Makanan kucing Persia

Review 5 Makanan Kucing Persia Terbaik

Persia termasuk kucing yang paling populer di Indonesia. Dia banyak dipelihara karena penampilannya yang cantik dan karakternya yang manis.

Kucing Persia cenderung hanya sayang pada orang yang terdekat dengan dirinya. Sehingga membuat pemiliknya merasa diistimewakan.

Untuk menjaga kesehatan dan vitalitas kucing Persia, salah satu yang penting diperhatikan adalah makanannya. Di tulisan ini kamu akan menemukan apa saja makanan kucing Persia terbaik (pabrikan), dan mana yang paling sesuai dengan budget-mu.

Quick Comparison: 5 Makanan Kucing Persia Terbaik

Orijen Cat & KittenDry Food

Orijen Cat & Kitten

Royal Canin Adult PersianDry Food

Royal Canin Adult Persian

Royal Canin Adult Persian WetWet Food

Royal Canin Adult Persian Wet

Royal Canin Kitten PersianDry Food

Royal Canin Kitten Persian

equilibrio adult long hairDry Food

Equilibrio Adult Longhair

Apakah Kucing Persia Perlu Makanan Khusus?

Tidak harus. Kucing Persia akan baik-baik saja jika ia makan makanan kucing seperti pada umumnya.

Saya tidak tahu pasti, namun saya pikir sistem pencernaan setiap kucing barangkali sama. Kebutuhan nutrisinya juga kurang lebih sama, dengan sedikit perbedaan di sana-sini.

Secara garis besar makanan kucing yang baik adalah yang tinggi kandungan proteinnya, sedang kandungan lemaknya, dan rendah kandungan karbohidratnya.

Namun saya pribadi, yang juga memiliki kucing Persia, lebih memilih makanan kucing yang khusus untuk Persia atau kucing longhair.

Alasannya:

  1. Lebih praktis.
  2. Kibble-nya (butirannya) mempunyai bentuk yang mudah diambil dan dimakan oleh kucing berwajah rata dan berdagu pendek seperti Persia.
  3. Mempunyai nutrisi yang khusus untuk kucing berbulu panjang.
  4. Mencegah terjadinya hairball di pencernaan kucing.

Review Singkat 5 Makanan Untuk Kucing Persia Kering dan Basah

#1 Orijen Cat & Kitten (Dry)

Orijen Cat & KittenNutrisi: Crude protein, fat content, crude ash, crude fiber, moisture, calcium, phosphorus, magnesium, taurine, omega-3 fatty acids, omega-6 fatty acids, DHA (docosahexaenoic acid), EPA (eicosapentaenoic acid).

Bahan: daging ayam segar, daging kalkun segar, telur segar, hati ayam segar, ikan flounder segar, ikan herring segar, hati kalkun segar, jantung ayam segar, ikan makarel, ikan sarden, buncis, labu, wortel, kunyit, dan lain-lain.

ORIJEN Cat & Kitten sesuai namanya bisa untuk anak kucing maupun kucing dewasa. Cocok untuk kucing pada umumnya termasuk kucing jenis Persia.

Mengandung protein yang kaya nutrisi dari ayam dan kalkun, ikan hasil tangkapan liar, dan telur. Dua pertiga dari bahan baku hewaninya segar dan mentah.

Hal itu menjadikan ORIJEN makanan yang ideal bagi kucing karena kucing membutuhkan protein hewani. Kucing sangat membutuhkan makanan dari bahan-bahan hewani.

ORIJEN juga menggunakan seluruh bagian tubuh hewan termasuk daging, organ, tulang rawan, dan tulang. tentunya sesuai dengan pola makan kucing di alam liar. Sehingga kucing benar-benar mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tetap bahagia, sehat, dan kuat .

#2 Royal Canin Adult Persian (Dry)

Royal Canin Adult PersianNutrisi:

  • Protein 30%, fat content 22%, crude fiber 4,7%.
  • Vitamin A, D3, E1, E2, E4, dan lain-lain.

Bahan:

  • Dehydrated poultry protein, rice, animal fats.
  • Maize floure, vegetable protein isolate.
  • Vegetable fibres, hydrolysed animal proteins.
  • Maize, fish oil, dan lain-lain.

Royal Canin Persian Adult ini diformulasikan khusus untuk kucing Persia. Bentuk kibble-nya sedemikian rupa sehingga mudah diambil oleh kucing bermoncong pendek seperti Persia.

Makanan ini juga bagus untuk kesehatan kulit yang akan berimbas pada kesehatan bulu. Cocok untuk kucing Persia yang berbulu panjang dan lebat.

Kucing yang berbulu panjang berpotensi memuntahkan hairball, bulu yang tertelan di pencernaannya. Royal Canin Persian Adult mampu mengurangi terbentuknya hairball, dengan cara menstimulasi pencernaan menggunakan berbagai jenis serat sehingga bulu mudah keluar bersama kotoran.

#3 Royal Canin Adult Persian (Wet)

Royal Canin Adult Persian WetNutrisi:

  • Protein, fat content, crude fiber.
  • Vitamin D3, E1, E2, E4, dan lain-lain.

Bahan:

  • Meat and animal derivatives.
  • Fish and fish derivatives.
  • Cereals, minerals.
  • Oils and fats, yeasts, dan lain-lain.

Royal Canin Persian Adult ini diformulasikan khusus untuk kucing Persia. Bentuk kibble-nya sedemikian rupa sehingga mudah diambil oleh kucing bermoncong pendek seperti Persia.

Makanan ini juga bagus untuk kesehatan kulit yang akan berimbas pada kesehatan bulu. Cocok untuk kucing Persia yang berbulu panjang dan lebat.

Kucing yang berbulu panjang berpotensi memuntahkan hairball, bulu yang tertelan di pencernaannya. Royal Canin Persian Adult mampu mengurangi terbentuknya hairball, dengan cara menstimulasi pencernaan menggunakan berbagai jenis serat sehingga bulu mudah keluar bersama kotoran.

#4 Royal Canin Kitten Persian (Dry)

Royal Canin Kitten PersianNutrisi:

  • Protein, fat content, crude fiber, NFE.
  • Vitamin A, D3, E, E1, E2, E4, dan lain-lain.

Bahan:

  • Dehydrated poultry protein, animal fats.
  • Rice, vegetable fibres, beet pulp.
  • Fish oil, soya oil, minerals, dan lain-lain.

Royal Canin Persian Kitten diperuntukkan bagi anak kucing usia 2-12 bulan. Mempunyai nutrisi yang mendukung pertumbuhan bulu agar panjang dan sehat.

Bentuk kibble didesain sesuai dengan bentuk kepala dan rahang anak kucing Persia. Teksturnya lembut sehingga mudah dikunyah.

Makanan kering ini membantu melancarkan pencernaan dan menunjang sistem imun anak kucing. Mengandung protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan kandungan serat yang seimbang. Dilengkapi dengan prebiotik untuk memelihara keseimbangan flora usus.

#5 Equilibrio Adult Longhair (Dry)

equilibrio adult long hairNutrisi:

  • Crude protein, mineral, kalsium, fosfor, sodium potasium.
  • Vitamin A, B12, C, D, E, dan lain-lain.

Bahan:

  • Unggas, ikan, daging ayam, telur.
  • Beras, lemak ayam, yeast.
  • Fish oil, soybean oil, mineral oil, dan lain-lain.

Formula Equilibrio Adult Longhair mampu mengontrol pH kencing kucing, membantu menjaga kesehatan saluran kencing. Bahan-bahannya mempunyai kemampuan mencegah terbentuknya hairball di pencernaan. Omega 3 dan 6 menjaga kesehatan bulu dan kulit.

Makanan kering ini khusus untuk kucing berbulu panjang, sehingga cocok juga untuk kucing Persia.

Dan Makanan Kucing Persia yang Terbaik Adalah…

Kita sebagai pemilik kucing mesti memilih makanan terbaik ditinjau dari bahan, kandungan nutrisi, dan kelebihannya. Tapi pada akhirnya kembali ke kucing kita juga, pilihan kita belum tentu disukai oleh kucing. Misalnya kucing saya yang juga Persia, dari beberapa merk yang pernah saya berikan padanya, dia paling suka dan paling lahap makan Equilibrio.

Faktor lainnya adalah kemampuan keuangan kita. Bagi saya Equilibrio harganya terjangkau sehingga saya mampu membelinya terus-menerus. Jujur saya belum pernah beli Royal Canin apalagi Orijen, karena masih belum terjangkau harganya oleh saya.

Mungkin nanti kalau earning blog ini sudah bagus saya bakal mencoba Orijen dan Royal Canin. Ingin tahu sih kucing saya paling suka yang mana.

Sumber gambar/foto dan referensi:

  • https://orijen.ca/en_CA
  • https://royalcanin.id/
  • https://www.equilibriototalalimentos.com.br/


Comments

  1. aku taunya wiskas hehe
    cuma adikku yang suka kucing dulu pernah kasih makan kucingnya yang equiriblo
    iya aku ingat kemasannya
    tapi kucingnya adikku enggak pure persia hasil hubungan gelap sama kucing kampung jadi ya gabegitu doyan
    lama lama ya dikasih ikan asin hehe

    1. Nasi emang aman diberikan ke kucing karena bukan termasuk makanan yang beracun bagi kucing. Tapi kalau makannya nasi mulu dikhawatirkan kucing bakal kekurangan nutrisi. Kucing butuh banget protein hewani untuk tumbuh dan berkembang. Apalagi kitten, sebaiknya jangan diberi nasi karena sedang masa pertumbuhan. Makasih ya udah mampir di blog ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *