The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Apakah Induk Kucing Setelah Melahirkan Boleh Dimandikan?

Apakah kamu punya kucing yang baru saja melahirkan. Kamu ingin membersihkan tubuhnya namun ragu apakah induk kucing setelah melahirkan boleh dimandikan?

Drh Fadia Adhari, dari Petologi Veterinary Center menyarankan agar kucing yang baru melahirkan dihindarkan dari hal-hal yang dapat membuatnya stres. Salah satu hal tersebut adalah dimandikan dengan air baik air hangat maupun dingin.

“Karena memandikan akan memicu stres. Sedangkan induk kucing yang melahirkan harus dibuat senyaman dan sebaik mungkin agar dapat memberikan ASI untuk anak-anaknya,” kata drh Fadia. “Sulit kalau induk nafsu makannya menurun, pasti akan mempengaruhi produksi ASI-nya juga. Dan yang pasti induk yang baru melahirkan juga rentan terhadap penyakit.”

Lalu kapan kucing boleh mandi setelah melahirkan? Secara normal kalau tidak ada kondisi khusus, induk kucing bisa dimandikan saat anak-anaknya sudah mulai bisa disapih. Atau saat anaknya sudah mulai bisa memakan makanan selain ASI induknya.

Bagaimana jika badannya sangat kotor, atau mungkin di badannya ada benda/cairan yang berbahaya baginya jika dia jilat. Misalnya ada orang jahat yang menyiramnya dengan oli bekas atau air kotor. Bolehkah kucing habis melahirkan dimandikan atau sebaiknya dilakukan tindakan lain?

Drh Fadia menjelaskan bila ada alasan medis atau alasan-alasan lain yang membahayakan induk beserta anak-anaknya maka boleh dimandikan. Dengan catatan harus diperiksakan terlebih dahulu ke dokter hewan agar bisa diberikan penanganan yang tepat. Yang harus dipastikan sebelum memandikan induk kucing adalah kondisi yang layak.

Teknik atau cara memandikannya sama seperti memandikan kucing pada umumnya. Yang harus diperhatikan ketika ingin memandikan kucing yang dalam kondisi menyusui adalah area perut bagian bawah. Area tersebut lebih kotor karena anak-anak kucing masih menyusu.

Bila induk kucing sebelumnya sudah rutin dimandikan maka bisa menggunakan metode mandi kering. Yaitu hanya membersihkan telinganya, memotong kukunya, dan disisir rambut atau bulunya.

Terkait dengan bolehkah memandikan kucing setelah melahirkan, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa anak kucing yang baru lahir tidak bisa melihat. Dan anak kucing mengandalkan penciuman untuk menemukan induknya untuk menyusu. Sehingga menurut mereka memandikan induk kucing akan merusak bau badan induk kucing dan membingungkan anaknya.

“Betul, anak-anak kucing atau kitten yang baru lahir yang paling pertama digunakan adalah indra penciumannya,” jelas drh Fadia. “Namun teori memandikan si induk kemudian menjadi wangi lalu membingungkan si anak-anak kucing menurut saya hanya teori sebagian orang saja, jadi tidak sepenuhnya benar.”

Drh Fadia Adhari berpraktek di klinik hewan Petologi Veterinary Center di kawasan Bintaro. Kamu bisa mengontak Petologi melalui IG @petologivetcenter atau WA di 08119152506.

Keistimewaan klinik Petologi di antaranya sudah memiliki fasiltas fisioterapi dan rehabilitasi. Yang terdiri dari laser therapy, ultrasound therapy, TENS therapy, magnet therapy, dan walking exercise.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 208

Leave a Reply

Your email address will not be published.