Cara menyimpan makanan kucing basah dan kering

Cara Menyimpan Makanan Kucing Basah dan Kering

Makanan yang kamu berikan ke kucingmu berpengaruh pada kesehatannya. Namun tidak hanya jenis dan kualitas makanan, cara dan di mana kamu menyimpan makanan kucingmu juga penting bagi kesehatan teman kesayanganmu.

Cara Menyimpan Makanan Kucing Kering

Kondisi Belum Dibuka Kemasannya

Jika makanan kucing masih berada di kemasan aslinya yang dari pabrik dan belum dibuka, simpanlah di tempat kering di bawah suhu 38 °C. Hal itu untuk mencegah kerusakan kandungan vitamin dan terjadinya oksidasi lemak yang menyebabkan tengik. Jangan letakkan di lantai untuk mencegah kontaminasi binatang seperti tikus, serangga, dan kutu.

Kondisi Sudah Dibuka Kemasannya

Makanan kucing yang sudah dibuka kemasannya sebaiknya tetap disimpan dalam kemasan aslinya bawaan dari pabrik, agar rasa dan teksturnya tetap terjaga. Setiap habis dibuka pastikan kamu menutup kembali kemasannya rapat-rapat.

Saya sendiri lebih suka membeli dry food yang kemasan kecil. Karena saya kadang bisa lupa menutup kembali kemasannya setiap habis mengambil makanan. Jika kemasannya besar kan sayang jika sisanya masih banyak tapi kualitas menurun gara-gara saya sering lupa menutupnya dengan baik.

Memindahkan makanan kucing kering ke wadah lain seperti toples plastik dan kantong plastik bisa mempengaruhi bau dan rasa. Namun menggunakan wadah berbahan gelas atau logam masih tidak mengapa. Kamu juga bisa menyimpan makanan kucing di kontainer plastik asal sekaligus dengan kemasan aslinya.

Bagaimana dengan makanan kering repack? Saya, jika dompet sedang menipis, juga sering membeli dry food yang repack. Jika tidak ada wadah logam/kaca maka saya menyimpannya di kantong atau wadah plastik yang tertutup sangat rapat.

Kondisi Sudah Dituang ke Tempat Makan

Kadang makanan yang sudah dituang di tempat makan tidak dihabiskan oleh kucing kita kan? Jika kondisi ruangannya sejuk, kering, bebas serangga dan kutu, dan jauh dari sinar matahari langsung maka bisa dibiarkan lama. Namun lebih bagus memang kalau setiap hari makanan kering diganti dengan yang baru.

Cara Menyimpan Makanan Kucing Basah Kaleng dan Sachet

Kondisi Belum Dibuka Kemasannya

Jika makanan basah masih belum dibuka, baik kaleng maupun sachet, simpan pada suhu 38 ℃ ke bawah. Jangan dibekukan di freezer karena bisa mengubah rasa dan tekstur.

Kondisi Sudah Dibuka Kemasannya

Jika makanan basah sudah dibuka, simpan di kulkas agar kelembabannya terjaga dan meminimalkan paparan udara juga bakteri. Simpan dalam keadaan tertutup, bisa ditutup dengan plastik yang aman untuk makanan. Suhu yang terbaik antara 4-7 ℃ dan waktu simpan maksimal 5-7 hari.

Tentu jika disimpan di kulkas makanannya akan dingin, kucing bisa tidak menyukainya. Maka sebelum kamu memberi makan kucingmu, keluarkan dulu makanannya dari kulkas dan biarkan dinginnya hilang.

Saya pribadi lebih suka beli wet food yang sachet karena bisa langsung habis jadi tidak perlu menyimpan sisanya. Di rumah saya tidak semua anggota keluarga adalah cat lover, jadi ada yang keberatan ketika saya menyimpan makanan kucing basah di kulkas meski sudah dibungkus dengan baik.

Kondisi Sudah Dituang ke Tempat Makan

Bagaimana jika makanan basah sudah dituang di tempat makan tapi tidak habis? Jika suhu ruangan hangat atau panas maka 20 menit adalah batas makanan kucing dalam kondisi terbaik. Jika suhu ruangan dingin maka batasnya lebih lama yaitu 30 menit.

Saya kadang lupa mengecek wet food yang saya kasih ke Fani, kucing saya, apakah dia makan habis atau tidak. Biasanya dia makan separuh lalu sisanya dimakan lagi sekitar 20 menit hingga 1 jam kemudian. Jika makanan basah dibiarkan beberapa jam di tempat makannya, dia biasanya sudah tidak mau memakannya lagi.

Bau juga bisa jadi indikasi kita terlalu lama membiarkan wet food. Saya pernah mengalaminya, makanan basah yang seharian saya biarkan baunya berubah jadi tidak enak. Tentu saja saya buang karena selain Fani tidak mau makan saya juga khawatir dengan kualitasnya.

Solusi yang baik sepertinya kita perhatikan kebiasaan makan kucing kita. Seberapa banyak yang dia habiskan sekali makan, segitu juga yang kita berikan. Jika nanti kucingnya lapar lagi, bisa kita beri makan lagi.

Terakhir, beberapa tips yang tidak kalah pentingnya adalah:

  • Tempat makan dan minum kucing harus dicuci bersih setiap hari.
  • Cek tanggal kadaluarsa makanan kucingmu di kemasannya.
  • Pisahkan makanan yang lama dari makanan yang baru kamu beli.
  • Biasakan cek kemasan atau wadah apakah ada kerusakan atau tidak.
  • Ganti air minum dan bersihkan tempat minum setiap hari.

Referensi:

  1. https://www.hillspet.com/pet-care/nutrition-feeding/cat-and-dog-food-storage-tips
  2. https://www.surepetcare.com/en-eu/advice-news/cat-care/cat-nutrition/how-to-keep-cat-food-fresh
  3. https://www.thesprucepets.com/canned-cat-food-safety-554408

(Foto: Crepessuzette, Pixabay)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *