Berapa lama kucing menyusui

Berapa Lama Kucing Menyusui?

Berapa lama kucing menyusui, jawabnya adalah sekitar 8 minggu. Proses menyusui dibagi menjadi dua, pertama anak kucing hanya diberi air susu induknya, kedua anak kucing mulai disapih dan perlahan pemberian susu dikurangi.

Pemberitahuan: Tulisan ini mempunyai link afiliasi, jika kamu membeli produk melalui link afiliasi di tulisan ini maka saya akan mendapatkan sedikit komisi penjualan. Terima kasih ya!

Proses Induk Kucing Menyusui Anaknya

12 sampai 24 jam pertama dalam hidupnya, sangat penting anak kucing mendapat asupan susu dari induknya. Susu pertama, atau kolostrum, mengandung antibodi yang hanya bisa diserap anak kucing selama waktu ini.

Sampai dengan anak kucing umur 4 minggu, induk kucing akan menyusui anaknya terus-menerus. Anak kucing hanya mendapat asupan susu sebagai makanannya. Sebelum umur 4 minggu atau 1 bulan kamu tidak perlu memberi makanan lain karena susu dari induknya sudah mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Setelah itu induk kucing mulai menyapih anaknya, dengan cara sedikit demi sedikit mengurangi waktu menyusui. Anak kucing mulai disapih seiring dengan giginya yang tumbuh sehingga sudah bisa mengunyah makanan.

Bagaimana Jika Anak Kucing Tidak Bisa Menyusu Pada Induknya?

Bisa jadi karena air susu induknya tidak keluar, atau induknya mati. Peran induk bisa kamu ambil alih dengan cara memberi susu khusus kucing pada bayi kucing. Susu khusus kucing ini kandungannya dibuat mirip dengan susu induk kucing.

Banyak yang menjual susu khusus kucing, kamu bisa beli di pet shop atau melalui link di bawah ini:

Susu bayi kucingSusu Khusus Bayi Kucing

Beli/Cek Harga Disini

Gunakan botol susu khusus kucing untuk menyusui anak kucing. Botol susu ini bisa kamu beli juga di pet shop atau melalui link ini:

Botol susu kucingBotol Susu Kucing

Beli/Cek Harga Disini

Pemberian susu buatan ini antara 3 sampai 4 minggu, lalu anak kucing mulai disapih. Cara memberikan susu pada anak kucing adalah siapkan susu di dalam botol, lalu hangatkan botol di dalam mangkuk berisi air panas beberapa saat. Cicipi sedikit susunya sebelum diberikan pada bayi kucing, untuk mengecek suhunya dan juga barangkali susu sudah basi.

Di siang hari berikan susu tiap 2 sampai 3 jam sekali. Di malam hari kamu tentunya ingin beristirahat. Maka beri anak kucing susu jika ia merasa lapar saja, tandanya sudah lapar ia akan mengeong-ngeong meminta makan.

Jangan beri anak kucing susu sapi, pencernaannya akan terganggu dan diare.

Proses Menyapih Anak Kucing

Anak kucing umumnya mulai disapih oleh induknya saat sudah berumur 1 bulan. Kamu akan melihat tandanya seperti anak kucing mulai memakan makanan induknya, induk kucing mengurangi waktu menyusui dan mengahalau anaknya agar menjauh darinya.

Jika anak kucing disusui dengan susu formula khusus kucing, kamu bisa mulai menyapihnya lebih awal antara umur 3 hingga 4 minggu. Tandanya anak kucing siap disapih adalah ia mulai menggigit dan mengunyah dot botol susu.

Jangan menyapih anak kucing terlalu awal, ia nanti akan menyedot benda di sekitarnya seperti kain, selimut, baju, dll. Selain tidak baik untuk si kitten juga kamu akan ada tambahan pekerjaan membersihkan barang-barang.

Lamanya proses menyapih anak kucing baik oleh induknya sendiri maupun dengan bantuan manusia adalah sekitar 4 minggu. Untuk mulai menyapih anak kucing, persiapkan makanan yang khusus untuk anak kucing, seperti produk di bawah ini (pilih untuk kucing usia 2 bulan kebawah):

Makanan bayi kucingMakanan Bayi Kucing

Beli/Cek Harga Disini

Namun akan lebih baik lagi kalau kamu berkonsultasi ke dokter hewan langgananmu, minta direkomendasikan makanan bayi kucing yang terbaik.

Tips menyapih anak kucing, terutama untuk kucing yang tanpa induk adalah:

  • Umur 4-5 minggu: berikan campuran (bubur) makanan kucing dengan susu khusus kucing.
  • Umur 5-6 minggu: anak kucing akan mulai makan makanan kering, campur dengan sedikit air agar lembab.
  • Umur 6-7 minggu: mulai beri makanan padat, di umur 7 minggu anak kucing akan sudah sepenuhnya doyan makanan padat.
  • Umur 8 minggu: setelah 8 minggu pemberian susu sudah dihentikan.

Saya kurang informasi tentang menyapih anak kucing yang disusui oleh induknya. Mungkin langkahnya sama ya dengan menyapih anak kucing tanpa induk. Kalau kamu punya informasi tambahan tolong beritahu di komentar ya.

Penutup

Jadi lamanya induk kucing menyusui anaknya biasanya adalah 2 bulan. Proses menyapih anak kucing bisa dibantu oleh manusia, namun meski tips yang saya kumpulkan di tulisan ini mungkin membantu saya tetap sangat menganjurkan agar kamu juga berkonsultasi ke dokter hewan.



Comments

  1. Anak kucingku dg induk Persia pesek dan pejantan persia mbangir/ mancung, umur 1 bulan sudah mulai makan makanan induknya. Akhirnya tak kasih bolt ikan. Umur 6 minggu bahkan juga makan bolt besar. Sekarang 2 bulan kurang tiga hari akhirnya tak sediakan bolt ikan dan bolt kolong. Tetapi masih menyusu induknya ttp jarang jarang. Sebentar sdh ditinggal menyingkir. Lebih banyak minum air putih. Tdk pernah tak kasih makan apapun selain pur kucing. Kadang juga felbite. Dg demikian walau di meja makan ada lauk, kucing tak pernah naik meja nyuri lauk. Tetapi sifat slaminya tetap ada. Bila ada tikus atau cicak aka diterkam ttp cuma dibunuh buat mainan.

    1. Seneng banget ya kalo kucingnya gak nyolong lauk. Betul kucing insting berburunya masih ada maka dia suka ngejar hewan-hewan kecil. Makasih ya mas udah mampir ke blog saya ini.

  2. Aku punya anak kucing tanpa induk (terjatuh), untuk penyapihan apa tetap memberikan susu kucing yg dicampur dryfoodnya selama 8 minggu? Apakah air putih sebagai pendamping tetap diberikan?? Terima kasih

    1. Mulai umur 6-7 minggu mulai diperkenalkan ke dryfood. Kitten sangat butuh air minum. Untuk lebih jelasnya bisa konsultasi ke dokter hewan mbak, siapa tahu kittennya punya kondisi khusus.

  3. Hallo kak, kucingku umur 2 hari gatau kenapa gabisa nyusu ke induknya dari awal lahir, sudah diarahin tetep gamau nyusu, aku coba bantu pake botol susu biar ga haus agak susah, baiknya gimana ya ka? Terimakasih

    1. Setahu saya anak kucing baru lahir gak bisa melihat (matanya masih tertutup). Dia normalnya menemukan puting susu induknya melalui bau. Kalau kakak sudah bantu arahin dan coba pakai botol susu tapi tetap susah, coba konsultasi ke dokter hewan terdekat barangkali ada masalah medis.
      Semoga kucingnya sehat selalu ya.

  4. Haii kak, thanks for sharing!
    Beberapa hari lalu nemu baby 2 saya bingung mau kasih susu apa, jadi saya belikan salah satu merk susu yang berkolostrum. 2 hari setelah saya nemu dia buka mata kira” umu berapa ya kak?
    Lalu sekarang dia sudah tidak terlalu mau minum susu, apa saya ganti saja susu nya ya dengan yang tidak berkolostrum? Karna bingung takut antibodi nya belum sempurna. Mohon di jawab kak…

  5. hallo kucingku(indukunya) pas malam dia keluar ga pulang trus dirumah ada anaknya saya takut kalo anaknya lapar tapi saya kasih susu formula dia gamau gimana ya kak,emangya anak kucing bisa bertahan g minum induknya berapa jam kak soalnya induknya kalo pulang pagi

    1. Halo kak, mungkin untuk sementara induknya dipelihara indoor aja kak biar nggak keluar-keluar. Disediain minum dan makan yang cukup, kasih makanan yang dia suka biar dia happy di rumah. Kalau anaknya dikasih susu formula bayi manusia nggak cocok sih kak, lebih baik kalau kepepet beli susu yang khusus kitten aja.

  6. Cara memberikan susu u anak kucing yg baru buka mata sama bljr berjalan gmna ya. Sama mau tanya klo baru buka mata sama merangkak itu usia berapa minggu ya maap newbie malah perkucingan

  7. Hai kak aku nemu anak kucing di mini market dan dia sendirian , tidak ada induknya otomatis sama saya ambil
    Yang saya ingin tanyakan apakah kita mengambil anak kucing di bagian perut nya , apakah dia akan terus kecil tidak akan membesar , itu benar apa engga ya kak

  8. Aku punya anak kucing 2 ekor umur 2 1/2 bulan,tapi kenapa ya masih suka menyusu ke induknya…wlpn jarang…Tapi tiap hari bisa 2 atau 3 kali menyusu induknya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *