Kucing minum susu

Bolehkah Kucing Minum Susu Sapi? Apa Susu yang Tepat?

Banyak film yang saya tonton punya adegan kucing minum susu. Di novel pun digambarkan kucing diberi susu. Lebih spesifik lagi susu yang diberikan adalah susu sapi.

Dulu saya menganggap adegan-adegan itu diambil dari kenyataan, dimana kucing memang sudah biasa diberi susu sapi. Tapi lama kemudian saya bertanya, bolehkah kucing minum susu khususnya susu sapi? Bukankah di alam liar kucing secara alami tidak minum susu sapi atau susu binatang lainnya?

Ternyata Susu Sapi Tidak Bagus Untuk Kucing

Susu sapi tidak begitu menimbulkan masalah pada kucing jika kucing sangat jarang mengonsumsinya. Misalnya tidak sengaja kamu menumpahkan susu ke lantai dan kucingmu sempat menjilatnya. Masalah akan timbul jika susu sapi diberikan sebagai makanan/minuman sehari-hari.

Karena kebanyakan kucing itu lactose intolerant (intoleransi laktosa). Jadi mereka tidak mampu mencerna laktosa (gula) dalam susu dengan baik.
Untuk mencerna laktosa dibutuhkan enzim laktase. Kucing memang memproduksi enzim laktase terutama saat lahir dan di awal-awal hidupnya. Nanti produksinya semakin menurun seiring bertambahnya umur.

Jadi susu sapi tidak bagus untuk kucing, termasuk produk turunannya seperti mentega dan keju. Berlebihan meminum susu sapi bisa menyebabkan kucing diare, muntah, hilang selera makan, berat badan turun, sakit perut, dehidrasi, dan gangguan pencernaan lainnya.

Tapi Bukankah Susu Sapi Nutrisinya Bagus?

Ya, susu sapi mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral, dimana semua itu mungkin juga dibutuhkan oleh kucing. Tapi jauh lebih baik mendapatkan semua nutrisi itu dari sumber lain. Yang terbaik adalah dari makanan kucing berkualitas yang sesuai dengan kucing itu sendiri (umur, ras, dsb).

Kucing dalam siklus hidupnya mendapatkan nutrisi dari susu hanya saat ia bayi. Ia menyusu pada induknya dan setelah beberapa lama akan mulai disapih. Ketika sudah disapih penuh, anak kucing tidak butuh lagi akan susu induknya.

Jika anak kucing tidak mempunyai induk pun, misalnya induknya mati, janganlah diberi susu sapi. Banyak kok yang menjual susu khusus yang dibuat sebagai pengganti susu induk kucing. Tentunya susu seperti itu yang lebih tepat dan lebih sehat untuk anak kucing yang yatim piatu.

Apa Minuman Terbaik Untuk Kucing?

Lalu, jika tidak bagus minum susu sapi, kucing harus minum apa dong? Jawabnya: air biasa, kecuali kucingmu masih bayi dan butuh menyusu pada induknya.

Kucing butuh minum air setiap hari dalam jumlah yang cukup. Memang sih ada kucing yang kadang malas-malasan minum sehingga dikhawatirkan dia kekurangan air.

Kamu bisa mengakalinya dengan memberinya minum air yang bergerak seperti air yang mengucur dari keran atau tempat minum yang bisa memancurkan air. Air yang bergerak akan merangsang kucingmu untuk minum.

Saya sendiri menyimpulkan sepertinya kucing minum susu sapi itu salah satu mitos dari beberapa mitos yang melekat pada kucing. Diperkuat oleh gambaran di film dan cerita fiksi, mungkin dipercaya oleh sebagian orang, namun akhirnya dimentahkan oleh pengetahuan yang benar.



Comments

  1. Oalaaaaa..jadi ternyata susu sapi tuh jangan diberikan ke kucing toh? Soalnya temen2ku pada begitu, katanya biar peliharaannya sehat dan kuat wkwkwkwkw 🙂 Nanti aku infoin sama mereka deh, sebaiknya kucing2 dikasih air putih biasa aja. TFS mas. Lucu amat sih blognya cerita tentang si meong. Salam kenal ya. Btw aku pernah miara 13 kucing doeloe zaman remaja, sekarang sih ga.

    1. Setahu saya susu kambing memang lebih aman buat kucing mbak karena lactose nya lebih rendah dibanding susu sapi atau domba. Tapi tetap bukan buat menu sehari hari si kucing, ngasihnya sesekali aja. Menu harian saya sih ngasihnya dry food, air putih, wet food seminggu 1 atau 2 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap