Cara membedakan kucing jantan dan betina

Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina

Fun

Dua kali saya salah memberi nama kucing, karena tidak tahu bagaimana cara membedakan kucing jantan dan betina. Seekor kucing betina saya beri nama Kato, dan kucing jantan saya beri nama Fani.

Dari yang saya baca, membedakan jenis kelamin kucing itu mudah. Kalau dilihat fisiknya, dari segi ukuran biasanya kucing jantan badannya lebih besar dari kucing betina.

Mengecek Kelamin Kucing

Coba cara di bawah ini untuk mengecek apakah seekor kucing sebenarnya jantan atau betina. Bisa kamu terapkan pada anak kucing, juga kucing dewasa.

  1. Angkat ekornya. Tepat di bawah ekor kamu akan melihat lubang, itu adalah anus.
  2. Di bawah anus ada genital.
  3. Kucing jantan mempunyai penis dan testis. Pada anak kucing bentuknya lebih kepada bulatan daripada tonjolan.
  4. Kucing betina mempunyai vagina yang bentuknya seperti garis vertikal.
  5. Jarak antara anus dengan genital lebih lebar pada jantan dibanding betina.

Ukuran testis anak kucing jantan tentu lebih kecil dibanding testis kucing jantan dewasa. Seiring pertumbuhannya, testis anak kucing jantan juga ikut tumbuh.

Anak kucing yang baru lahir susah untuk diketahui jenis kelaminnya. Setelah usianya 6 hingga 10 minggu, genital atau alat kelamin baru terlihat lebih jelas.

Anus dan genital kucing betina akan membentuk tanda seru terbalik (!). Sementara anus dan genital kucing jantan membentuk tanda titik dua (:). Perhatikan gambar perbedaan kelamin anak kucing di bawah ini.

Kelamin anak kucing
Via https://wendyblount.com/taca1/HowtoSexCats.pdf

Membedakan Kucing Jantan dan Betina yang Sudah Disteril

Cara di atas juga bisa digunakan untuk mengecek kelamin kucing yang sudah disteril. Namun karena kehilangan testisnya, kelamin kucing jantan dewasa yang disteril tidak jauh berbeda dengan kucing betina dewasa.

Maka perhatikanlah jarak antara anus dan organ seksual. Pada jantan jarak anus dengan penis lebih lebar (lebih dari 1 inci). Pada betina jarak anus dengan vagina lebih sempit (kurang dari ½ inci).

Kelamin kucing yang sudah disteril
Via https://wendyblount.com/taca1/HowtoSexCats.pdf

Beda Kucing Jantan dan Betina Dari Tingkah Lakunya

Kucing jantan yang belum disteril cenderung suka menjelajah dan tidak suka dipelihara indoor. Dia akan berkelahi dengan kucing jantan lainnya, dan menyemprotkan urinnya untuk menandai daerah jelajahnya.

Setelah disteril kecenderungan kucing jantan untuk menjelajah akan sangat berkurang. Juga kebiasaan berkelahi dan menandai wilayah dengan urinnya.

Kucing betina yang belum disteril cenderung suka mengeong keras, suka mengusir betina lain dari wilayahnya. Juga ingin disayang dielus lebih banyak. Setelah disteril kucing betina akan berhenti birahinya sehingga juga berhenti mengeong yang berisik.

Membedakan Kelamin Kucing Dari Warna Bulu

Jenis kelamin kucing juga bisa ditebak dari warna dan pola bulunya. Namun untuk memastikan tetap harus dilakukan pengecekan langsung seperti di atas.

  • Hampir semua kucing calico (hitam, oranye, putih) atau tortoiseshell (hitam dan oranye) adalah betina.
  • Kucing berwarna oranye lebih banyak yang jantan daripada betina.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *