Sandiki Petcare

Bolehkah kucing birahi dimandikan? Yang saya tahu pada dasarnya boleh, asal kucingnya dalam kondisi sehat. Kalau sedang mempunyai penyakit tertentu sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter, barangkali tidak boleh dimandikan.

Jika kucing yang birahi itu keadaannya kotor, mungkin habis berkeliaran di luar rumah, tidak apa dimandikan biar bersih. Apalagi mandi setahu saya bisa mengurangi birahi kucing, membuat kucing lebih tenang dan stresnya menurun.

Kucing yang birahi biasanya berisik, mengeong terus-menerus. Mandi akan bisa membuat kucing berhenti mengeong beberapa lama.

Namun menurut saya sebaiknya jangan memandikan kucing birahi terus menerus. Misalnya hari ini dimandikan, besoknya karena dia berisik lagi maka dimandikan biar tenang. Cukup sekali saja mandinya seperti jadwal mandi yang biasa.

Saya tahu, kucing birahi yang berisik bisa mengganggu. Saya pernah saat dulu kucing saya birahi dia mengeong terus dan saya susah tidur, tapi itu tidak terlalu masalah.

Yang menyebalkan adalah ketika birahi baru terjadi 1-2 hari seorang tetangga ada yang marah-marah tanpa mau tahu situasinya. Kucing saya berisik karena memang karena sedang birahi, hal alami yang tidak bisa dihindarinya.

Memandikan kucing bukan satu-satunya cara untuk mengurangi birahi kucing. Kita bisa membantu kucing dengan cara-cara lain, yaitu:

  • Berikan kucing kasih sayang dan perhatian yang lebih dari biasanya.
  • Usahakan lingkungan sekitar kucing tenang dan tidak membuatnya stres.
  • Lebih seringlah bermain dengan kucing akan dia terdistraksi dari birahinya.
  • Bersihkan litter box lebih sering selain agar kucing nyaman.
  • Sebaiknya kucing selama birahi jangan dibiarkan keluar dari rumah.

Steril kucing adalah cara yang ampuh untuk menghentikan siklus birahi kucing. Selain itu setelah disteril kucing tidak bisa mempunyai anak. Biayanya bagi sebagian orang cukup mahal, namun bisa dihemat dengan ikut progran diskon steril kucing yang kadang diadakan oleh klinik hewan.

Hal yang bagus sekali jika mau berkonsultasi dengan dokter hewan bagaimana menangani dan menolong kucing yang sedang birahi. Dan sangat penting untuk jangan marah, membentak, dan menyakiti kucing. Mereka berisik bukan karena disengaja, tapi itu adalah proses alami yang harus mereka jalani.

Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.