bulu hitam)
  4. Ultimate softly white (mencerahkan bulu putih)
  5. Medicated pet (untuk kulit sensitif)
  6. For kitten and puppy
  7. Sunshine pet (mencerahkan bulu)

Shampo Kucing Aroma Therapy 250 ml

Shampo kucing aroma therapy

Shampo ini wangi beraroma mawar dan teh hijau. Melembutkan bulu dan isinya cukup banyak.

Blower Pengering Bulu Kucing

Setelah kucing dimandikan kamu bisa mengeringkannya dengan beberapa cara dan alat.

  1. Keringkan tubuh kucing dengan handuk, masukkan kandang lalu jemur sebentar saja di matahari. Jangan jemur di sinar matahari yang terlalu terik.
  2. Setelah dikeringkan dengan handuk, keringkan lagi dengan hair dryer. Bisa juga ditambah dengan penjemuran.
  3. Dengan handuk lalu dikeringkan dengan blower.

Yang paling efektif adalah cara nomer 3. Saya pernah diberitahu waktu membawa kucing ke klinik, bahwa lebih baik dikeringkan dengan blower. Apalagi untuk kucing berbulu panjang, agar pengeringannya sempurna, karena air yang tertinggal di badan kucing tidak bagus misalnya kemungkinan bisa menimbulkan jamur.

Handuk, penjemuran, dan hair dryer bisa juga jika kepepet. Atau jika kucing tidak terlalu basah, misalnya tidak dimandikan tapi hanya dilap saja.

IDEALIFE Blower Kucing & Vacuum Cleaner (Penyedot Debu Mini)

Idealife blower kucing

Alat ini 2 in 1, blower pengering bulu kucing yang bisa juga digunakan sebagai vacuum cleaner.

Sepesifikasinya:

  • Kapasitas tangki debu 0,5 liter
  • Hanya untuk kotoran/debu kering
  • Tegangan listrik 220 Volt
  • Daya listrik 600 Watt
  • 3 stage filtration system
  • Tangki debu transparan
  • Dilengkapi 2 sikat pembersih & 1 unit selang

Tisu Kucing

Sehari-hari saya menggunakan tisu untuk membersihkan kucing saya di sela jadwal mandinya. Jika dia habis berbaring di tempat yang berdebu, maka tubuhnya perlu dilap pakai tisu.

Tisu juga saya gunakan untuk membersihkan bagian tertentu tubuhnya yang kotor. Bagus juga lho kakinya dilap tisu setiap dia habis menggunakan litter box, sebab siapa tahu dia tak sengaja menginjak kencing/kotorannya sendiri.

Tisu Basah Kucing Shinecoat

Tisu kucing shinecoat

Isinya 50 lembar, untuk membersihkan kotoran dari tubuh kucing. Juga berfungsi sebagai anti bakteri dan penghilang bau.

Tisu Basah Tear Stain Untuk Kucing

Tisu basah kucing tear stain

Tisu ini 1 pak berisi 120 lembar, digunakan untuk membersihkan kotoran mata yang biasanya ada di bawah mata kucing. Juga bisa untuk mengurangi bau bekas kotoran mata.

Pet Grooming Set

Kamu juga bisa membeli 1 set yang isinya beberapa macam alat grooming. Buat hadiah ke orang juga bisa lho, orang yang dikasih bakal senang menerimanya.

1 Set Alat Grooming Kucing

Pet grooming set

Harganya cukup murah, isinya ada sisir, sikat, kikir, dan gunting kuku.

Selamat grooming kucing kesayanganmu, ya. Semoga kamu dan kucingmu sehat selalu dan terus bersama dalam kebahagiaan. Jangan lupa kalau kamu juga bisa (lebih baik) minta rekomendasi klinik langgananmu apa saja alat grooming yang bagus.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *