Kenapa kucing jantan makan anak kucing

Kenapa Kucing Jantan Makan Anak Kucing

Kenapa kucing jantan makan anak kucing? Itu pertanyaan yang ada di benak saya sejak kecil. Akhirnya saya jawab sendiri dengan berjam-jam browsing mencari fakta.

Ternyata memang ada perilaku kucing jantan yang membunuh atau bahkan makan anak kucing. Namun tidak semua kucing jantan melakukannya. Ketika mereka melakukannya, ada alasannya.

Mengurangi Potensi Persaingan

Seekor kucing jantan biasanya membangun wilayah yang berisi sejumlah betina. Dia suka mengusir jantan lain, termasuk memusnahkan anak kucing yang disangkanya anak dari jantan lain.

Meski bisa jadi anak itu anaknya sendiri. Karena jika kucing jantan mencium ada bau jantan lain (mungkin pada induk kucing), ia bisa menyangka anak-anak itu dari pejantan lain. Hal ini bisa berujung pada dibunuhnya anak kucing.

Beberapa lama kemudian kucing betina yang kehilangan anaknya akan birahi, kucing jantan mengawininya dan akan memperoleh anak-anak yang benar-benar anaknya sendiri. Ketika kucing jantan mengambil alih sebuah wilayah pun dia bisa membunuh anak kucing untuk membersihkan jalur keturunan.

Tidak Punya Naluri Kebapakan

Kucing jantan yang tidak punya naluri kebapakan atau tidak pernah punya anak, dapat membunuh anaknya karena menyerupai mangsanya. Ukuran tubuh anak kucing yang kecil, suaranya yang bernada tinggi, dan gerakannya yang tidak menentu bisa membingungkan naluri berburu kucing. Kucing betina yang tidak punya naluri keibuan atau tidak pernah punya anak, juga dapat membunuh anaknya sendiri.

Naluri Berburu yang Tidak Terbendung

Saat bermain dengan anak kucing naluri berburu kucing jantan yang kuat bisa keluar. Ketika ia tidak bisa membendungnya mengakibatkannya membunuh anak kucing bahkan memakannya. Sebagian kucing jantan kadang juga menyerang anak kucing yang sudah cukup besar yang sudah bisa berlari.

Kasih Tak Sampai

Kucing betina kadang mengalami birahi palsu beberapa minggu setelah melahirkan. Hal itu bisa mengundang kucing jantan tapi biasanya kucing betina akan menolaknya. Karena putus asa kucing jantan bisa mencoba mengawini anak kucing betina.

Biasanya kucing jantan akan menggigit leher kucing betina saat kawin. Hal itu bisa mengakibatkan kematian jika dilakukan pada anak kucing yang tubuhnya masih lemah.

Maka tak heran ya jika induk kucing memiliki kebiasaan menyembunyikan anaknya yang masih kecil. Kadang tempat yang dipilihnya yang susah-susah seperti langit-langit rumah.

Jadi jika kucingmu melahirkan, pisahkan induk dan anaknya dari bapaknya. Tempatkan di area yang aman, tenang, dan tidak terganggu. Tunggu anak kucing hingga sudah cukup besar, lalu kenalkan dengan sangat hati-hati pada bapaknya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *