The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Kenapa Kucing Memanjat Pohon dan Menyukai Ketinggian?

Sering terlihat kucing memanjat pohon dan tempat-tempat yang tinggi lainnya seperti tembok dan atap rumah. Bahkan kucing yang dipelihara indoor juga suka memanjat lemari, rak, kulkas, dan tempat tinggi lainnya di dalam rumah.

Kenapa kucing suka memanjat pohon dan menyukai tempat-tempat yang tinggi?

#1 Warisan Nenek Moyang

Kucing di alam liar suka memanjat pepohonan untuk berburu atau untuk pertahanan diri. Kebiasaan itu terus melekat pada kucing rumahan.

Lagipula tubuh kucing memang didesain untuk memanjat. Kaki depannya mencengkeram pohon sementara kaki belakangnya mendorong tubuhnya ke atas. Kucing juga bisa mengatur keseimbangan dengan baik di area yang sempit seperti cabang pohon.

#2 Untuk Berburu

Di alam liar kucing menggunakan tempat yang tinggi seperti pohon atau mungkin batu untuk menanti dan mengintai mangsanya. Burung-burung kecil yang hinggap di dahan juga menarik minat kucing untuk menangkapnya.

Kucing rumahan juga masih mempunyai karakter yang sama. Burung atau capung atau kupu-kupu yang hinggap di ranting bisa memicu kucing untuk memanjat pohon dan menangkap hewan tersebut. Bukan untuk berburu sungguhan tapi untuk bermain dan memuaskan insting berburunya.

Di dalam rumah pun kucing bisa tiba-tiba memanjat ke atas lemari, untuk mencoba menangkap cicak yang sedang bersantai di tembok.

#3 Untuk Pertahanan Diri

Kucing adalah hewan predator (pemangsa), tapi sekaligus ia juga diburu oleh hewan yang lebih besar seperti anjing liar, serigala, dan elang. Pohon menjadi tempat berlindung yang baik bagi kucing dari predator karena ranting dan daunnya bisa menyamarkan si kucing.

Kucing rumahan, atau kucing liar, kadang menjumpai bahaya di jalanan misalnya anjing atau manusia yang membuatnya takut. Maka ia bisa segera memanjat ke tembok terdekat, menunggu sampai bahaya itu hilang.

#4 Untuk Mengamati Lingkungan

Kucing juga suka memanjat agar bisa mengamati lingkungan sekitarnya dengan lebih baik. Posisi di ketinggian memungkinkan mereka untuk lebih mudah melihat sekitarnya.

Tapi Kucing Tidak Pandai Turun

Kucing memang pandai memanjat pohon, tapi untuk turun merupakan hal yang cukup sulit bagi mereka. Jika tempat yang dipanjatnya tidak terlalu tinggi kucing bisa turun dengan cara melompat.

Tapi kalau pohonnya tinggi kucing terpaksa turun dengan cara merayap ke bawah, dengan bagian belakang tubuhnya lebih dahulu. Mirip-mirip manusia yang turun dari pohon kelapa. Bahkan kadang kucing benar-benar tidak bisa turun dan mengeong-ngeong minta dibantu.

Sebabnya adalah karena cakar kucing melengkung ke dalam. Ketika memanjat cakar menjadi pengait yang bagus untuk mengangkat tubuh kucing ke atas. Tapi waktu turun kucing tidak bisa turun dengan kepala lebih dahulu, karena posisi itu membuat cakarnya tidak bisa mengait dengan baik.

Memanjat Bagus Untuk Kucing

Memanjat bagus untuk melatih pertahanan diri kucing, juga untuk memenuhi kebutuhannya akan aktivitas fisik. Kucing outdoor bisa memanjat pagar, tembok, atap, pohon, atau bebatuan.

Kucing indoor seringkali memanjat perabotan yang ada di dalam rumah. Kalau kamu khawatir isi rumah jadi berantakan dan rusak, kamu bisa membuatkan atau membelikan kucingmu cat tree (pohon kucing).

Beberapa produk cat tree berikut ini bisa jadi pilihan (link afiliasi):

Caspira Cat Tree Tiga Series

Caspira cat tree tiga series

Cat tree ini tingginya sekitar 140 cm. Bisa sekaligus jadi pajangan yang bagus di dalam rumah. Dikirim dalam keadaan belum dirakit dan mudah perakitannya.

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia

Beli di Bukalapak

Cavea Cat Tree

Cavea cat tree

Cat tree dari Cavea dengan warna dan desain yang cantik. Materialnya papan MDF dan sisal. Ukurannya 59x84x89 cm.

Beli di Ruparupa

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 208

One comment

  1. Bener banget mas kucing emang suka dengan ketinggian tapi kalau disekitaran rumah saya kucingnya beda, bukan suka memanjat pohon melainkan sering manjat seng/atap rumah. Apalagi kalau pas lagi larilari rasanya seperti kaya raksasa lagi jalan diatas rumah hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.