The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Memotong Kuku Kucing? Apa Tujuannya?

Bolehkah memotong kuku kucing? Boleh, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kuku sangat penting bagi kucing. Tujuan memotong kuku kucing sebenarnya bukanlah untuk membuat kuku kucing tidak tajam, tapi kuku dipotong jika sudah terlalu panjang.

Ciri kuku kucing sudah terlalu panjang di antaranya kuku kaki depan terlihat saat mereka sedang istirahat rileks. Saat berjalan kuku menimbulkan bunyi ketukan di lantai atau terkait di karpet. Kuku yang terlalu panjang bisa tumbuh melengkung hingga ke telapak kaki dan menyakiti kucing.

Sebenarnya secara alami kuku kucing bisa ‘terpotong’ sendiri sehingga kita tidak usah memotongnya. Kucing yang aktif di luar ruangan maka aktivitasnya berlari, berburu, mencakar, bermain, memanjat dengan sendirinya akan mengikis kukunya.

Kucing indoor dan kucing tua yang tidak banyak aktivitas lebih cenderung menumbuhkan kuku yang terlalu panjang. Karena itu sebaiknya kucing indoor distimulasi untuk aktif bermain, berlari, memanjat, dan sebagainya.

Sediakan juga scratching post (tiang garukan) untuk kucing menggaruk (scratching) kukunya. Kucing ada yang suka garukan vertikal dan ada yang suka horisontal, maka sediakan garukan yang disukai oleh kucingmu. Kamu bisa mengecek tempat-tempat kucingmu biasa menggaruk, dari situ kamu bisa tahu tipe garukan yang disukai kucingmu.

Jaga kucingmu tetap ramping juga ya. Karena kucing yang obesitas cenderung malas bergerak akibatnya kukunya akan lebih mudah tumbuh terlalu panjang.

Jika kamu ragu kuku kucingmu sudah terlalu panjang atau belum kamu bisa konsultasi ke klinik hewan. Jika memang disarankan untuk dipotong, mintalah diajari cara memotongnya. Harus hati-hati karena ada batas sampai mana kuku kucing boleh dipotong.

Saya sendiri tidak bisa memotong kuku kucing, biasanya saya serahkan ke klinik hewan sambil sekalian kucing saya dimandikan. Saya juga menyarankan bagi yang tidak bisa memotong kuku kucing sendiri lebih baik biar klinik hewan yang mengerjakannya.

Jangan sampai salah memotong kuku kucing, yaitu memotong ke bagian berwarna merah muda yang berisi pembuluh darah, hal itu akan menyakitkan bagi kucing dan menyebabkan berdarah. Jika hal ini terjadi segera hubungi dokter hewan.

Kucing yang sudah dipotong kukunya akan berusaha menajamkan kukunya kembali. Maka mereka akan menggaruk untuk mengasah kukunya agar kembali runcing.

Jadi bolehkah kuku kucing dipotong jawabannya adalah boleh. Namun lebih baik jika kuku ‘terpotong’ sendiri secara alami.

Yang sama sekali tidak boleh dilakukan adalah declawing, yaitu mencabut kuku kucing agar tidak tumbuh kembali. Biasanya dilakukan dengan cara memotong ujung tulang jari kaki kucing. Declawing akan menyiksa kucing dalam jangka panjang, bahkan seumur hidupnya.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.