Arti ekor kucing

Bahasa Ekor Kucing: 14 Arti Ekor Kucing dari Gerakan dan Posisinya

Saya meriset arti ekor kucing berdasarkan gerakan dan posisinya, dan hasilnya saya tulis di artikel ini. Sebab saya masih sering salah memahami bahasa tubuh kucing saya, sehingga salah memperlakukannya. Akibatnya beberapa kali saya digaplok kucing saya pakai kakinya dan digigit namun pelan saja dan tidak sakit atau berdarah.

Saya menyimpulkan kucing menunjukkan perasaan dan emosinya melalui bahasa ekor dengan dua cara. Yaitu menggerakkannya dan memposisikan ekor pada posisi tertentu.

Arti Gerakan Ekor Kucing

1. Ekor bagian atas bergetar

Tandanya kucing sedang gelisah atau cemas akan sesuatu. Jika kucingmu melakukan hal ini setiap hari, mungkin karena terganggu dengan suara berisik atau ruangannya tidak nyaman. Cobalah tempatkan dia di ruang yang lebih tenang dan nyaman.

2. Seluruh ekor bergetar

Bergetarnya seluruh ekor adalah tanda kucingmu merasa terganggu dan marah. Salah satu sebabnya adalah kurangnya perhatian atau sebaliknya ia mendapatkan perhatian yang berlebihan. Saat kucing makin merasa terganggu, ekornya akan berubah menjadi gerakan seperti mencambuk bertubi-tubi.

Jika sekiranya penyebabnya ia merasa tidak diperhatikan, segera beri kucingmu perhatian. Jika ia terganggu karena terlalu lama kamu ajak bermain, biarkan ia sendirian dulu. Apalagi jika gerakan ekornya dibarengi dengan berdirinya bulu di ekor atau tubuhnya, kucingmu benar-benar butuh dibiarkan menjadi tenang dulu.

3. Ekor tegak dengan ujung bergetar

Menunjukkan dia sedang gembira atau tertarik pada sesuatu. Bisa terjadi saat kamu memberinya makan atau saat kamu pulang ke rumah. Kucingmu akan menghampirimu dengan ekor tegak dan ujungnya bergetar.

4. Ujung ekor menyentak/berkedut

Artinya kucing sedang tidak rileks, dan mungkin ia sedang sangat waspada. Hal ini juga menandai jika kucing sedang sangat fokus pada sesuatu, mungkin pada musuhnya, mainannya, atau sedang mengintai buruan (tikus kecil, serangga, dsb).

5. Ekor menyabet/mencambuk

Ekor yang menyabet bisa menimbulkan suara keras saat terkena sesuatu (karpet, benda di sekitar). Tandanya kucing sedang tertekan atau terganggu, dan ia merasa tidak nyaman. Biarkan dia menjadi tenang baru didekati.

6. Ekor bergerak-gerak ke samping

Dalam gerakan yang halus dan berirama. Menunjukkan emosinya sedang baik, atau sedang tertarik pada sesuatu. Misalnya sedang mengikuti buruannya atau menunggumu yang sedang membuka kaleng makanan.

Arti Posisi Ekor Kucing

7. Ekor tegak tinggi ke udara

Kucing sedang merasa aman, percaya diri, atau gembira. Jika ujung ekor bergetar atau berkedut bisa jadi ia sedang gembira sekali. Jika ujung ekor melengkung maka ia sedang ramah.

8. Ekor atas melengkung tapi pisisi ekor tidak tegak

Kemungkinan kucing sedang sedikit galau, merasa tidak yakin, hati-hati, atau merasa agak kurang aman. Tapi kalau dia melakukan ini di dekatmu mungkin dia sedang ingin diajak bermain atau menunjukkan keramahan saja.

9. Ekor turun atau pada posisi rendah

Biasanya menandakan kucing sedang takut atau sedang agresif. Lebih baik jangan langsung didekati, beri dia waktu untuk menenangkan diri dulu.

10. Ekor terselip di antara kaki

Terjadi jika kucing sedang merasa bersalah misalnya sehabis naik meja dan menjatuhkan piring. Atau kucing sedang takut, stres, bahkan sangat kesal.

11. Ekor (bulu ekor) tampak menggembung

Kucing sedang ketakutan dan agresif, ekor seperti ini sering terlihat waktu kucing hendak berkelahi dengan kucing lainnya. Dengan membuat bulu ekor dan bulu tubuhnya berdiri, kucing sedang berusaha membuat dirinya tampak lebih besar untuk menakuti musuhnya. Kamu, kucing lain, bahkan benda mati tak dikenal bisa dianggap sebagai ancaman/musuh saat itu.

12. Ekornya memeluk sesuatu

Misalnya melingkarkan ekor di tangan atau kakimu, tandanya kucing sedang bersahabat, sedang memberi pelukan, menunjukkan kasih sayangnya. Kadang juga dilakukan untuk mengajak bermain, meminta perhatian, atau meminta makanan.

13. Ekor horisontal

Kucing sedang merasa tidak pasti, tapi tidak merasa terancam melainkan merasa agak tidak nyaman saja. Biasanya posisi ekor ini terjadi jika ada hewan atau orang baru di rumah.

14. Ekor melingkari tubuh bawah

Kucing duduk dan melibatkan ekor di seputaran kakinya. Posisi yang imut ini menandakan kucing sedang gugup. Biarkan saja sampai dia nyaman dengan sendirinya.

Apakah ada bahasa ekor kucing yang belum saya tulis di atas? Kasih tahu di komentar ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *