Makanan

Review Makanan Kucing Hills Science Diet Wet Food & No Pork Dry Food

Makanan yang kita berikan ke kucing bisa mengubah mereka dari dalam. Perubahannya bisa baik atau buruk tergantung dari kualitas makanannya. Itulah pesan yang saya tangkap saat menulis review makanan kucing Hills Science Diet ini.

Hill’s Science Diet berasal dari Amerika Serikat, diproduksi oleh perusahaan yang berpengalaman dalam nutrisi hewan peliharaan sejak 1939. Diformulasikan oleh lebih dari 220 dokter hewan, ahli pangan, dan ahli gizi. Bahkan 450 ekor kucing dan 450 ekor anjing turut berperan dalam penelitian nutrisi.

Tapi jangan bayangkan ratusan hewan itu berada dalam kerangkeng-kerangkeng kecil di laboratorium. Di Hill’s Pet Nutrition Center mereka diperlakukan dengan sangat baik. Tonton video di bawah ini, tempat tinggal mereka bahkan jauh lebih baik dibanding rumah saya hahaha.

Makanan kucing Hill’s dibuat dari bahan-bahan berkualitas yang telah melewati proses seleksi ketat. Untuk Hill’s Science Diet dry food 100% tidak mengandung babi ataupun produk turunannya. Namun sebagian wet food masih mengandung pork.

Nutrisi Untuk Kucing Harus Lengkap dan Seimbang

Hill’s memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang dari usia kitten, dewasa hingga usia senior 7+. Hills juga sudah teruji secara klinis dapat meningkatkan imun tubuh dengan Hill’s Anti-Oxidant Technology sangat cocok untuk menaikkan imun tubuh sehingga kucing tidak mudah sakit.

Makanan kucing Hills mengandung nutrisi berikut:

Protein agar otot kucing kuat dan mereka bisa tumbuh berkembang dengan baik. Kekurangan protein menyebabkan pertumbuhan kucing terganggu, sedangkan jika kelebihan ginjal bisa stress dan jika kucing sebelumnya sudah sakit ginjal maka sakitnya itu akan makin parah.

Lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit dan bulu. Kekurangan lemak bisa membuat bulu kucing kusam dan kulitnya mudah terkelupas, jika kelebihan maka berat badan kucing akan naik dan bisa obesitas yang akhirnya bisa membuat kucing menderita diabetes.

Sodium untuk menjaga cairan tubuh kucing tetap seimbang, menyehatkan fungsi saraf dan otot. Kurangnya sodium akan menganggu keseimbangan cairan tubuh, anoreksia (hilang nafsu makan), juga menyebabkan kucing kelelahan dan rontok rambutnya. Jika berlebihan bisa mengakibatkan kucing kejang, sembelit, terganggu jantungnya, dan hipertensi.

Fosfor yang seimbang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi kucing. Apabila kebutuhan fosfor kucing tidak tercukupi dapat menyebabkan pertumbuhan yang buruk serta bulu yang kusam. Namun kelebihan fosfor pada kucing juga justru tidak baik karena dapat menyebabkan tulang mudah keropos, jaringan lunak mengalami pengerasan dan kelebihan hormon paratiroid (hiperparatiroidisme).

Vitamin dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu apabila kebutuhan vitamin tidak terpenuhi maka dapat menyebabkan anoreksia, pertumbuhan yang terganggu hingga rickets, yaitu kalsium gagal disimpan ke dalam tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga mudah patah.

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat sehingga kesehatan tulang lebih terjaga. Kelebihan vitamin bagi kucing juga berdampak tidak baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan hiperkalsemia yaitu kondisi tubuh menyerap mineral kalsium melebihi kapasitas normalnya dan berpotensi mengalami kelainan bentuk tulang.

Kalsium dan mineral berfungsi membentuk tulang dan gigi yang kuat. Namun jika kekurangan bisa menyebabkan tubuh kucing lemah dan patah tulang spontan. Jika berlebihan mineral bisa mengendap dan membentuk batu di kandung kemih.

Serat sangat baik untuk sistem pencernaan yang sehat bagi kucing, kekurangan serat dapat menimbulkan feses terlalu lunak. Namun, serat berlebih juga berdampak tidak baik karena dapat menyebabkan kucing sembelit dan mengalami masalah pencernaan lainnya.

Magnesium bagus untuk kesehatan jantung, sistem saraf, dan tulang. Dimana jika kucing kekurangan magnesium akan menyebabkan anoreksia, pertumbuhan yang terhambat, dan lemahnya otot. Magnesium yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan batu kandung kemih.

Produk Makanan Kucing Hill’s Science Diet

Makanan kucing Hill’s Science Diet bisa dibagi menjadi tiga kategori. Yaitu lifestage yang berkaitan dengan fase usia kucing, lifestyle yang berkaitan dengan gaya hidup kucing, dan lifecare yang berkaitan dengan tujuan perawatan tertentu.

Lifestage

Memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang sesuai dengan usia kucing.

Hill’s Science Diet Kitten

Diformulasikan untuk anak kucing usia 3 minggu – 1 tahun. Namun juga bagus untuk induk kucing yang hamil dan menyusui.

Mengandung DHA yang berasal dari minyak ikan. Juga mineral yang optimal untuk kesehatan dan pembentukan otak dan retina mata, serta perkembangan tulang. Kandungan antioksidannya berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Hills science diet kitten

Hill’s Science Diet Kitten dry food chicken 4 kg

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia


Hill’s Science Diet Adult

Diformulasikan untuk kucing usia 1-6 tahun. Bisa membuat kulit kucing sehat dan bulunya berkilau cemerlang, juga mengandung antioksidan. Bagus dan aman untuk sistem pencernaan kucing karena makanan ini mudah dicerna.

hills science diet adult

Hill’s Science Diet Adult dry food 4 kg

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia

Hill’s Science Diet Adult dry food 9,07 kg

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia


Hill’s Science Diet Adult 7+

Diformulasikan untuk kucing usia 7 tahun ke atas termasuk untuk kucing usia senior (lansia). Mempunyai kandungan mineral seimbang yang bagus untuk hati dan ginjal.

Nutrisinya selain mudah dicerna juga mampu memberi energi bagi kucing yang tua usianya. Tak kalah penting adalah mempunyai aroma ayam yang lezat sehingga disukai kucing. Karena percuma jika nutrisinya bagus tapi kucing tidak mau makan.

Hill’s Science Diet Adult 7+

Hill’s Science Diet Adult 7+ dry food 1,5 kg

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia


Lifestyle

Nutrisinya didesain untuk kebiasaan hidup kucing yang berbeda-beda.

Hill’s Science Diet Adult Indoor

Diformulasikan untuk kucing yang sudah menginjak usia 1-6 tahun dan lebih sering menghabiskan aktivitasnya di dalam rumah. Hill’s Science Diet Feline Adult indoor ini mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta mengontrol bau feses kucing supaya tidak terlalu menyengat di dalam rumah.

Tidak hanya itu, Hill’s Science Diet Feline Adult Indoor juga mampu menjaga berat badan kucing supaya tidak mudah obesitas. Kandungan antioksidan di dalamnya juga sudah terbukti secara klinis dapat menjaga sistem imun tubuh tetap baik sehingga tidak mudah sakit.

Hill’s Science Diet Adult Indoor

Hill’s Science Diet Adult Indoor dry food 1,58 kg

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia


Hill’s Science Diet Adult Light

Diformulasikan untuk kucing usia 1-6 tahun yang aktivitasnya rendah, atau sudah disteril (dikebiri), atau kucing yang kegemukan. Karena itu kalorinya lebih rendah dibanding varian lain dan mengandung L-Carnitine yang membantu kucing mencapai berat ideal.

Kandungan protein dan serat berkualitas akan mengurangi rasa lapar kucing di antara waktu makannya. Selain itu juga ada omega 6 dan vitamin E agar kulit kucing sehat dan bulunya indah menawan.

Hill’s Science Diet Adult Light

Hill’s Science Diet Adult Light dry food 2 kg

Beli di Shopee


Lifecare

Nutrisinya disesuasikan dengan perawatan tertentu yang dibutuhkan oleh kucing.

Hill’s Science Diet Adult 7+ Youthful Vitality

Diformulasikan untuk kucing yang sudah menginjak usia 7 tahun keatas supaya energi dan vitalitas tetap terjaga dengan baik. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah disesuaikan untuk mendukung kesehatan sistem imun, fungsi otak dan pencernaan kucing yang sudah memasuki usia senior.

Hill’s Science Diet Adult 7+ Youthful Vitality

Hill’s Science Diet Adult 7+ Youthful Vitality dry food 1,36 kg

Beli di Shopee


Hill’s Science Diet Adult Hairball Control

Diformulasikan untuk kucing dewasa usia 1-6 tahun yang mempunyai masalah hairball. Mudah dicerna dan serat alaminya mampu mengurangi pembentukan hairball dan membuat kucing tetap nyaman.

Mempunyai asam lemak omega 6 dan vitamin E yang membuat kulit dan bulu kucingmu sehat cemerlang. Mengandung antioksidan, fosfor untuk kesehatan ginjal, dan taurin untuk kesehatan jantung.

Hill’s Science Diet Adult Hairball Control

Hill’s Science Diet Adult Hairball Control dry food 2 kg

Beli di Shopee

Beli di Tokopedia


Hill’s Science Diet Adult Oral Care

Diformulasikan untuk kesehatan gigi dan mulut kucing usia 1-6 tahun. Namun nutrisi lainnya juga seimbang dan tepat sehingga bagus diberikan ke kucing untuk sehari-hari. Jadi ini bisa dibilang makanan kucing harian dengan tambahan untuk perawatan gigi dan mulut.

Serat yang saling terkait berfungsi membersihkan gigi sehingga nafas kucing juga lebih segar. Sudah terbukti secara klinis mengurangi plak dan pembentukan tartar di gigi kucing.

Dan jangan khawatir dengan salah satu sumber keindahan kucing yaitu bulunya. Karena kandungan vitamin dan asam lemak omega 6 akan membuat kulit kucingmu sehat dan bulunya berkilau indah.


Hill’s Science Diet Adult Sensitive Stomach & Skin

Diformulasikan untuk kucing usia 1-6 tahun terutama yang pencernaan dan kulitnya sensitif. Ini juga sama bisa untuk makanan kucing sehari-hari karena nutrisinya mencukupi dan seimbang juga mudah dicerna. Serta mengandung asam omega 6 dan vitamin E untuk kulit sehat dan bulu yang aduhai.

Pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan kucing akan dirangsang oleh prebiotic fiber. Karena prebiotik ini adalah makan bagi bakteri baik itu.

Hill’s Science Diet Adult Sensitive Stomach & Skin

Hill’s Science Diet Adult Sensitive Stomach & Skin dry food 1,58 kg

Beli di Shopee


Hill’s Science Diet Patut Dicoba Nih

Saya sendiri jujur belum pernah memberi kucing saya makanan dari Hill’s. Salah satunya karena harganya agak lebih tinggi dari makanan kucing yang biasa saya beli.

Tapi setelah mengetahui segala kelebihannya saya jadi pengen banget memberi kucing saya Hill’s cat food. Harga sudah tidak saya permasalahkan karena sebanding dengan kualitasnya.

Bukankah makanan yang baik akan membuat kucing berpotensi memiliki umur yang panjang dan sehat? Tentu saya ingin sekali saya dan kucing saya bisa saling menemani dalam waktu yang lama dan menyenangkan.

Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.