Cara mengetahui umur kucing

Begini Nih Cara Mengetahui Umur Kucing

Fun

Dokter hewan adalah orang yang paling tahu bagaimana cara mengetahui umur kucing. Dulu saya juga menanyakan umur kucing saya pada dokter saat dibawa ke klinik. Sebab saya tidak mendapat informasi pasti usia kucing saya saat pertama kali mengadopsinya.

Dari yang saya baca-baca, dokter melakukan pemeriksaan pada kucing untuk membantunya menentukan perkiraan usia kucing. Apa saja yang diperiksa?

Gigi

Gigi kucing mulai tumbuh saat usia mereka antara 2 hingga 4 minggu, berupa gigi susu. Kemudian gigi permanen akan berkembang di atas gigi susu itu.

Gigi permanen mulai muncul saat kucing berusia 3 hingga 4 bulan, dan semua gigi dewasa akan tumbuh pada usia kucing sekitar 6 bulan. Gigi merupakan indikator yang baik untuk memperkirakan umur kucing, meski tidak selalu bisa diandalkan.

Kematangan Seksual

Kucing jantan mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 5 bulan. Tanda-tandanya antara lain mereka menyemprotkan urin untuk menandai wilayahnya.

Kucing betina akan mengalami birahi pertama antara usia 5 hingga 12 bulan. Seekor kucing betina bisa hamil dan melahirkan anak pertamanya pada saat dia berumur 7,5 bulan.

Bulu

Bulu anak kucing bertekstur halus dan lembut. Nanti seiring bertambahnya usia kucing bulunya akan menebal dan menjadi lebih kasar. Juga dapat berubah warna menjadi lebih gelap atau jadi lebih terang.

Bila kucing sudah tua, masuk usia senior, pada bulunya bisa muncul bercak putih atau abu-abu. Mirip lah dengan bercak uban pada rambut manusia.

Kebiasaan Grooming

Kucing sangat suka kebersihan dan menghabiskan banyak waktu untuk grooming. Saat masih muda kucing aktif melakukan grooming namun aktivitas itu menurun ketika usia kucing sudah tua. Penyebabnya ada banyak di antaranya mungkin kucing jadi gemuk sehingga susah mencapai area tertentu di tubuhnya, atau mengalami sakit gigi, bisa juga karena sakit arthritis (radang sendi).

Mata

Anak kucing dan kucing yang sehat memiliki mata yang sangat jernih dan cerah. Kucing di usia tuanya dapat mempunyai mata yang keruh, yang biasanya tidak terjadi sampai kucing berusia minimal 10 tahun.

Ukuran dan Tubuh

Umumnya berat badan anak kucing yang sehat bertambah sekitar 0,5 kg tiap bulannya hingga mereka berusia 6 bulan. Ini tidak mutlak karena ada ras kucing yang tubuhnya kecil, sedang, dan besar.

Raba tubuh dan otot kucing. Kucing muda biasanya memiliki kulit dan otot yang kencang. Kucing tua biasanya kulitnya sudah kendur.

Aktivitas

Anak kucing dan kucing muda jauh lebih aktif dan lebih suka bermain. Kucing lanjut usia umumnya lebih banyak berbaring, memang karena usia atau ada gangguan kesehatan misalnya pada sendi. Kucing tua juga cenderung tidak begitu tertarik pada mainan.

Bagaimanapun hasil perkiraan usia kucing, meski dilakukan oleh dokter, angkanya tidak pasti. Tapi setidaknya mendekati umur kucing yang sebenarnya. Menurut saya perkiraan usia ini berguna, misalnya untuk menentukan jenis makanan kucing yang tepat, apakah sudah bisa untuk disteril atau belum, dll.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *