Pertumbuhan anak kucing

Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Kucing dari 0-1 Tahun

Berikut garis besar perkembangan dan pertumbuhan anak kucing dari baru lahir hingga usia 1 tahun.

Baru Lahir

Anak kucing yang baru lahir mata dan telinganya tertutup, tidak bisa berdiri, ia sangat bergantung pada induknya. Dia akan menemukan puting susu induknya dari baunya dan mulai menyusu. Ia tidak dapat mendengar dan melihat, menjelajahi dan mengenali sekitarnya melalui bau.

Tidak memiliki gigi, dan warna gusi, hidung, telapak kaki merah muda cerah, cakarnya tidak bisa ditarik ke dalam. Belum memiliki kemampuan termoregulasi (kemampuan merespon suhu). Tali pusar akan lepas dengan sendirinya sekitar usia 4-5 hari.

Anak kucing tidur hampir sepanjang hari. Ia belum bisa berjalan dan bergerak dengan cara merangkak. Bayi yang sehat akan menggeliat dan mengeong jika dipegang.

Sangat penting untuk menjaga agar anak kucing tetap hangat dan stabil. Berat rata-rata 50-150 gram.

1 Minggu

Mata masih tertutup dan tali pusar sudah lepas, namun belum punya gigi dan cakarnya masih tidak bisa ditarik. Saluran telinga perlahan mulai terbuka dan telinganya akan sedikit terbuka.

Badannya sudah lebih besar dari bayi kucing yang baru lahir, sebagian besar masih tidak terkoordinasi dan akan tidur hampir sepanjang hari. Saat ini ia sudah bisa menegakkan kepala, bergerak dengan menggoyangkan anggota badan, dan aktif serta bersuara jika dipegang.

Sangat penting untuk menjaga kehangatan anak kucing. Berat rata-rata 150-250 gram.

2 Minggu

Kapan anak kucing bisa melihat? Kapan anak kucing bisa jalan? Di usia 2 minggu.

Mata anak kucing akan terbuka untuk pertama kalinya, namun penglihatannya masih kabur dan tidak bisa melihat jarak jauh. Terbukanya mata terjadi secara perlahan-lahan dan prosesnya butuh beberapa hari sampai terbuka penuh.

Satu mata mungkin terbuka lebih cepat dari mata yang lain, jangan dipaksa dibuka, biarkan terbuka sendiri secara alami. Kebanyakan anak kucing lahir dengan mata biru muda, lalu akan berubah warnanya seiring bertambahnya usia.

Koordinasi anggota badan lebih bagus, ia mulai berdiri dan berjalan dengan langkah-langkah goyah. Mulai menunjukkan rasa ingin tahu pada lingkungan sekitar. Namun belum bisa bermain, serta menghabiskan sebagian besar waktu untuk tidur.

Saluran telinganya terbuka dengan telinga berbentuk kecil dan bulat. Giginya masih belum tumbuh dan cakarnya masih tidak bisa ditarik ke dalam.

Berat rata-rata 250-350 gram. Bisa mulai diberi pengobatan cacing.

3 Minggu

Matanya sudah menjadi lebih biru, telinga kecilnya mulai mengarah ke atas. Penglihatan dan pendengaran anak kucing perlahan semakin bagus.

Gigi pertama mulai muncul. Gigi kecil di bagian depan mulut, gigi seri, akan mulai keluar dari gusi. Perlahan anak kucing mulai bisa menarik cakarnya ke dalam.

Anak kucing akan berjalan-jalan, menjelajahi lingkungannya, dan mulai menjelajahi litter box. Ia juga mulai penasaran dengan mainan kucing, meski belum bisa berlari dan mengejar benda bergerak.

Di usia ini ia masih sering tidur dan mulai melakukan grooming sendiri. Koordinasi anggota badan meningkat pesat.

Berat rata-rata 350-450 gram. Mulailah perkenalkan anak kucing dengan litter box.

4 Minggu

Penglihatan dan pendengaran anak kucing meningkat. Giginya terus berkembang, gigi taring di sebelah gigi seri mulai tumbuh. Cakarnya sudah bisa ditarik.

Ia sudah percaya diri menjelajahi lingkungan. Koordinasinya sudah lebih bagus yang memungkinkannya untuk berjalan, berlari, dan mulai bermain.

Dengan meningkatnya indra, anak kucing jadi lebih responsif dan bereaksi terhadap pemandangan dan suara di lingkungannya. Grooming masih terbatas tetapi terus meningkat. Ia sudah mulai menggunakan litter box dan mulai makan makanan basah.

Berat rata-rata 450-550 gram. Mulailah perkenalkan anak kucing dengan mainan.

5 Minggu

Gigi anak kucing terus berkembang, gigi premolarnya mulai tumbuh. Mata menjadi biru dan telinganya tumbuh meruncing.

Anak kucing sudah berlari dan bermain dengan percaya diri. Ia mulai bersosialisasi dengan manusia dan hewan lainnya. Kemampuan grooming-nya meningkat begitu juga kemampuannya menggunakan litter box.

Berat rata-rata 550-650 gram. Jika sehat proses penyapihan bisa dimulai.

6 Minggu

Gigi mencapai tahap akhir perkembangan awal, gigi geraham mulai muncul. Matanya masih tetap biru, penglihatan dan pendengaran berkembang sepenuhnya.

Anak kucing sudah bersosialisasi dengan percaya diri dengan kucing sebayanya. Mereka bermain berkelahi, menerkam, dan membela diri. Anak kucing juga akan penasaran dengan lingkungan sekitar dan ingin sekali menjelajah.

Kemampuan grooming semakin bagus. Bisa melompat dari tempat agak tinggi dan mendarat dengan baik. Berat rata-rata 650-750 gram.

Anak kucing harus menerima makanan basah yang cukup jika ia disapih. Selalu sediakan air, makanan, dan litter box dengan pasir yang dangkal setiap saat.

Anak kucing saat ini sebaiknya diberi vaksin pertama untuk melindunginya dari virus. Vaksinasi ini sangat penting, karena penularan penyakit berbahaya bisa terjadi akibat kucing tidak divaksin.

7 Minggu

Semua gigi susu akan tumbuh. Warna mata mengalami perubahan dan warna mata dewasa mulai terlihat. Testis anak kucing jantan akan mulai turun.

Anak kucing akan mengalami lonjakan energi. Tidurnya berkurang dan waktu bermain bertambah. Ia sudah dapat berlari, memanjat, dan melompat dari tempat agak tinggi dengan percaya diri.

Berat rata-rata 750-850 gram. Makanan basah mulai diselingi sedikit makanan kering untuk suplemen.

8 Minggu

Anak kucing sudah jauh lebih banyak bergerak dan koordinasinya juga jauh lebih baik. Energik dan mandiri, kelincahan dan koordinasi berkembang hampir sepenuhnya.

Mata sepenuhnya beralih ke warna dewasa dan bentuk telinganya sudah proporsional. Berat rata-rata 850-950 gram.

3 Bulan

Anak kucing sudah siap dipisahkan dari induknya. Kemungkinan di rentang usia ini ia mulai scratching dan menandai lingkungannya dengan baunya.

4 Bulan

Hingga usia 16 minggu penting untuk tetap membiasakan anak kucing dengan tempat makan minumnya dan litter box. Juga membiasakannya dengan seluruh anggota keluarga di rumah dan lingkungan rumah. Kamu bisa mulai grooming anak kucingmu di rentang usia ini.

5 Bulan

Pada usia ini koordinasi anak kucing sudah meningkat dan ia akan dapat menerkam serta bermain dengan mainan dengan lebih efektif. Anak kucing mulai kehilangan gigi susunya. Konsultasikan pada dokter hewan apakah steril sudah bisa dilakukan.

6 Bulan

Pertumbuhan anak kucing akan mulai melambat cukup banyak dan gigi dewasanya akan mulai muncul. Kebutuhannya untuk menjelajahi sekelilingnya akan meningkat.

8 Bulan

Pada usia sekitar 7-8 bulan anak kucing sudah hampir dewasa. Namun sebagian jenis kucing baru dewasa penuh setelah usia sekitar 3 tahun. Di rentang usia ini kucing umumnya sudah mencapai kematangan seksual dan sebaiknya sudah disteril.

12 Bulan

Anak kucing sekarang sudah dewasa dan setelah ini dia sudah menjadi kucing, bukan anak kucing lagi. Dia akan jauh lebih mandiri.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *