The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Kucing American Wirehair Si Bulu Kawat Yang Langka

Termasuk jenis kucing yang langka, kucing American Wirehair mempunyai ciri khas pada bulunya yang unik. Sekilas bulunya seperti milik kucing jenis Rex namun sebenarnya berbeda.

Sejarah American Wirehair

Keberadaan kucing American Wirehair dimulai dari mutasi spontan pada kucing domestik. Pada tahun 1966 ada dua ekor kucing lumbung dari tanah pertanian kecil di Upstate New York bernama Bootsie dan Fluffy.

Keduanya mempunyai lima anak yang bulunya aneh keriting kaku seperti kawat. Sayangnya empat ekor anak kucing itu dibunuh oleh cerpelai. Tinggal satu yang hidup yang dinamai Adam.

Anak Fluffy dan Bootsie yang lahir berikutnya bulunya normal. Sehingga Adam menjadi keturunan satu-satunya yang berbulu padat, kasar, elastis, keriting dan kaku mirip kawat (wire).

Joan O’Shea dari Vernon, New York, adalah seorang breeder kucing Siam, Havana Browns, dan Rex. Seorang temannya mengatakan padanya tentang Adam yang menurut temannya mirip kucing Rex.

Penasaran, Joan pun pergi untuk melihat Adam dan langsung menyukainya. Menurutnya Adam bukanlah kucing Rex dan kemungkinan merupakan kucing jenis yang baru.

Setelah beberapa bulan membujuk Nathan Mosher, pemilik Adam, akhirnya Joan berhasil membeli Adam seharga $50. Adam pun dinamai dengan nama baru Council Rock Farm Adam of Hi-Fi.

Adam juga kawin dengan Tip-Toe, kucing calico berbulu lurus milik tetangga, yang dulunya juga berasal dari peternakan Nathan Mosher. Dari perkawinan itu menghasilkan dua anak kucing betina oranye dan putih berambut kawat dan dua anak kucing berbulu lurus.

Joan juga berhasil memperoleh dua anak kucing berbulu kawat itu dan menamai mereka Abby dan Amy. Namun Abby meninggal saat masih muda.

Kemudian Adam mempunyai anak wirehair lagi. Joan ingin memastikan kucing wirehair itu tidak terkait dengan kucing jenis Rex.

Maka ia mengirimkan sampel bulu Adam untuk dianalisa pada Antony G Searle dan Roy Robinson, ahli genetika kucing. Hasilnya, Roy memberitahu Joan bahwa bulu Adam itu unik dan tidak terkait dengan kucing Rex maupun Cornish.

Joan menjual Amy pada pasangan Bill dan Madeline Beck. Pasangan yang kemudian berperan penting mempopulerkan kucing American Wirehair.

Amy melahirkan beberapa anak wirehair, termasuk seekor betina bernama Barberry Ellen, wirehair homozigot pertama (memiliki dua salinan gen Wirehair). Wirehair homozigot ketika disilangkan dengan kucing yang bukan wirehair (outcross) semua keturunannya memiliki bulu wirehair. Semua American Wirehair saat ini adalah keturunan Adam atau Amy.

Ketika Joan dan pasangan Beck pertama kali memetakan program breeding untuk American Wirehair yang baru diberi nama, mereka berpikir akan lebih baik menggunakan outcross. Kucing American Shorthair dipilih sebagai outcross, mereka memutuskan standar harus mencerminkan konformasi (penampilan fisik) American Shorthair dengan standar khusus untuk bulu.

CFA (Cat Fanciers’ Association) menerima American Wirehair untuk pendaftaran pada 1967 dan memberikan status kejuaraan pada 1978. Pasangan Beck berhenti mengembangkan American Wirehair, kemudian juga Joan pada sekitar tahun 1970.

Karakter Kucing American Wirehair

American Wirehair menyukai perhatian dan kasih sayang manusia, setia, dan suka bermain. Kucing ini juga penyayang, cukup aktif, lembut, dan mempunyai kemiripan karakter dengan American Shorthair.

Kucing American Wirehair juga suka permainan yang interaktif. Namun di satu sisi ia tetap mandiri dan bisa bermain sendiri.

Umumnya kucing ini rukun dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain. Tenang, toleran, suka mengeong tapi tidak berisik.

Ciri Fisik

Penampilan kucing American Wirehair seperti kucing American Shorthair yang kesetrum. Bulunya, cirinya yang paling mencolok, terlihat kaku dan keriting. Tapi itulah yang membuat kucing ini jadi terlihat indah.

Bulunya terpelintir, bengkok, padat, bentuk keritingnya bukan seperti gelombang tapi lebih mengarah ke bentuk pegas. Panjang bulunya pendek-sedang kenyal/liat dan terasa kasar saat disentuh.

Ukuran badannya sedang hingga besar. Berotot dan kuat.

Referensi:

  • https://www.hillspet.co.id/cat-care/cat-breeds/american-wirehair
  • http://www.vetstreet.com/cats/american-wirehair
  • https://www.purina.com/cats/cat-breeds/american-wirehair
  • Encyclopedia of Cat Breeds, J Anne Helgren
Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 208

3 Comments

  1. Mampir ke sini setelah blog walking di #1minggu1cerita. Sukaaaa dengan kucing dan artikelnya ini sangat membantu kami memahami lebih baik. Walau banyak kucing luar yak yg dibahas. Di tempat kami ada banyak kucing kampung sih. Berkeliaran begitu.

    • Terima kasih sudah mampir. Iya mbak jenis kucingnya kebanyakan dari luar negeri tapi udah banyak juga yang masuk ke Indonesia sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.