Suara kucing serak atau hilang

Suara Kucing Serak atau Hilang, Apa Penyebabnya?

Salah satu asyiknya punya kucing adalah mendengar suara ngeongnya yang manis, yang manja. Namun suatu hari suara ngeong itu bisa saja berubah. Suara kucing tiba-tiba serak atau bahkan hilang, kenapa ya?

Penyebab Kucing Suaranya Serak atau Hilang

Mengeong Berlebihan

Mengeong terus-menerus mengganggu laring kucing, membuatnya suaranya terdengar serak atau malah kehilangan suara. Kucing yang terus mengeong tidak seperti biasanya, mungkin sedang stress. Itu adalah reaksinya terhadap sesuatu yang baru, mungkin perubahan rutinitas atau adanya hewan peliharaan baru, pindah rumah baru, atau anggota keluarga baru.

Penyebab Psikologis

Perubahan yang terjadi di rumah juga bisa menyebabkan kucing menjadi pendiam. Suaranya tidak hilang, dia hanya tidak mau mengeong karena mungkin gugup atau stress.

Trauma juga bisa menyebabkan kucing tidak mau mengeong. Misalnya kucingmu suatu hari mengeong keras dan tetanggamu yang jahat merasa terganggu dan memukulnya dengan gagang sapu. Kucingmu bisa saja menjadi takut untuk mengeong, karena khawatir jika mengeong dia akan dipukul lagi.

Laringitis

Menurut Hellosehat.com laringitis adalah membengkaknya pita suara sehingga mengakibatkan suara jadi serak. Udara yang melewati pita suara yang meradang menyebabkan suara yang keluar menjadi serak.

Seperti manusia kucing pun bisa menderita laringitis yang menyebabkan suaranya hilang atau parau. Jika kucing hanya serak dan tidak ada tanda-tanda sakit lain, kemungkinan suaranya akan kembali normal dalam beberapa hari.

Laryngeal Paralysis

Ketika terjadi kerusakan syaraf pada laring atau kotak suara, maka akan menghalangi kucing bernafas atau mengeong dengan normal. Ini adalah kondisi serius yang memerlukan penanganan medis segera. Gejala yang menyertainya meliputi batuk, penurunan berat badan, sulit makan dan sulit bernapas.

Hyperthyroidism

Hyperthyroidism atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif, adalah penyakit umum pada kucing berumur tua yang dapat menyebabkan suara serak seiring dengan penurunan berat badan. Bawalah ke dokter hewan jika kamu khawatir kucingmu menderita penyakit ini, agar tes darah dapat dilakukan.

Kanker dan Semacamnya

Suara serak juga bisa disebabkan oleh polip, kanker, dan tumor yang ada di mulut, pita suara, atau tenggorokan kucing. Masalah kesehatan tersebut juga bisa menyebabkan hilangnya suara kucing. Efek lain adalah bisa terjadi infeksi telinga dan masalah pernafasan.

Rabies

Rabies juga sering menyebabkan suara kucing menjadi serak. Jika ada kemungkinan kucingmu telah berinteraksi dengan hewan yang terkena rabies, bawa ke dokter hewan segera untuk diperiksa lebih lanjut.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi saluran pernafasan atas, yang sering menyebabkan laringitis, dapat menyebabkan suara serak. Jika kucing juga menunjukkan tanda hidung berair, mata berair, terengah-engah, kejang, sesak nafas, lesu, bersin, batuk, hilang nafsu makan; keluar cairan kuning atau hijau dari mulut, mata atau hidung, bawa ke dokter hewan.

Di antara penyakit pernapasan atas yang paling umum terjadi pada kucing adalah herpes kucing. Pilek, alergi, calicivirus, dan masalah pernapasan serupa lainnya dapat dengan mudah menyebabkan hilangnya suara kucing secara tiba-tiba.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Jika Suara Kucing Serak/Hilang?

Dari yang saya baca, disarankan jika suara kucing serak atau hilang lebih dari 2 hari, bawalah kucing ke dokter hewan. Memang mungkin suara kucing bisa sembuh sendiri, tapi saya lebih memilih memeriksakannya ke klinik.

Siapa tahu tenggorokannya infeksi, nanti biar dokter memberi kucing antibiotik misalnya atau obat lain. Maka dari itu perhatikan juga tanda lainnya, mungkin kucing selera makan minumnya turun, atau tanda sakit lainnya.

Jika kata dokter ternyata tidak ada penyakit, nah mungkin penyebabnya psikologis. Tinggal dicari tahu apa yang membuat kucing enggan mengeong, lalu bereskan masalahnya.

Referensi:

  • https://www.petplace.com/article/cats/vet-qa-parent/cat-hoarse-crackly-meow/
  • https://pets.thenest.com/can-cats-become-hoarse-constant-meowing-12205.html
  • https://www.petbucket.com/blog/63246/6-reasons-why-your-cat-has-lost-their-meow.html
  • https://www.catological.com/help-cat-cant-meow/



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap