Cara membelai kucing

Cara Membelai Kucing: Bagian Mana yang Boleh/Tidak Boleh?

Cara membelai kucing yang disukai kucing dan aman baginya adalah dengan belaian yang lembut. Pijatan dan garukan ringan juga kucing menyukainya. Bagian tubuh yang dibelai juga berpengaruh, karena ada bagian tubuh tertentu yang kucing tidak suka jika disentuh.

Setiap kucing unik, tapi secara umum ada hal-hal yang mereka sukai dan tidak sukai:

  • Jangan belai kucing saat mereka makan atau minum. Kucing mungkin tidak akan marah, tapi mereka menunjukkan bahwa mereka tidak suka dengan misalnya menghindar atau membatalkan makan/minumnya.
  • Jangan belai kucing dengan kasar. Belaian adalah ungkapan kasih sayang maka lakukan dengan lembut.
  • Jangan belai kucing jika memang mereka sedang tidak mau dibelai. Misalnya jika mereka sedang asyik fokus banget melakukan sesuatu seperti memburu cicak.
  • Biasanya kucing suka mendatangimu dan menggosokkan badannya ke kamu, atau naik ke pangkuanmu, atau mencolekmu dengan kakinya. Segera belai kucingmu, itu berarti dia butuh perhatianmu.
  • Biasakan luangkan waktu membelai dan memperhatikan kucingmu tanpa harus menunggu kucingmu memintanya. Jangan sampai kucing caper ya, cari perhatian karena ingin disayang.

Begitu juga bagian tubuh kucing, ada bagian yang mereka suka dibelai dan sebaliknya tidak suka dibelai.

Kucing Suka Kalau Bagian Tubuhnya Yang Ini Dibelai

Hidung

Entah ini semua kucing suka apa tidak ya. Saya cuma pernah mencobanya ke beberapa kucing. Mereka suka saya sentuh dan belai hidungnya.

Di Antara Mata dan Kening

Pernah didorong kucingmu pakai keningnya? Saya sering dan itu dilakukan kucing saya jika ia minta perhatian atau sesuatu seperti makan. Di kening dan bagian antara matanya kucing suka dibelai.

Di Antara Telinga dan Belakang Telinga

Kucing juga suka dibelai belakang telinganya dan pada kepala di area antara kedua telinga. Biasanya mata kucing suka terpejam jika dibelai di kedua tempat ini.

Dagu dan Leher

Kucing sering menggosokkan dagu dan lehernya ke manusia juga ke benda-benda. Biasanya saat kamu berdiri kucing suka mendekati dan menggosokkan dagu dan lehernya ke kakimu. Dia juga suka sekali jika kamu membelai kedua bagian tubuhnya itu.

Punggung

Bagian ini paling gampang dibelai dan kucing juga menyukainya. Belai searah dari belakang kepala hingga ke pangkal ekor.

Badan Bagian Samping

Saya suka jika kucing mendekat lalu berbaring manja dengan posisi miring. Samping badannya akan saya belai-belai dan saya rasa kucing cukup menyukainya.

Kucing jika dibelai dan dia suka biasanya akan menunjukkan perasaannya dengan mengangkat ekornya, mata setengah terpejam, matanya berkedip lambat, menjilat kita, menggosokkan tubuhnya ke kita, atau menjilati diri mereka sendiri. Namun meski suka kadang kucing cuma diam tak bereaksi apa-apa.

Tapi Jangan Belai Bagian Tubuh Kucing Yang Ini

Ekor

Disentuh saja biasanya kucing tidak suka, apalagi jika ekornya dibelai. Dia biasanya akan menunjukkan rasa tidak sukanya dengan setidaknya mengeong. Jika dipegang bahkan ditarik dia bisa marah, saya pernah melihat kucing yang marah menggeram pada orang yang dulu pernah menarik ekornya.

Perut

Perut kucing menggemaskan untuk dibelai apalagi jika dia posisinya telentang. Perutnya yang gembul begitu menggoda untuk dipegang. Tapi jangan lakukan karena kucing tidak suka.

Telapak Kaki

Kucing juga tidak suka telapak kakinya dibelai, dibuat mainan. Tapi saat kamu ajak bermain biasanya dia tidak masalah jika telapak kakinya disentuh.

Dalam prakteknya sih tergantung kebiasaan kucingmu dan kedekatanmu dengannya ya. Kucing saya misalnya, tidak masalah jika saya memegang dan membelai ekornya, mengusap perutnya, dan memegang telapak kakinya. Tapi ya tidak sering-sering, sesekali saja.

Kucing akan bereaksi jika ia tidak suka dibelai, yang paling ekstrim adalah dengan menggigit atau mencakar. Mereka juga akan mengibaskan ekornya, menjilati bibir sendiri, atau menjauhi orang yang membelainya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap