Kenapa induk kucing meninggalkan anaknya

Alasan Kenapa Induk Kucing Meninggalkan Anaknya

Saya sering bertanya-tanya kenapa induk kucing meninggalkan anaknya. Karena kerap saya menjumpai seekor anak kucing yang sepertinya belum lama dilahirkan, sendirian tanpa induk. Ada yang saya amati sampai beberapa hari dan ternyata induknya tidak pernah datang.

Tentu ada alasannya, maka saya mencari tahu sana-sini dan hasilnya saya tuliskan di artikel ini. Semoga menjawab rasa ingin tahu kalian yang mungkin juga penasaran.

Anak Kucing Itu Sakit

Anak kucing sistem imunnya masih lemah sehingga rentan terhadap penyakit. Begitu induk kucing merasakan anaknya terkena sakit, si anak itu bisa ditinggalkannya agar tidak menulari saudara-saudaranya yang lain.

Karena Cacat

Selain sakit, jika anak kucing terlahir cacat induknya juga bisa menolaknya. Meski anak kucing itu sehat juga bakal ditinggalkan.

Karena Tersesat

Anak kucing kadang tersesat dan tidak bisa ditemukan oleh induknya, sebabnya bermacam-macam. Mungkin waktu induknya mencari makan ada orang yang memindahkan anak kucing ke tempat lain. Atau anak kucing berkeliaran terlalu jauh saat induknya tidur atau pergi.

Induknya Tidak Keibuan

Sebagian besar induk kucing memiliki naluri yang kuat untuk merawat anaknya. Namun beberapa kucing tidak memilikinya sehingga cuek pada anaknya.

Atau bisa juga induk kucing mengalami trauma setelah melahirkan, kucing juga punya perasaan. Kucing yang melahirkan anak di usia terlalu muda juga bisa tidak siap untuk memelihara anaknya.

Induknya Sakit atau Mati

Bisa jadi induk kucing saat pergi mencari makan tertabrak mobil dan mati. Atau dia sakit dan memaksakan diri keluar mencari makan, namun tidak bisa kembali pada anak-anaknya karena terlalu lemah.

Induk Kucing Sedang Pergi

Adakalanya anak kucing sendirian bukan karena ditelantarkan induknya. Tapi karena induknya sedang pergi untuk sementara dan akan segera kembali.

Sengaja Disembunyikan Induknya

Kucing liar kadang menaruh anak-anaknya di tempat yang berbeda-beda untuk menghindari predator. Jadi tentu dia tidak bisa terus-menerus berada di satu tempat karena harus berganti-ganti menengok anaknya.

Induknya Menderita Mastitis

Mastitis adalah infeksi kelenjar susu yang bisa terjadi begitu saja atau karena garukan anak kucing saat menyusu. Puting susu si induk bengkak, keras, panas, dan menyakitkan saat anak-anaknya menyusu. Jadi seolah induk kucing seperti menelantarkan anaknya, padahal ia menghindar karena tidak tahan akan rasa sakit.

Terlalu Banyak Anak

Jika anak kucing yang dilahirkan terlalu banyak, ada kemungkinan air susu yang ada tidak mencukupi. Jika itu terjadi induk kucing bisa menolak satu atau lebih anaknya. Dengan kata lain, mengorbankan sebagian kecil untuk kelangsungan hidup anaknya yang lain, daripada dipaksakan memelihara semua nanti anak-anaknya tidak tercukupi nutrisinya.

Induknya Kurang Nutrisi

Tahu kan kalau kucing liar makannya tidak teratur? Mereka kadang harus mengais sampah, menanti pemberian orang, atau berburu hewan kecil.

Maka bisa terjadi kucing liar yang hamil tidak mendapat cukup nutrisi sebelum dan sesudah melahirkan. Induk kucing yang berat badannya di bawah normal dan kurang nutrisi tidak mampu memproduksi air susu yang cukup. Hal itu bisa berakibat pada penelantaran anak kucing.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *