The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Memandikan Kucing Setiap Hari? Biar Kucing Bersih Selalu?

Bolehkah memandikan kucing setiap hari? Tidak boleh.

Kenapa? Memandikan kucing terlalu sering akan menyebabkan nutrisi di bulunya berkurang. Yang bisa mengakibatkan bulu menjadi kering dan bersisik.

Jika dimandikan setiap hari kucing juga bisa stres yang akan membuat fisik dan emosionalnya tidak sehat. Kucing yang stres bisa tidak selera makan dan minum, bahkan bisa saja muntah dan diare. Perilakunya juga akan berubah misalnya dia akan mendesis, suka bersembunyi dan tidak mau berinteraksi.

Lalu seberapa sering idealnya kucing dimandikan?

Dari riset saya menemukan ada yang merekomendasikan kucing dimandikan paling cepat sebulan sekali, dan paling lama 3-4 bulan sekali. Sedangkan National Cat Groomers Institute of America merekomendasikan setiap 4-6 minggu sekali. Jadi, mereka merekomendasikan agar kucing dimandikan secara berkala.

Namun ada pendapat lain.

Menurut Jackson Galaxy seorang cat behaviorist ternama dan host acara My Cat From Hell dari Animal Planet, sebetulnya kucing tidak perlu dimandikan karena kucing sudah grooming diri mereka sendiri. Hal senada juga dikemukakan oleh Central California SPCA. Menurut mereka kucing tidak perlu mandi kecuali pada keadaan tertentu, misalnya ketika kucing sudah kotor atau bau.

Jenis kucing hairless seperti Sphynx dan Donskoy yang produksi minyaknya berlebih membutuhkan mandi berkala. Juga kucing tua yang sudah malas untuk grooming, serta kucing obesitas yang kesulitan untuk grooming dirinya sendiri butuh untuk dibantu membersihkan tubuhnya. Kucing yang kutuan atau jamuran kemungkinan juga disarankan oleh dokter hewan untuk dimandikan.

Kucing yang sedang sakit bisa kesulitan untuk grooming sendiri mungkin karena lemah atau hal lain. Sehingga butuh bantuan kita untuk dimandikan. Namun sebaiknya konsultasi ke dokter hewan dahulu apakah kucingnya boleh dimandikan atau menunggu kalau sudah sembuh.

Saya sendiri memandikan kucing jika bulunya sudah terlihat kotor, badannya sudah mulai bau, atau bulunya menjadi kusut. Bisa sebulan sekali, dua bulan sekali, bahkan tiga bulan sekali.

Menurut saya kucing lama kelamaan akan menumpuk kotoran di badannya sehingga di titik tertentu butuh untuk dimandikan. Kucing berbulu panjang kemungkinan cenderung lebih cepat kotor dibanding yang berbulu pendek. Demikian juga kucing outdoor atau yang aktivitasnya banyak lebih cepat kotor daripada kucing indoor atau yang sukanya banyak rebahan.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.