The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Kenapa Kucing Jantan Makan Anak Kucing

Kenapa kucing jantan makan anak kucing? Itu pertanyaan yang ada di benak saya sejak kecil. Akhirnya saya jawab sendiri dengan berjam-jam browsing mencari fakta.

Ternyata memang ada perilaku kucing jantan yang membunuh atau bahkan makan anak kucing. Namun tidak semua kucing jantan melakukannya. Ketika mereka melakukannya, ada alasannya.

Mengurangi Potensi Persaingan

Seekor kucing jantan biasanya membangun wilayah yang berisi sejumlah betina. Dia suka mengusir jantan lain, termasuk memusnahkan anak kucing yang disangkanya anak dari jantan lain.

Meski bisa jadi anak itu anaknya sendiri. Karena jika kucing jantan mencium ada bau jantan lain (mungkin pada induk kucing), ia bisa menyangka anak-anak itu dari pejantan lain. Hal ini bisa berujung pada dibunuhnya anak kucing.

Beberapa lama kemudian kucing betina yang kehilangan anaknya akan birahi, kucing jantan mengawininya dan akan memperoleh anak-anak yang benar-benar anaknya sendiri. Ketika kucing jantan mengambil alih sebuah wilayah pun dia bisa membunuh anak kucing untuk membersihkan jalur keturunan.

Tidak Punya Naluri Kebapakan

Kucing jantan yang tidak punya naluri kebapakan atau tidak pernah punya anak, dapat membunuh anaknya karena menyerupai mangsanya. Ukuran tubuh anak kucing yang kecil, suaranya yang bernada tinggi, dan gerakannya yang tidak menentu bisa membingungkan naluri berburu kucing. Kucing betina yang tidak punya naluri keibuan atau tidak pernah punya anak, juga dapat membunuh anaknya sendiri.

Naluri Berburu yang Tidak Terbendung

Saat bermain dengan anak kucing naluri berburu kucing jantan yang kuat bisa keluar. Ketika ia tidak bisa membendungnya mengakibatkannya membunuh anak kucing bahkan memakannya. Sebagian kucing jantan kadang juga menyerang anak kucing yang sudah cukup besar yang sudah bisa berlari.

Kasih Tak Sampai

Kucing betina kadang mengalami birahi palsu beberapa minggu setelah melahirkan. Hal itu bisa mengundang kucing jantan tapi biasanya kucing betina akan menolaknya. Karena putus asa kucing jantan bisa mencoba mengawini anak kucing betina.

Biasanya kucing jantan akan menggigit leher kucing betina saat kawin. Hal itu bisa mengakibatkan kematian jika dilakukan pada anak kucing yang tubuhnya masih lemah.

Maka tak heran ya jika induk kucing memiliki kebiasaan menyembunyikan anaknya yang masih kecil. Kadang tempat yang dipilihnya yang susah-susah seperti langit-langit rumah.

Jadi jika kucingmu melahirkan, pisahkan induk dan anaknya dari bapaknya. Tempatkan di area yang aman, tenang, dan tidak terganggu. Tunggu anak kucing hingga sudah cukup besar, lalu kenalkan dengan sangat hati-hati pada bapaknya.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

21 Comments

  1. Kami punya seekor induk kucing dgn 3 ekor anaknya,,, didalam rmh. Kami sekeluarga mau pergi seharian, sebelum pergi ada rasa kekhawatiran terhadap anak2 kucing tersebut kalo berada di dlm rmh, karena rmh terkunci rapat dan induk kucing tdk bisa masuk rmh untuk menyusui anak2 nya,,, lalu kami sangat keberatan kalo.ditinggal begitu saja, kami putuskan memindahkan anak2 kucing tersebut kembali ke teras agar si induk dapat dgn mudah menemukannya,,, lalu kami pun beramgkat dan saat kembali sore nya,,, kami periksa tmpt si anak2 kucing tersebut ternyata tidak ada ditrmpatnya,,, kami berfikiran mungkin sdh dipindahkan sama induknya,,, selesai,,, entah dimana dipindahkannya,
    Tapi sy dikagetkan kedatangan induknya malam2 lewat pintu dapur,,, antara senang dan kaget induk kucing ini masuk ke kamar anak sy dimana awalnya kucing sama anaknya disitu di tempat yg hangat, lalu sy ikuti ternyata,,,, induk kucing ini sendirian tanpa ada anak2nya,,, kami periksa dan keliatan induk kucing seperti kebingungan dan merasa gelisah akan anak2 nya ngga ada di tempat,,,, (sy merasa berdosa dlm hal ini)

    Yg jadi pertanyaan terburuk bagi saya,,, terhadap anak2 kucing, apakah diambil oleh induk kucing lain atau kucing pejantan lain??? Saya periksa seputar lingkungan rmh saya,,, pikiran terburuk apakah anak kucing itu diambil lalu dibunuh sama kucing yg lain,,,
    Maaf bang,,, kepanjangan, itu kronologis kejadian yg saya alami,,,
    Dan maaf pula sy langsung to the poin

    • Mas nggak salah, karena emang waktu mau pergi induknya nggak ada, mas udah melakukan yang terbaik dengan menaruh anak-anak kucing di teras karena khawatir kalau dikunci di dalam rumah nanti lapar nggak disusui induknya.

      Mungkin anak-anak kucing itu berkeliaran sampai ke luar halaman rumah. Lalu bisa diambil orang, atau masih berkeliaran. Kalau dibunuh kucing lain kemungkinan besar ada jejaknya.

      Mungkin anak kucingnya tersesat di tempat yang tersembunyi mas, dan mereka nggak mengeong. Saya beberapa kali nemuin anak kucing yang masuk selokan, terjebak di semak-semak. Ada juga anak kucing liar dekat rumah yang kayanya ditelantarin induknya, tapi dia survive dan sekarang sudah besar.

      Semoga cepat ketemu kittennya.

  2. Wah barusan aku liat sendiri, anak kucing dibawa kucing jantan nya, terimakasih info nya, sedih bgt klo beneran dimakan😞

  3. Sedih banget, pak. Anak kucing saya dimakan sama kucing jantan secara 3 generasi, anak kucing saya tidak pernah ada yang sampai dewasa, karena di usia 1 bulan pasti mati. Cerita ini anak generasi ke 3. Kronologisnya kucing jantan ini suka masuk rumah lewat langit2, jalan kucing saya jika mau masuk rumah. Dan tadi saya lengah, padahal banyak orang kerdus anak kucing saya ada di dapur di pinggir pintu dan saya sedang bermain di depan dapur namun tidak lihat sekitar atau kucing jantan yang memangsa anak kucing saya masuk ke dapur tau2 sudah banyak darah di depan pintu dapur menuju kebun belakang rumah. Namun saya tidak dapat menemukan bangkai atau sisa2 dari tubuh anak kucing saya, sedih banget pak. Saya merasa berdosa dan gagal menjaga anak kucing saya. Induk kucing terus2an mengeong mencari anaknya yang telah hilang dan mati dapur. Karena ada 2 anak kucing, dan 1 anak kucing yang selamat, induk kucing membawa pindah dari dapur ke dalam kamar yang tidak terpakai, yang sudah pernah dia tempati bersama anak2 generasi 1 dan 2, namun dia menjadi sangat khawatir dan terkadang mengeong seperti mau menerkam mungkin dia mencium bau kucing jantan dan ketakutan. Sekarang dia belum memperhatikan anak kucing yang selamat karena masih berdiam di dapur tempat kucing yang mati.

    • Ikut sedih saya…. Itu kucing jantannya liar ya? Kayanya harus ditangkap dan disteril supaya lebih kalem, tapi susah juga kalau kucing jantan liarnya banyak. Sementara anak kucingnya belum gede, induk kucing dan anaknya dipelihara indoor aja. Memang lebih ribet dan butuh effort lebih, tapi gpp biar lebih aman.

  4. Td saya lg tiduran tiba2 dgr sura ank kucing gt. Ternyata ada kucing janjatan lg menggigit anak kucing saya. Neskipub sdh saya kejar ttp aja anak kucing saya gak lrpas dari kucing jantan itu. Saya sedih karna saya sdh mencari di sekitaran rumahku tp sdh tdk ketemu.

  5. Ada kucing baru beberapa minggu ada di depan rumah…tadi ny ada 2 tapi yg satu nya mati …sore ini yg satu nya akhirnya mati karna digigit oleh kucing hitam besar…saya jadi sedih padahal baru berapa menit tangan saya dijilat2..baru ditinggal masuk ke rumah sudah mati…

  6. Pertama tidak terlalu percaya ketika kucing jantan suka membunuh anak kucing yang bahkan anaknya sendiri hingga hari ini..

    saya melihat kucing yang dipelihara oleh teman saya, mempunyai anak hingga 2 generasi, generasi pertama berhasil hidup 1 dan yang lain pergi entah kemana, kemudian generasi ke 2 ini ada 2 kucing lagi yang akhirnya 1 berakhir di bunuh oleh induk jantan. Sungguh menyedihkan melihatnya

  7. Hari ini adalah kali kedua kucing garong ngebunuh anak dr kucing aku, setau aku jenis kelamin anak kucing aku itu jantan, cm krn masih 3 minggu blm gitu kliatan, belang tiga. Aku sedih bgt ngerasa gagal jagain utk yg kedua kalinya, ga tau drmana masuknya itu kucing jantan, tau” leher si yupi udah berdarah 😭😭😭😭 apa ada pertolongan yg bisa bikin anak kucing ga sampe mati sehabis digigit kucing jantan?

    • Mungkin bisa dikandangin mbak anak kucingnya, keluar kandangnya kalau pas ada yang ngawasin aja. Kalau habis digigit sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan, konsultasi juga bagaimana perawatan pertama jika kitten digigit kucing dewasa.

  8. Saya punya 2 anak kucing masih kecil. Yang satu mati setelah digigit lehernya sama kucing lain. Pertama dia membunuh saya berhasil mencegahnya. Meskipun leher anak kucing saya sudah berdarah dan saya berusaha mengobatinya..
    . Tapi kucing si pembunuh itu rupanya diam2 tetap mengincarnya setelah beberapa hari … Ketika saya tidak ada kucing sipbunuh itu merobek perut anak kucing saya… Sedih rasanya ingin juga memukul kucing sipembunuh itu… Tinggal satu lagi anak kucing saya… Itupun udah berapa hari ini gak ada lagi dirumah

    • Semoga anak kucing yang satu selamat dan hidup sehat ceria sampai tua ya mas. Mungkin sementara masih kecil, belum bisa melindungi diri sendiri, sering dikandangin aja.

  9. Terima kasih atas infonya.
    Sekadar informasi tentang saya.

    Saya melihara kucing kurang lebih selama 3 tahun sampai saat ini.

    Namun saya hanya bisa memelihara satu ekor kucing.

    Pertama seekor kucing jantan krem kehitam-hitaman Tidak sepenuhnya saya berikan makanan dari usaha saya. Kadang adik saya yang telah berkeluarga yang rumahnya bersebelahan dengan rumah saya, memberi dia makan bahkan mengurusnya ketika saya pernah ke luar rumah lebih dari sebulan.
    Namun ketika saya sudah tinggal lama di rumah setelah ke laut rumah lebih dari sebulan lamanya itu. Saya mendapati, usianya saat itu sudah lebih dari setahun, sangat sering ke luar rumah bahkan lebih dari beberapa hari baru pulang minta makan dan setelah dia melakukan itu selama 3 minggu, yang 2-3 hari baru datang, maka selepas dari itu tidak balik lagi.

    Kedua kucing betina orange.
    Setelah hampir 5 bulan sejak kucing jantan itu tidak balik lagi. Saya mendapat penggantinya.
    Kebanyakan saya yang urus makanannya.
    Setelah hampir 11 bulan kucingku itu hamil dan beranak tidak lebih dari 20 hari sejak saya lihat perutnya sudah buncit.

    Memang sebelumnya saya tidak tahu kucing jantan mana ‘lakinya’
    Lama kelamaan saya tahu si pejantan sama bulunya dengan kucing yang pernah saya piara.

    3 anak kucing oranye lahir dan lebih dari sebulan lamanya serta ku pada akhirnya sangat tragis karena hanya tertinggal satu anak. Usaha saya mengadakan kurungan kucing untuk menjaga anak kucing yang tetinggal itu tidak jadi karena tempat saya mau beli kandang lagi tidak melayani karena sesuatu dan lain hal yang tidak saya tahu.

    Pada akhirnya anak kucing itu hilang. Saya punya naluri ada hubungannya dengan si pejantan yg sering datang. Saya buka pembicaraan dengan adik cewek saya yang sudah menikah itu, saya bilang tu kucing jantan pasti memakannya. Memang beberapa hari dan tidak lebih dari seminggu saya mencium bau bankai namun saya tidak menemukan asal bangkai tab, mungkin di loteng rumah, tempat yang tidak bisa jangkau untuk disibak, pikirku.

    Sekarang kucing oranye itu setelah 3 bulan kehilangan anaknya yang ketiga bunting lagi. Si jantan yg sama memang sering saya lihat wara-wiri di dekat dan mendekati kucing oranye saya.

    Tidak sampai seminggu kucing oranye saya bunting saya membawa anak kucing putih yg umurnya belum 2 bulan yang terlantar di t4 kerjaku.

    Singkat cerita ketika anak kucing putih itu terlelap dan saya juga lagi tiduran karena sudah sekira pukul 2 dini hari. Saya dikagetkan dengan suara gaduh yang berasal dari dus t4 anak kucing putih yang saya alas dengan handuk itu berasal rupanya.
    Ketika saya nyalakan lampu terlihat si kucing jantan berjalan lalu di langit-langit rumah saya yang tidak tertutup semuanya.

    Kesimpulan saya kalau mau pakai istilah yang sopan sebagaimana manusia maka si kucing jantan saya duga adalah biang kerok saya kehilangan anak-anak kucing saya.

  10. saya jg punya kucing baru lahiran 3 ekor dan 1 anaknya d bawa kabur pas saya lengah dan sisa 2 saya masukin kandang, tapi pas sy tinggal kerja org tua sy blg kucing garong nya gigit anak kucing lain lewat sela” kandang dan skg hanya sisa 1.
    sy mau tnya kalau kucing garong ny sy culik dan bawa pergi k luar wilayah perumahan sy apakah dia masih bisa kembali?

    • Kalau memang kucingnya mau dipindahkan saran saya ditangkap dengan baik tanpa menyakiti, lalu dibawa ke tempat yang banyak potensi makanan bagi dia, biar dia nggak terlantar dan betah dengan tempat yang baru. Mungkin bisa di pasar yang banyak sisa makanan, atau yang banyak warungnya. Lebih bagus lagi kalau ada dana kucingnya disteril biar lebih kalem dan setelah itu mungkin nggak perlu dipindahkan. Cmiiw

  11. Ini saya punya kitten baru usia 1 bulan, kira kira usia berapa ya supaya gak di makan penjantan lain? Pengen saya lepas di halaman soalnya

  12. saya tadi melihat kucing jantan menggigit leher dan memakan sebagian anak kucing yg saya jaga saya iba dan kasihan melihat induk kucing nya seperti menangis, saya amat marah, kesal kemudian saya pun mengejar si kucing jantan dan menendang kucing jantan tsb sampai seperti nya si kucing jantan tsb pincang(dia masih mampu berlari tpi pincang) saya masih mengejarnya menggunakan batu, saya amat kesal kalo saya menemukan jantan itu saya tak segan menendangnya lgi atau menggoroknya kalo bisa😡😡😡

    • Sebaiknya kucing jantannya jangan disiksa karena apa yang dia lakukan menurut saya insting alaminya. Diusir saja dan anak kucingnya dijaga dan ditempatkan di tempar yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.