Sandiki Petcare

Saya mencoba menjawab pertanyaan bolehkah kucing tidur di luar rumah dengan menggunakan pendapat saya pribadi. Jika ada kesalahan atau pendapat yang lebih baik silakan tinggalkan di komentar ya.

Menurut saya kucing boleh tidur di luar rumah selama lingkungannya benar-benar aman, nyaman, dan sehat. Kita tahu ada beberapa resiko jika kucing dibiarkan tidur di luar.

Bisa saja ada orang lewat lalu mencuri kucing kita. Atau seperti yang pernah kucing saya alami, di teras dia didatangi kucing lain dan akan diajak berkelahi. Kucing juga bisa saat bangun lalu berkeliaran ke luar rumah dan terpapar lebih banyak resiko seperti tertabrak motor, makan atau minum yang kotor, disakiti orang atau kucing lain, terkena kotoran, dan tertular penyakit.

Lingkungan luar rumah yang aman, nyaman, dan sehat bisa kita sediakan. Misalnya jika pagar rumah kita bisa mencegah kucing untuk keluar tanpa pengawasan. Atau kita buatkan rumah/kandang besar di halaman yang tidak mudah dibobol kucing lain dan manusia yang berniat jahat.

Kucing juga boleh saja tidur di luar rumah jika si kucing sendiri bukan tipe yang suka kabur jauh dari rumah. Cara kita memelihara kucing kan kadang juga disesuaikan dengan karakter kucing. Ada yang membiarkan kucingnya bebas keluar masuk rumah, termasuk tidur di luar rumah, karena kucingnya tidak suka berkeliaran sampai ke luar halaman.

Ada yang seperti saya, lebih banyak memelihara kucing di dalam ruangan. Karena kucing saya riskan jika dibebaskan di luar rumah. Dia akan bermain dan beberapa jam baru pulang, bahkan bisa 1-5 hari baru pulang.

Saat pulang dia sering kotor, pernah di bulu ekor dan badannya menempel semen kering sehingga terpaksa saya gunting bulunya. Pernah juga tubuhnya luka akibat berkelahi, pernah ada bekas disiram air oleh orang. Sehingga kemudian dia saya pelihara indoor sambil sesekali saya keluarkan dari rumah dengan pengawasan.

Kadang kucing memilih tidur di luar rumah karena mencari kenyamanan. Misalnya di musim kemarau yang panas, kucing merasa di dalam rumah lebih panas dan lebih pengap. Maka dia keluar dan tidur di teras atau di halaman yang lebih sejuk.

Maka kalau kita ingin kucing tetap tidur di dalam rumah buatlah rumahnya nyaman. Misalnya dengan menyalakan AC, atau membuka sedikit jendela, agar di dalam rumah lebih sejuk.

Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.