Kafe kucing Jogja

Kafe Kucing Jogja, Bermula Pada 2015

Fun

Beberapa hari meriset tentang kafe kucing Jogja saya agak kaget juga. Awalnya saya menyangka ada cukup banyak (lebih dari 5) kafe kucing di Yogyakarta. Tapi ternyata saat ini sepertinya hanya ada satu dari beberapa kafe kucing yang pernah buka.

Miaw Shake Cat Cafe

Miaw shake cat cafe

Kafe kucing pertama di Yogyakarta ini dibuka tanggal 14 Februari 2015. Pendirinya adalah 3 mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Konsepnya adalah kafe yang menjual makanan dan minuman di mana di dalam kafe bebas berkeliaran beberapa ekor kucing. Sesuai namanya menu minuman andalannya adalah berbagai shake, juga ada makanan seperti spaghetti dan macaroni.

Pengunjung bisa duduk di bangku atau lesehan menikmati hidangan sambil bermain dengan kucing. Bagaimanapun ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi:

  • Jangan menarik ekor kucing.
  • Jangan foto memakai flash.
  • Jangan berisik.
  • Jangan mengganggu kucing yang sedang tidur.
  • Jangan memeluk, mengangkat, dan menggendong kucing.
  • Jangan memberi makanan manusia pada kucing.
  • Anak di bawah 8 tahun harus mendapat pengawasan.

Miaw Shake Cat Cafe bertempat di sebuah rumah di Jl Masjid Kuncen No 25, Wirobrajan, Yogyakarta. Kafe kecil ini juga dilengkapi dengan scratching post dan cat tree tempat kucing bermain dan memanjat. Bukanya dari jam 16.00-22.00 dan tutup di hari Rabu.

Informasi dari teman saya di Yogya dan dari Google My Business, kafe ini sudah tutup permanen, entah sejak kapan. Saya yakin banyak yang punya kenangan menyenangkan bersama kucing-kucing di kafe ini.

Cats and Coffee

Cats and coffee
Via https://www.instagram.com/catsncoffee_id/

Cats and Coffee juga dibuka sejak 2015, mungkin beberapa saat setelah Miaw Shake Cat Cafe. Tempatnya cukup luas dengan desain interior yang apik dan nyaman baik untuk pengunjung maupun kucing.

Tersedia tempat duduk dan lesehan dengan colokan listrik di mana-mana, juga ada free WiFi. Tak heran jika tempat ini menjadi favorit beberapa orang untuk bekerja atau mengerjakan tugas kuliah. Kucing pun nyaman berkeliaran di kafe karena cukup banyak fasilitas untuk mereka bermain.

Kafe ini kabarnya memiliki 17 ekor namun hanya 7-8 ekor yang dikeluarkan di kafe dalam sekali waktu. Kucingnya mempunyai shift dan bergiliran dilepas di kafe. Kucing yang terlihat sudah capek atau stress pun akan segera dimasukkan ke tempat istirahat.

Cemilan dan minuman yang dijual di sini harganya cukup murah. Ada kopi, jus, coklat, bakso goreng, kentang goreng, nugget, sosis, dll. Tempatnya nyaman untuk kerja atau nongkrong apalagi dilengkapi fasilitas toilet dan mushola.

Selayaknya kafe kucing tentu ada aturan tertentu di tempat ini yang musti dipatuhi. Pengunjung diwajibkan membuka alas kaki sebelum masuk, dan harus membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Juga:

  • Tidak boleh mengganggu kucing yang sedang tidur.
  • Tidak boleh memaksa menggendong kucing.
  • Tidak boleh menarik ekor kucing.
  • Anak berumur di bawah 12 tahun harus diawasi.
  • Tidak boleh menganggu kucing yang sedang makan.
  • Tidak memotret kucing dengan flash menyala.

Pengunjung bakal betah main dengan kucing di kafe ini. Apalagi disediakan mainan kucing yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan kucing. Selain itu juga bisa ikut memberi makan kucing tiap jam 17.00 dan 21.00.

Cats and Coffee beralamat di Jl Bougenville, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di daerah selokan Mataram dekat kampus UNY. Buka Senin-Jumat jam 14.00-23.00, Sabtu dan Minggu buka dari jam 12.00.

Menurut info dari instagram mereka di catsncoffee_id kafe ini tutup sementara terkait Covid-19. Tapi sepertinya kafe ini pindah lokasi dan ganti nama baru.

Cats and Cafe Garden

Cats and cafe garden
Via https://www.instagram.com/catsandcafegarden/

Sejauh yang saya tahu, sesuai namanya, kafe ini konsepnya menarik. Menggabungkan kafe dengan taman outdoor. Jadi berupa kafe dengan halaman cukup luas di mana kucing bebas lalu-lalang.

Dari akun instagramnya catsandcafegarden, alamat kafe ini ada di Jl Taraman Lima no 1, Taraman, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Namun juga tutup untuk sementara.

Menurut saya kafe kucing ini merupakan bentuk baru dari Cats and Coffee. Karena kucing-kucingnya sama ada si Luna, Igor, Norton, dll. Mungkinkah pindah lokasi lalu ganti konsep sekaligus ganti nama?

Tapi entahlah. Kalau kalian ada yang tahu informasinya tolong berkomentar ya, nanti bisa saya tambahkan di tulisan ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *