The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

5 Cara Memelihara Kucing Baru Adopsi + Infografis

Drh Siti Zaenab
Oleh: Drh Siti Zaenab

Kini, adopsi kucing di Indonesia meningkat karena kegiatan sekolah dan bekerja yang berpindah ke rumah selama pandemi COVID-19, dan masyarakat Indonesia turut menjadikan kucing sebagai teman di rumah. Melihat tren ini, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dapat mendorong pemilik untuk semakin memberikan perhatian penuh kepada kucingnya.

Terutama bagi kamu pemilik kucing baru, memperhatikan kebutuhan dan perilaku sehari-hari kucing sangat penting agar kamu dapat merawat si kucing dengan maksimal dan bertanggung jawab. Terdapat beberapa cara memelihara kucing baru yang perlu kamu ketahui agar bisa merawat kucingmu dengan sebaik mungkin.

#1 Home Sweet Home

Si kucing harus merasa nyaman dengan tempat tinggalnya, dan ini dapat tercapai dengan adanya tempat tidur yang nyaman, mangkuk makanan, mangkuk air, dan kotak kotoran yang diletakkan di tempat yang mudah terpantau. Selain itu, kegiatan yang mendorong kucing untuk aktif bergerak juga penting untuk merangsang pertumbuhan sehatnya. Oleh karena itu, kamu dapat mengisi rumahmu dengan berbagai macam hiburan seperti mainan interaktif dan pohon kucing (cat tree).

#2 Berkonsultasilah Dengan Dokter Hewan

Berkonsultasilah dengan dokter hewan yang dapat dipercaya sehingga kamu merasa nyaman. Juga sangat penting karena dokter hewan adalah sumber informasi terpercaya sepanjang perjalanan hidup si kucing.

Nasihat dari dokter hewan mencakup keputusan kesehatan penting, mulai dari mendapatkan vaksin inti hingga kontrol untuk mengatasi masalah seperti parasit, kutu dan tungau. Dokter hewan juga dapat memberikan pandangan ahli tentang pilihan makanan terbaik dengan kandungan nutrisi lengkap, yang sangat penting untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.

#3 Beri Makanan Yang Tepat

Sebagai pemilik baru, kamu harus memberikan makanan yang tepat untuk terus menjaga kesehatan kucingmu. Pilihan dan pola makan yang diformulasi dan direkomendasikan oleh dokter hewan memastikan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan unik dan tahap kehidupan si kucing.

Makanan yang baik akan mendukung berbagai komponen kesehatan penting, seperti pencernaan, bulu, saluran kemih, dan otot yang kuat dan sehat. Untuk melihat keefektifan sebuah makanan dalam menunjang kesehatan kucing, pemilik dapat mengecek berbagai indikator kucing sehat seperti bulu yang berkilau, nafsu makan yang baik dengan porsi makanan kecil tetapi sering, perilaku yang ceria, dan berat badan dan bantalan yang sehat.

#4 Waspadai Perubahan Perilaku

Di sisi lain, perubahan perilaku dapat menandakan ada yang tidak beres dengan kucingmu. Perubahan seperti pilih-pilih makanan atau hanya duduk di satu tempat adalah tanda bahwa mereka sedang mengalami masalah. Selain perilaku, kucing juga dapat mengeluarkan suara yang berbeda dari meongan “belai aku/beri aku makan!” yang pada umumnya mungkin merupakan cara kucing meminta bantuan.

Kamu harus peka terhadap perubahan-perubahan ini karena kucing sangat pandai dalam menyembunyikan ketidakbahagiaan dan masalah kesehatannya, seperti sakit dan cedera. Kamu dapat menggunakan checklist C.A.T.S. untuk memeriksa kesehatan kucingmu dan memastikan bahwa mereka selalu sehat, bahagia, dan dalam kondisi terbaik dengan empat indikator, yaitu bulu, nafsu makan, perilaku dan ukuran.

IAMS CATS

#5 Beri Aktivitas Yang Cukup

Untuk terus menjaga pertumbuhan sehatnya, kucing juga perlu mengeluarkan energinya dengan berolahraga. Kucing dianjurkan untuk bermain beberapa kali dalam sehari selama sekitar 10-15 menit, mulai dari mengejar mainan favorit mereka hingga berjalan santai mengelilingi kompleks rumah, yang bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan bersamamu.

Setelah berolahraga, kamu harus menjaga kucingmu tetap bersih. Meskipun kucing sangat pintar dalam merawat diri sendiri, kamu tetap harus menyisirnya setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan bulunya.

Kucing akan dalam kondisi terbaiknya jika ia sehat, bahagia, dan dicintai. Dengan memperhatikan perilaku dan kebutuhannya, berarti kamu juga menjalin hubungan penuh kasih dengan kucingmu dan menciptakan ikatan manusia-hewan yang sangat unik.

Sedikit perhatian darimu dapat membuat perubahan yang sangat besar dalam kehidupan dan kesejahteraan kucingmu. Siapa pun dapat berkomitmen untuk mengadopsi kucing, tetapi memahami serta menghormati kebutuhan uniknyalah yang akan memperlancar dan membuat hubungan itu jauh lebih baik untuk jangka panjang.

Guest post dari Drh Siti Zaenab dan IAMS

Drh Siti Zaenab adalah Dokter Hewan Praktek Bersama dan Owner dan Director My Vets yang lulus dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Di luar prakteknya, Drh Siti juga merupakan mentor Magang Profesi Pilihan PPDH FKH IPB dan membawakan berbagai workshop dan seminar tentang berbagai topik, mulai dari anaesthesia hewan kecil, kedokteran gigi untuk hewan kecil, dan mendiagnosa dan penanganan gangguan gastrointestinal pada kucing dan anjing.

Selama lebih dari 73 tahun, IAMS telah menyediakan beragam jenis resep premium yang disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing kucing, mulai dari anak kucing hingga kucing senior. Rangkaian produk IAMS mencakup Healthy Kitten, Healthy Adult, Indoor Weight & Hairball Care serta Multi-Cat Complete yang memenuhi kebutuhan semua jenis kucing dan membantu mereka bertumbuh secara sehat dan optimal.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.