Kebiasaan kucing

38 Kebiasaan Kucing dan Penjelasannya

Jika kamu ingin tahu alasan dibalik setumpuk kebiasaan kucing yang misterius, kamu akan suka tulisan ini. Kucing saya sendiri melakukan sebagian dari 38 kebiasaan di bawah ini.

Ada kebiasaan yang lucu, aneh, hingga menyebalkan. Yuk cari tahu apa sebabnya kucing melakukan kebiasaan-kebiasaan itu.

Memahami Arti Suara Kucing

1. Dengkuran Kucing

Dengkuran disini bukan ngorok saat tidur, tapi purr, suara dengkuran yang lembut. Kucing mengeluarkan suara ini jika ia sedang puas, misalnya keenakan kamu elus-elus. Dengkuran juga bisa berarti dia memberitahumu kalau sedang butuh sesuatu, atau cara kucing menenangkan dirinya sendiri.

2. Kenapa Kucing Kalau Berantem Berisik Dulu Tidak Langsung Baku Hantam

Seperti kebanyakan hewan lainnya, kucing lebih suka menghindari perkelahian fisik jika memungkinkan. Jika mereka berselisih biasanya akan saling menghindari.

Baru kalau terpaksa berkonfrontasi mereka berkomunikasi dengan suara dan bahasa tubuh. Itulah sebabnya mereka saling menggeram, mengeong, melolong.

3. Kucing Liar Kenapa Lebih Pendiam dari Kucing Peliharaan

Kebanyakan kucing liar memang kecenderungan bersuaranya rendah. Kecuali saat berantem dan saat birahi.

Sedangkan kucing yang hidup bersama manusia kecenderungan bersuaranya agak lebih tinggi. Suaranya itu digunakan untuk menarik perhatian manusia. Misal untuk meminta makan, bermain, meminta dibukakan pintu agar bisa keluar rumah.

4. Meminta Sesuatu

Kucing mengeongSaat kucingmu mendatangimu dan mengeong dengan suara yang wajar atau manis, itu tandanya dia meminta sesuatu. Mungkin dia meminta makan, meminta bermain, atau lainnya.

Yang jelas dia meminta perhatianmu, luangkan waktu untuk mencari tahu apa sih yang diinginkan kucingmu. Mungkin litter box-nya belum kamu bersihkan dan dia ogah buang air di litter box yang kotor.

5. Mengeong Panjang/Melolong/Berisik

Kalau kucingmu belum disteril, bisa jadi kucingmu sedang birahi. Sebagian kucing juga bisa berisik kalau telat diberi makan. Mungkin juga suasana hati kucingmu sedang tidak bagus atau stress, ada hal yang membuatnya tidak senang.

Kucing juga bisa melolong ketika dia merasa sakit, mungkin karena penyakit atau luka. Atau dia sedang terancam bahaya, atau terjebak di tempat sempit.

6. Menggeram

Geraman kucing menandakan ia memberi peringatan bahwa ia sedang marah. Jika tidak digubris takutnya kucing akan melanjutkannya dengan menyerang.

Jika kucing menggeram padamu kamu bisa menjauhinya beberapa lama sampai kucingmu tenang. Jika kucing menggeram pada binatang peliharaan lain, berdirilah di tengah-tengah mereka untuk mencegah perkelahian.

Kebiasaan Kucing Terkait Tingkah Laku

7. Alpha Behavior

Bila kamu memiliki beberapa ekor kucing, bisa jadi akan ada pejantan (alpha male) atau betina (alpha queen) yang paling dominan dan berkuasa. Kebiasaan kucing alpha misalnya makan lebih dahulu sementara kucing-kucing lain menunggu giliran. Status alpha bisa berganti karena kematian kucing atau jika ada kucing baru.

Tetapi bisa juga alpha itu terjadi pada beberapa ekor kucing. Misalnya salah satu kucingmua adalah alpha dalam hal makanan. Sementara kucing lain dominan soal tidur, dia tidur di tempat tidur sementara yang lain di lantai.

8. Aku dan Kucingku Saling Sayang, Kenapa Dia Kadang Menyerangku

Kucing menyerang

Kucing domestik yang jinak masih mempunyai insting binatang yang kuat. Salah satu insting itu adalah menggunakan gigi dan cakarnya untuk mempertahankan diri jika ia terancam.

Saat kucingmu kamu ajak bermain kadang tiba-tiba dia menggigit atau mencakarmu. Sebabnya karena kucingmu terlalu bersemangat. Jika ada tanda kucing overexcited, kendorkan atau hentikan permainannya, lanjut lagi jika dia sudah agak kalem.

Kalau kamu membelai kucingmu kadang dia juga menggigit atau menyerang dengan cakarnya. Tapi gigitan dan cakaran itu tidak serius, sekedar gigitan ringan dan tampolan cakarnya juga pelan. Sebabnya mungkin kamu tak sengaja menyentuh tubuhnya yang sensitif, atau terlalu agresif membelainya.

9. Apakah Kucing Bisa Diajak Jalan-Jalan Memakai Tali

Bisa, tapi menurut saya jangan berharap terlalu banyak. Sebagian besar kucing tidak mau dipakaikan tali untuk jalan-jalan. Hal itu butuh latihan, yang tidak selalu berhasil.

Sebagian kecil kucing tidak masalah diajak jalan memakai tali. Untuk talinya pilih yang aman untuk kucing, dan mungkin kamu harus mencoba beberapa tali hingga menemukan yang paling disukai kucingmu.

10. Apakah Kucing Memahami Perintah dan Larangan?

Ya, meskipun tidak sempurna. Cara melatih kucing memahami perintahmu adalah dengan sering mengulang kata/kalimat yang sama. Gunakan kalimat pendek seperti: jangan naik meja, ayo makan, duduk, diam dulu ya, dll.

Penting juga untuk menggunakan nada suara yang sama. Selain kata kamu juga bisa menggunakan suara, misalnya ‘sssshhh’ untuk melarag kucingmu naik meja.

11. Berbaring di Laptop

Kamu sedang menggunakan laptop tiba-tiba kucingmu naik dan berbaring di keyboard-nya. Atau berbaring di majalah, buku yang sedang kamu baca.

Hal itu dilakukannya untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayangmu. Dia juga meninggalkan baunya pada benda-benda milikmu yang baginya termasuk dalam teritorinya.

12. Cara Aman Memisah Kucing yang Sedang Berkelahi

Jika kucing belum saling menyerang, baru saling menatap dan mengeong, saya biasanya berdiri di tengah mereka. Kalau kucingnya sudah bergumul saya tidak memisah dengan menyentuh mereka.

Kalau ada air saya ambil sedikit lalu saya percikkan (bukan siram) ke kucing. Saya juga mengeluarkan suara ‘sssshhh’ yang cukup keras, kadang kaki saya hentakkan.

Biasanya para kucing yang baru saling mengomel akan terdistraksi dan tidak jadi berkelahi. Kalau kucing yang sudah saling gebuk seringkali susah dipisah. Saya akan menyiram mereka dengan air jika susah sekali dipisah, daripada saling luka mending basah tapi berhenti berkelahi.

13. Kenapa Kucing Menggaruk-garuk Lantai Setelah Makan

Itu adalah insting kucing untuk menyembunyikan makanannya. Setelah kenyang makan dan masih ada sisa makanan, kucing ada yang mengubur/menutupi makanannya. Karena kucing peliharaan makannya di dalam rumah, maka dia menggaruk-garuk lantai, seolah dia menggaruk tanah untuk menutupi sisa makanannya.

14. Kenapa Kucing Menyembunyikan Rasa Sakit

Kadang kucing lebih suka diam daripada menunjukkan rasa sakitnya. Di alam liar, tidak seperti anjing yang hidup berkelompok, kucing hidup menyendiri. Jadi kucing mengembangkan kebiasaan untuk diam saat sakit.

Jika kucing mengekspresikan rasa sakitnya dengan bersuara, akan bisa memancing predator. Musuh kucing akan jadi tahu kalau kucing sedang terluka dan sedang lemah.

Kebiasaan itu menurun pada kucing domestik. Maka tak heran jika kucing sakit dia bisa diam dan bersembunyi. Kadang juga disertai dengan menurunnya nafsu makan dan minum.

15. Kenapa Kucing Suka Berguling-guling di Tanah/Lantai

Ada dua alasan, pertama karena kebiasaan leluhur mereka di alam liar yang berguling di tanah atau rerumputan untuk menutupi bau badan mereka. Hal itu dilakukan mungkin untuk kepentingan berburu dan menghindari dimangsa hewan lain.

Kedua karena kucing merasa nyaman jika punggungnya dibelai. Maka dia suka berguling di lantai, tanah, rumput, atau karpet.

Saat kamu ajak bermain biasanya kucing akan berguling telentang. Jika kucing mengekspos bagian perutnya itu tandanya dia merasa aman dan percaya padamu.

16. Kenapa Kucing Suka Tempat Sempit

Kucing suka kardusKucing menyukai tempat sempit seperti sela-sela antar benda, kardus, keranjang, dan lainnya. Tempat yang sempit membuat kucing merasa aman. Nenek moyang kucing di alam liar menyukai tempat sempit untuk menyembunyikan dirinya dari pemangsa, dan agar leluasa mengamati daerah perburuannya tanpa ketahuan mangsanya.

17. Kok Kucingku Suka Membawakanku Binatang Buruan Sih?

Kucing memang punya insting berburu. Apalagi ras seperti American Shorthair dan British Shorthair yang leluhurnya adalah kucing yang digunakan untuk membasmi tikus.

Kucing kadang ingin memamerkan keberhasilan berburunya padamu. Maka dia akan datang padamu dengan binatang kecil hasil buruannya yang dalam keadaan mati, hidup, atau sekarat.

18. Kucing Menggesekkan Dirinya Ke Kakiku, Apa Artinya?

Bagian tubuh kucing yang suka digesekkan ke kaki atau bagian tubumu yang lain adalah kepala, mulut, sisi wajah, badan, dan ekor. Itu tanda kasih sayang dia padamu. Atau dia meminta makanan atau perhatian.

Bisa juga karena kucing ingin meninggalkan baunya padamu sehingga kamu berbau seperti dirinya. Hal itu untuk menandai bahwa kamu adalah anggota istimewa dari kehidupan sosialnya.

19. Kencing Sembarangan di Dalam Rumah

Kucing suka menandai area yang menjadi daerah kekuasaannya. Biasanya mereka menggosokkan dirinya ke benda-benda yang ada, mencakar/scratching, juga dengan cara mengencingi daerah tersebut.

Saya pernah melihat kucing saya menandai area bermain kesukaannya dengan urinnya. Jadi dia berdiri dan urinnya disemprotkan ke arah belakang. Dengan cara itu ia berusaha menandai area seluas mungkin dengan bau kencingnya.

20. Kucing Suka Begadang

Kucing suka begadang

Kucing itu hewan nokturnal (aktif di malam hari) namun lebih ke krepuskular (aktif di fajar dan senja). Jadi kucing paling aktif saat senja dan fajar dimana di alam liar binatang buruannya juga sedang aktif. Kemudian kucing lebih banyak tidur di siang hari sehingga ia pun lebih aktif di malam hari.

21. Kucing Suka Dibelai di Bagian Tubuhnya yang Mana Saja?

Kucing suka dibelai di bagian hidung, di antara mata, keningnya, bagian kepala di antara telinga, telinga belakangnya, dagu, leher, punggung, dan badan bagian samping. Kucing tidak suka dibelai di bagian ekor, perut, dan telapak kaki.

Bagaimanapun usahakan untuk akrab dulu dengan kucing dan jangan terlalu memaksa membelai. Begitu kucing suka dan percaya padamu, kadang dia bisa membiarkanmu membelai bagian yang biasanya tidak suka dibelai. Misalnya kucing saya, dia nyantai jika saya belai ekor dan perutnya.

22. Kucing Tiba-tiba Tidak Mau Buang Air di Litter Box

Jangan marahi kucingmu ya, dia tidak melakukannya untuk membuatmu jengkel. Mungkin dia diam-diam sedang sakit, maka coba periksakan kucingmu ke dokter hewan. Atau kucing sedang stress, mungkin karena litter box-nya kamu pindah tempatnya, ada teman yang menginap di rumahmu, atau stress disebabkan hal lain yang perlu kamu cari tahu.

23. Kucing yang Lagi Tidur Kenapa Bisa Tiba-Tiba Bangun dan Waspada

Warisan leluhur, kucing di alam liar harus selalu waspada. Tidak seperti kita yang bangun tidur masih berkabut kepalanya dan perlu wakru untuk melek sepenuhnya. Kucing bisa dari tidur lalu tiba-tiba bangun dan mengejar hewan kecil yang lewat di dekatnya.

Kucing peka terhadap ancaman dan keadaan sekelilingnya. Jika ada binatang buruan dia bisa langsung mengejarnya. Atau langsung bersembunyi jika ada predator yang datang.

24. Lagi Jalan Kakimu Ditampol Kucing

Tampolannya tidak menyakiti, lebih seperti colekan. Kucingmu mungkin sedang bosan dan sedang mencari kegiatan. Mau bermain tapi tidak ada mainan sehingga kakimu yang jadi sasaran.

25. Memakan Benda-benda

Kalau kucingmu kok belakangan suka mengunyah benda seperti kain, plastik, logam, dan sebaginya mungkin itu pertanda ia kena pica. Penyebabnya tidak diketahui, pica memang kondisi langka yang ditemui pada kucing. Bawa segera kucingmu ke dokter hewan.

26. Mencegah Kucing Mengganggu Burung Peliharaan di Rumah

Tempatkan burung peliharaan di tempat yang aman. Misalnya dengan membuat kandang besar yang tidak bisa diterobos kucing. Atau menaruh kandang burung di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kucing.

Kamu juga bisa membuat kucing tidak suka datang ke area di mana burung peliharaanmu berada. Semprotlah area itu dengan semprotan pengusir kucing yang banyak dijual di pasaran. Cobalah beberapa sampai menemukan yang benar-benar ampuh untuk mengusir kucing.

27. Mengapa Kucing Suka Memijat

Kamu tentu sering melihat kucing memijat benda yang permukaannya lembut. Misalnya dia menekan-nekankan telapak kakinya ke keset. Kadang disertai dengan dengkuran.

Kucing kadang memijat-mijat alas tidurnya agar menjadi lembut dan nyaman untuk dia tiduri. Kadang saat meregangkan tubuhnya dengan rileks kucing sambil menekan-nekankan kakinya ke lantai. Jika kamu membelai kucing di pangkuanmu dan ia mulai melakukan gerakan memijat, tandanya ia sedang sangat rileks.

28. Mengapa Kucing Suka Mencakar Benda-Benda?

Mungkin sofa mahalmu atau karpetmu yang indah pernah jadi korban. Kucing melakukannya karena itu membuat mereka merasa enakan dan puas. Juga untuk melepaskan lapisan kuku luar mereka yang mati.

Mencakar juga digunakan untuk menandai wilayah kucing. Kuku mereka mengandung kelenjar keringat yang meninggalkan bau di bekas cakarannya.

29. Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya Sendiri?

Dia sedang grooming, merawat dirinya sendiri. Kucing menggunakan lidahnya yang kasar untuk membersihkan bulunya. Juga untuk menyingkirkan bulunya yang rontok dan mengatur suhu tubuhnya.

30. Mengapa Kucing yang Takut Kok Mendekam?

Cukup sering saya temui kucing yang takut pada kucing lainnya, ia mendekam. Kucing berusaha membuat dirinya menjadi sekecil mungkin untuk merespon bahaya yang mengintainya.

31. Mengatasi Kucing yang Suka Memburu Burung Liar

Mungkin kamu tinggal di daerah yang masih banyak burung liarnya. Kucingmu suka memburu burung-burung itu sedangkan kamu tahu keberadaan burung liar itu penting bagi lingkungan.

Cara murah mencegah burung liar diburu kucingmu adalah dengan memasangi kucingmu kalung yang ada loncengnya. Maka kucing tidak bisa lagi mengendap-endap tanpa suara untuk menerkam burung. Cara kedua kalau memunginkan buatlah area bermain kucing di halaman rumah, pagari dengan rapat, yah seperti kandang raksasa begitu.

32. Mengendus Wajahmu

Pernah kan kucingmu mengendus wajahmu? Dia sedang merekam baumu ke memorinya, itu penting baginya dalam proses membangun kepercayaan dan pengenalan terhadapmu.

33. Suka Memanjat

Seperti leluhurnya di alam liar, kucing domestik juga pandai dan suka memanjat. Itu penting bagi kucing untuk bertahan hidup di alam liar.

Memanjat berfungsi untuk menjangkau hewan buruan seperti burung. Juga untuk keamanan, hal ini juga penting untuk kucing domestik. Jika ada bahaya atau binatang yang ditakuti seperti anjing, kucing akan memanjat ke tempat tinggi yang lebih aman menunggu bahaya berlalu.

34. Tiba-tiba Suka Sembunyi

Kucingmu bisa saja tiba-tiba sering sembunyi dan susah disuruh keluar dari tempat persembunyiannya. Penyebabnya dia mungkin stress atau ada sesuatu yang ditakutinya.

Cobalah cari tahu perubahan apa yang menyebabkan kucingmu jadi begitu. Mungkin kamu habis beli boneka besar yang bagi kucingmu menyeramkan, atau habis beli vacuum cleaner yang suaranya menakutkan kucingmu.

35. Tidak Suka Digendong

Tidak semua kucing suka diangkat dan digendong. Kucingmu bisa saja rada nurut ketika kamu angkat dan gendong, tapi jika orang lain yang melakukannya belum tentu ia suka.

Kucing saya pun termasuk yang benci digendong, tapai kalau saya yang menggendong dia agak nurut. Dia paling nyaman jika saya pegang dengan dua tangan di belakang kaki depannya. Lalu saya gendong dengan cara satu tangan saya memegang atas perutnya, dan tangan lain menyangga bagian bawah tubuhnya.

Jangan pernah mengangkat kucing dengan memegang leher, ekor, atau kakinya. Selain bisa menimbulkan cedera kucing juga sangat tidak menyukainya. Dia bisa marah dan mencakarmu atau lari kabur darimu.

Bahasa Mata, Ekor, dan Telinga Kucing

36. Apa Sih Arti Gerakan Ekor Kucing?

Ekornya bergerak-gerak pelan, kucingmu sedang kalem dan rileks. Ekornya bergerak cepat tidak teratur, seperti mencambuk, dia siap beraksi mungkin bersiap mengejar bola yang akan kamu lemparkan.

Kalau ekornya bergerak pelan ke depan dan belakang itu kucing sedang puas. Kadang dia lakukan saat sedang makan.

Kalau ekor kucing berdiri tegak, ia sedang gembira. Tapi kalau ekor yang tegak itu bulu-bulunya berdiri (menggelembung), ia sedang marah atau takut.

Jika kucing sedang bergerak sambil ekornya jatuh ke bawah atau berada di antara kakinya, tandanya ia sedang gugup. Jika ekornya lurus mendatar di belakang tubuhnya, kucing sedang biasa saja, tidak gembira tapi juga tidak bete.

Kalau kucing menjentikkan ekornya maju mundur dengan cepat, dia sedang tersetimulasi oleh sesuatu, mungkin dia sedang bersemangat bermain. Tapi juga bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang marah, maka perhatikan tanda lain apakah telinganya ditarik ke belakang, atau dia sambil menggeram.

Jika kucing melingkarkan ekornya padamu, itu setara dengan manusia memberi pelukan pada manusia lain.

37. Arti Posisi Telinga Kucing

Ketika telinga kucing posisinya lurus ke atas, dia sedang god mood. Apalagi jika posisi telinga itu didapati waktu dia berjalan sambil menegakkan ekor, dia sedang santai dan bahagia.

Kalau telinganya bergeser ke samping, biasanya dilakukan saat kucing mendengar suara sesuatu. Bisa dilanjutkan dia menengok ke sumber suara jika dia ingin tahu suara apa sih itu.

Sedangkan kucing yang siap berantem biasanya telinganya datar mengarah ke belakang.

38. Bahasa Mata Kucing

Bahasa mata kucing

Pernahkah kamu memandang kucingmu dan dia memandangmu lalu matanya berkedip pelan? Dia sedang merasa dicintai dan juga mencintai.

Pupil mata kucing akan menyempit jika ia menerima rangsangan emosional yang kuat. Bisa berbentuk marah, takut, gembira, atau terkejut.

Kucing akan membuka matanya lebar-lebar jika ia sedang waspada atau sedang sangat percaya. Sedangkan jika ia menatap tanpa berkedip dari jarak tertentu itu bisa jadi tanda agresi.

Kalau kucing memandang dengan menyipitkan mata biasanya ia sedang sangat takut atau sangat marah. Menyipitkan kelopak mata juga dilakukan saat berhadapan dengan lawan, untuk mengurangi potensi mata terkena cakaran.

Penutup

Sepertinya sebagian besar dari rahasia kebiasaan kucing sudah terkuak. Saya sebenarnya ingin membuat list kebiasaan kucing hingga 100 lebih. Tapi apa daya kemampuan riset dan bahan yang saya punya terbatas.

Tentu masih ada kebiasaan kucing yang terlewat belum saya bahas. Kalau kamu tahu kebiasaan yang belum tercantum di tulisan ini, atau ada pembahasan yang salah, tolong beritahu di komentar ya, terima kasih.

Referensi:

  • The Total Cat Manual. David Meyer, Abbie Moore, and Dr. Pia Salk.
  • The happy Cat Handbook. Pippa Mattinson and Lucy Easton.
  • https://petcube.com/blog/cat-behaviors/
  • https://www.thedrakecenter.com/services/cats/blog/13-strange-cat-behaviors-explained
  • https://www.everydayhealth.com/pet-health/cats-101-decoding-common-cat-behavior/
  • https://www.petsbest.com/blog/cat-behavior-problems/
  • https://www.thesprucepets.com/cat-talk-eyes-553942



Comments

  1. saya ga punya kucing tapi masih baca tulisan ini heheh karena pengen suatu saat nanti punya kucing dirumah,,, dari dulu pengen punya kucing, sebenarnya bisa aja sih ambil kucing liar, tapi meerka pasti bakalan berkeliaran ke luar terus, balik ke rumah cuma pas mau makan aja, haha

  2. nomor 2 itu yang bikin puyeng apalagi pas malam
    tapi klo beneran berantem juga susah sih
    segala benda semacam tempat sampah aduh pada ancur dilibas
    belum klo naik atap plafon kadang bisa jebol gara gara pada bertengkar haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap