Sandiki Petcare

Kucing mirip dengan kita manusia, hal yang disukai kucing bisa berbeda antara satu kucing dengan kucing lainnya. Ada kucing yang takut timun tapi ada juga yang cuek. Tapi ada hal-hal yang sepertinya disukai oleh semua kucing, atau hampir semuanya.

#1 Tidur

Kucing menghabiskan banyak waktu dalam sehari untuk tidur baik tidur ringan maupun tidur lelap. Anak kucing dan kucing tua tidur lebih banyak dari kucing dewasa.

Kucing adalah hewan krepuskular, puncak aktifnya saat senja dan fajar. Kucing tidur lebih panjang di siang hari, namun kucing peliharaan bisa beradaptasi dengan jam tidur pemiliknya.

#2 Lingkungan yang Mendukung Aktivitas

Kucing tidak suka ruangan yang kosong, mereka suka lingkungan di mana mereka bisa bermain, memanjat, bersembunyi, dan sebagainya. Meja, lemari, kursi, sofa, kolong tempat tidur, cat tree memungkinkan mereka untuk melakukan semua aktivitas itu. Ini seperti jika di alam yang ada bebatuan, lubang, semak, pohon, dan lain-lain.

#3 Litter Box Yang Bersih dan Privat

Kucing suka buang air di tempat yang tenang dan privat, mereka juga menyukai litter box yang bersih. Jika litter box kotor kucing cenderung akan buang air di tempat lain.

Kucing saya jika litter box-nya telat dibersihkan dan dia kebelet, dia akan bingung. Dia tidak mau buang air di litter box yang masih kotor tapi juga tidak mau melakukannya di lantai atau tempat lain di dalam rumah. Pada akhirnya dia akan mengeong dan menggaruk pintu minta keluar agar bisa buang air di luar.

#4 Grooming

Ketika tidak tidur kucing dewasa menghabiskan sekitar separuh waktunya untuk grooming. Membersihkan bulunya dengan cara menjilatinya. Kucing menyukai grooming karena:

  • Agar tetap bersih.
  • Mencegah pemangsa dan mangsanya mendeteksi bau kucing.
  • Membuat kucing merasa rileks.
  • Menjaga kesehatan kulit dan bulu, grooming mendistribusikan minyak alami yang diproduksi oleh bulu dan kulit kucing. Sehingga bulunya cemerlang, sehat, dan terhidrasi.
  • Mendinginkan tubuh. Ketika cuaca panas kucing membasahi bulunya dengan ludah saat grooming agar lebih sejuk.
  • Kucing suka grooming kucing lainnya dan juga pemiliknya untuk membentuk dan menguatkan ikatan (bonding).

#5 Makanan Segar

Kucing tidak suka makanan yang terlalu lama digeletakkan di tempat makan, apalagi makanan yang basi. Kemungkinan karena aromanya sudah menguar sedangkan kucing juga mengandalkan penciumannya untuk menilai kelezatan makanan.

#6 Air Yang Mengalir

Pernah tidak sedang mengambil air di dispenser lalu kucingmu mendekat karena tertarik? Kucing memang suka dengan air yang mengalir. Kadang mereka minum airnya, kadang dimain-mainkan dengan kakinya.

#7 Tempat yang Tinggi

Kucing menyukai tempat yang tinggi yang kemungkinan warisan dari perilaku leluhur mereka di alam liar, untuk mengamati buruan dan menghindar dari bahaya. Kucing peliharaan suka memanjat ke tempat yang tinggi untuk mengamati lingkungannya dan menghindari sesuatu yang menurut mereka berbahaya.

#8 Scratching (Menggaruk)

Menggaruk adalah kebiasaan alami kucing yang dilakukan untuk menjaga kukunya tetap tajam. Dengan menggaruk lapisan luar dari kuku akan terkelupas. Fungsi lain adalah untuk menandai wilayahnya dengan bekas cakaran dan bau.

Juga untuk relaksasi dan mengisi energi. Mirip dengan kita yang menggeliat ketika tubuh terasa pegal atau kaku.

#9 Bermain (Berburu)

Kucing suka bermain, selain untuk kesenangannya juga penting untuk perkembangan dan kesehatannya. Kemungkinan juga merupakan kegiatan warisan dari leluhurnya di alam liar yang berburu untuk mendapatkan mangsa. Jadi kucing peliharaan bermain di antaranya untuk memenuhi insting berburunya.

#10 Melihat Keluar Jendela

Biasanya dilakukan kucing karena tertarik dengan sesuatu yang bergerak di luar. Bisa burung, serangga, manusia, kucing lainnya, lalu lintas, atau hewan kecil seperti tikus. Kucing bisa menghabiskan waktu lama melakukan hal ini.

#11 Pemiliknya

Kucing itu unik, mereka adalah hewan soliter yang suka menyendiri. Tapi mereka juga membutuhkan kasih sayang, perhatian, dan persahabatan dari pemiliknya.

Kucing saya juga begitu, dia lengket sama saya ke mana-mana mengikuti bahkan ke kamar mandi, minta dielus-elus, dan tidur sering di samping saya. Tapi ada saatnya dia ingin sendiri dan ketika saya dekati dia malah menjauh.

Referensi:

  • https://www.diamondpet.com/blog/behavior/psychology/cats-favorite-things/
  • https://www.thesprucepets.com/top-things-cats-like-554309
  • https://iheartcats.com/5-things-cats-love-more-than-anything/
  • https://www.jacksongalaxy.com/blog/things-cats-love/

Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.