Tanda kucing menyayangi kita

18 Tanda Kucing Menyayangi Kita

Kita ingin disayang oleh kucing kita, ya kan? Kita memelihara, merawat, menyayangi, dan jatuh hati pada kucing kita. Rasanya hati seakan patah kalau kucing tidak balik menyayangi kita.

Kucing tidak bisa berbicara, mereka mengeong dan menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan perasaannya. Diantara bahasa tubuh itu, sebagiannya adalah tanda kucing menyayangi kita.

  1. Menyentuhkan dahinya dengan pelan padamu

Saya suka sekali kalau kucing saya melakukan ini, rasanya nyaman dan menyenangkan. Dahi kucing disentuhkan atau digosokkan ke bagian tubuhmu misalnya tangan, wajah, atau bagian lainnya. Hal ini hanya dilakukan kucing pada orang yang dianggapnya istimewa.

  1. Menyambutmu di pintu

Pulang dari bepergian dan begitu membuka pintu kamu melihat kucingmu antusias menyambutmu. Itu juga tanda kalau kucingmu menyukaimu. Harimu yang lelah pun menguap, melihat teman kesayanganmu menantikanmu penuh cinta.

  1. Menggosokkan pipinya padamu

Kucing suka menggosokkan pipinya pada benda-benda di teritorialnya. Ia mengeluarkan minyak/keringat dari kelenjar wajahnya dan meninggalkan baunya pada benda-benda itu. Jika kucing melakukannya padamu, itu semacam klaim bahwa kamu adalah miliknya.

  1. Menggigitmu pelan

Kucing saling menggigit satu sama lain untuk menunjukkan kasih sayang. Gigitan yang pelan dan tidak menyakitkan. Jadi kalau kucingmu menggigitmu seperti itu, jangan kaget, dia suka kamu.

  1. Mengeong

Kucing jarang mengeong satu sama lain. Kucing juga tidak suka mengeong pada orang yang tidak dia sukai. Kucing yang mengeong-ngeong padamu menunjukkan dia suka berinteraksi denganmu.

  1. Menggerakkan ujung ekor

Jika kucingmu mendekatimu dengan ekor yang terangkat dan ujungnya bergerak-gerak, ia sedang menyatakan rasa sayangnya padamu.

  1. Suka mengikutimu

Saya mengalaminya, sering diikuti kucing saya, bahkan masuk kamar mandi pun dia ngikutin. Malah dulu waktu masih usia 1 tahunan dia ikut saya jalan-jalan di jalan sekitar rumah tanpa tali. Saya yakin itu tanda kucing sayang pada kita.

  1. Memandangimu dan mengedipkan matanya dengan lembut

Kucing biasanya hanya membuat kontak mata dengan orang yang dia kenal dan percayai. Jika saat berpandangan mata dia berkedip pelan, katanya itu sama dengan kucing sedang memberikan ciuman lembut.

Kadang kucing saya memandangi mata saya dan matanya berkedip lembut, manis sekali. Saya pun membalasnya dengan kedipan lembut juga, dan berharap dia paham saya juga sayang dia.

  1. Cemburu

Sepertinya kucing punya rasa cemburu, dan cemburu bukankah tanda cinta? Mungkin kamu pernah memberi makan kucing liar lalu kucingmu protes, misalnya dengan mengeong tidak suka. Atau mengusir kucing liar itu, nah kayanya kucingmu lagi cemburu deh.

  1. Menoleransi sentuhan dan tindakan terlarang

Kucing tidak suka disentuh perutnya, ekornya dan sebagian kucing tidak suka diangkat dan digendong. Jika kucingmu membiarkanku mengusap perutnya, membelai ekornya, menggendongnya atau tindakan lain yang sebenarnya ia tidak suka. Berarti kamu orang yang spesial baginya.

  1. Mendengkur (Purr)

Saat bersamamu, atau saat kamu belai-belai kucingmu mendengkur. Berarti kamu dianggapnya spesial, soalnya ke sesamanya pun kucing tidak berbagi dengkuran lho.

  1. Duduk di pangkuanmu atau di sebelahmu

Ini juga tanda kucing sayang padamu. Ia tidak bersantai di tempat lain, tapi memilih menghabiskan waktu denganmu.

  1. Telentang dan perutnya kelihatan

Perut adalah bagian tubuh kucing yang sensitif, mereka tidak suka bila disentuh di bagian itu. Jika kucingmu mengekspos perutnya padamu, bahkan membiarkanmu membelai perutnya, itu artinya dia percaya padamu.

  1. Memijatmu dengan kaki depannya

Pijatan itu dilakukannya biasanya sambil mendengkur. Perasaan kucingmu sedang penuh kasih sayang dan nostalgia. Ingatannya membawanya kembali ke masa yang aman dan nyaman, saat ia memijat perut induknya dan menyusu.

  1. Menyentuhkan ekornya

Seperti perut, ekor juga bagian tubuh yang sensitif bagi kucing, dia juga bete kalau ekornya disentuh-sentuh. Tidak sembarang orang yang boleh menyentuh ekornya. Maka ketika kucingmu menyentuhkan ekornya atau melingkarkan ekornya padamu, itu tanda sayang.

  1. Menjilatimu

Kucing menjilati tubuhnya saat grooming. Kucing meng-grooming kucing lain adalah betuk perhatian. Dan saat kamu dijilati kucingmu, tidak diragukan lagi kalau ia sayang padamu.

  1. Membawakanmu binatang buruan

Seperti kucing peliharaan lainnya, kucing saya masih punya insting berburu. Buruan favoritnya di rumah adalah cicak dan dia pernah membawakan seekor cicak untuk saya. Itu tanda sayang dia pada saya, karena dia mau berbagi binatang buruan, sesuatu yang berharga untuk kucing.

  1. Tidur di dekatmu

Setahu saya kucing binatang yang waspada, maka saat tidur pun ia memilih tempat yang aman. Jadi ketika kucingmu suka tidur di dekatmu, ia percaya dan menyukaimu.

Dari semua tanda sayang di atas, kucing saya melakukan 13 diantaranya. Kalau kucingmu berapa banyak tanda sayang yang sudah ia lakukan?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *