Underpad kucing adalah semacam alas yang bisa menyerap dan menahan cairan. Digunakan untuk tempat kucing pipis dan buang air besar. Underpad akan menyerap cairan dengan baik tapi cairannya (pipis atau pup kucing yang berair) tidak merembes keluar.

Fungsi Underpad Kucing

Biasanya kucing normalnya pipis dan bab di kotak pasir. Underpad digunakan dalam kondisi tertentu, dan cara pakai underpad kucing juga tergantung dengan kondisinya, tapi cukup mudah.

#1 Untuk Perjalanan

Jika kamu melakukan perjalanan mobil cukup jauh bersama kucingmu, ada kemungkinan di tengah jalan dia ingin pipis atau bab. Kamu bisa memberi kucingmu underpad jika ia menunjukkan tanda ingin buang air. Atau bisa menaruh underpad di dalam kandang kucing sebagai alas.

Tapi underpad yang sudah dipakai jangan sembarangan dibuang di jalan ya. Masukkan ke dalam kantong sampah untuk nanti sesampainya di tempat tujuan dibuang ke tempat yang semestinya.

#2 Untuk Kucing yang Sakit

Kucing yang sedang sakit baik karena penyakit atau terluka adakalanya tidak bisa buang air di kotak pasir. Maka sediakan underpad di dekatnya, atau bisa digunakan sebagai alas kucing berbaring. Jika kucing sudah buang air segera ganti underpad dengan yang baru.

#3 Untuk Kucing yang Stres

Kucing yang stres juga bisa buang air sembarangan. Misalnya kucing karena stres dia sembunyi terus di tempat tertentu. Untuk meminimalisir terjadinya kotor, taruh underpad sedekat mungkin dengan tempat kucing sembunyi.

Jangan lupa taruh makanan dan minum di dekatnya juga. Lebih baik lagi jika penyebab stres kucing segera dibereskan. Mungkin kucing takut dengan boneka atau hiasan tertentu, takut dengan suara tertentu, dll.

#4 Untuk Kucing yang Tua

Berilah kucing yang umurnya sudah tua kemudahan-kemudahan. Karena usianya, dia tidak sekuat dan selincah waktu masih muda.

Beri kucing tua kotak pasir yang lebih mudah diakses, beri underpad di sekelilingnya. Kamu juga bisa meletakkan underpad di tempat kucing tuamu biasa nongkrong.

#5 Ditempatkan di Sekitar Kotak Pasir

Kadang kucing yang sehari-hari bisa buang air di kotak pasir dengan baik bisa belepotan, kotorannya sebagian tercecer di luar kotak pasir. Kucing saya juga begitu jika kegiatan buang airnya terganggu.

Kamu bisa menempatkan underpad di sekitar kotak pasir. Akan lebih baik lagi jika kotak pasirnya bisa ditempatkan di area yang lebih tenang dan lebih sedikit potensi gangguan.

#6 Saat Sangat Sibuk

Idealnya kotak pasir dibersihkan sehari 1-2 kali, atau jika kucing buang air segera dibersihkan. Tapi saat sedang sangat sibuk hal itu bisa sulit dilakukan.

Misalnya seminggu harus lembur kerja dan pulangnya larut malam terus, sampai rumah pun capek ingin langsung rebahan. Sehingga pembersihan kotak pasir pun tidak teratur.

Kucing tidak suka buang air di kotak pasir yang sudah kotor. Jadi underpad bisa untuk solusi sementara, taruh saja 1-2 lembar di dekat kotak pasir.

Sumber gambar: Shopee

Rekomendasi

UNI-PET Underpad Kucing

Sekitar Rp 19-25.000,-

Underpad sekali pakai isi 10 lembar.

Beli di Shopee

Saya mendapat komisi jika kamu mengklik link/tombol di atas dan melakukan pembelian, tanpa biaya tambahan.

Tips Memilih Underpad Kucing

Menurut saya underpad yang baik yaitu yang daya serapnya tinggi. Warnanya jangan yang gelap agar kalau ada kotoran lebih mudah terlihat.

Hal itu juga berguna saat kucingmu sakit, misal kucing kotorannya cair berdarah maka bisa mudah tampak. Maka kamu bisa segera mengambil tindakan misalnya membawanya ke klinik hewan.

Kalau soal harga sepertinya tidak menjadi masalah sih. Saya cek harga underpad kucing cukup murah, di bawah 50 ribu untuk 10 lembar underpad sekali pakai. Tapi yang bisa dicuci ulang harganya bisa sampai 100 ribu selembarnya.

Uwais

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *