Kucing odd eye

Kucing Odd Eye Warna Matanya Aneh, Kenapa Ya?

Fun

Kucing odd eye (bermata aneh) adalah kucing yang warna matanya memang aneh. Umumnya satu mata berwarna biru dan mata lainnya berwarna hijau, kuning, atau coklat. Kondisi itu disebut heterochromia iridis, sebuah penyimpangan genetik yang terjadi iris mata.

Ada 3 tipe heterochromia yaitu complete, sectoral, dan central. Yang paling banyak ditemui adalah complete heterochromia. Umumnya heterochromia atau odd eye ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan medis.

  1. Complete heterochromia: satu mata berwarna biru, mata satunya berwarna lain.
  2. Sectoral heterochromia: satu mata tidak berwarna biru, mata satunya berwarna campuran biru dengan warna lain.
  3. Central heterochromia: kedua mata semuanya berwarna campuran biru dengan warna lain.

Penyebab Odd Eye

Odd eye bisa didapat kucing dari orangtuanya atau karena cedera, penyakit, dan obat-obatan. Atau karena bawaan, biasanya adalah dimana satu mata memiliki melanin yang akan memberinya pigmentasi (hijau, kuning, atau coklat). Dan mata lainnya kekurangan melanin sehingga tetap berwarna biru.

Kronologinya begini, semua kucing lahir dengan dua mata berwarna biru. Ketika kucing mulai berumur 6-7 minggu melanosit mulai memproduksi melanin pada mata.

Begitu melanin makin banyak maka menyebabkan warna biru berubah menjadi hijau, kuning, atau coklat. Hal itu hanya terjadi pada satu mata sehingga mata lainnya tetap berwarna biru (complete heterochromia).

Kadang hanya sedikit melanin yang diproduksi di mata tapi tidak sampai mengubah warna mata seluruhnya. Iris mata tetap mempunyai warna biru bercampur dengan warna lain (sectoral/central heterochromia).

Jadi jelas jika jumlah melanin pada iris menentukan warna mata. Jika warna mata kucing biru berarti jumlah melaninnya lebih sedikit.

Perlu diwaspadai jika heterochromia iridis terjadi tidak di minggu-minggu awal umur anak kucing. Tetapi terjadi di umur yang lebih tua, itu kemungkinan adalah masalah yang perlu kamu konsultasikan dengan dokter hewan.

Kondisi odd eye biasanya terjadi pada kucing berwarna putih solid (putih seluruhnya) atau putih spotted (sebagian tubuhnya berbulu putih). Gen putih memang kadang mengganggu migrasi melanosit ke salah satu mata.

Kucing yang tidak berbulu putih juga bisa memiliki odd eye. Penyebabnya seringkali merupakan hasil dari perkembangan mata yang berbeda dalam embrio.

Apakah Kucing Odd Eye Mempunyai Masalah Penglihatan?

Setahu saya sih tidak, penglihatannya baik-baik saja. Tapi kucing berbulu putih yang odd eye cenderung menjadi tuli pada telinga di sisi mata yang berwarna biru, cepat atau lambat setelah ia lahir. Sedangkan kucing odd eye yang non putih kebanyakan tidak menderita ketulian.

Kucing Jenis Apa yang Banyak Mengalami Odd Eye?

Kucing Anggora, Japanese Bobtail, dan Turkish Van adalah jenis yang banyak memiliki kucing odd eye. Jenis kucing lain yang juga ditemui terjadi odd eye adalah kucing Persia, Bambino, American Curl, Selkirk Rex, Exotic, Devon Rex, Scottish Fold, Oriental, British Shorthair, Muchkin, Cornish Rex, dan Sphynx.

Referensi:

  • https://www.basepaws.com/blog/odd-eyes-in-cats-heterochromia/
  • https://www.cathealth.com/cat-health/vision/2363-why-do-some-cats-have-two-different-colored-eyes
  • https://cat-world.com/odd-eyed-cats-heterochromia/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *