VCO untuk kucing

Efek Buruk dan Manfaat VCO Untuk Kucing

VCO (virgin coconut oil) atau bahasa Indonesianya minyak kelapa murni, terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan manusia. Di kalangan pecinta kucing pun agaknya VCO juga cukup tenar manfaatnya bagi kesehatan kucing.

Bagaimanapun, setelah saya baca beberapa artikel ternyata VCO untuk kucing ada pro dan kontranya, ada manfaat dan juga keburukannya. Jadi sebelum memutuskan mengaplikasikan VCO pada kucingmu ada baiknya kamu ketahui dulu baik buruknya.

Beberapa Manfaat VCO Untuk Kucing

#1 Menyehatkan Bulu dan Kulit

Mengoleskan VCO ke kulit dan bulu kucing akan melembabkan kulit dan mencegah munculnya ketombe. Kandungan lemak dalam VCO juga akan membunuh parasit seperti kudis dan kutu. Juga membantu menyembuhkan radang kulit dan mencegah infeksi akibat gigitan parasit.

Sementara itu minyak esensialnya akan membuat bulu kucing berkilau. Namun pemakaiannya jangan sampai berlebihan, secukupnya saja.

#2 Membantu Menyembuhkan Luka

VCO bisa membantu menyembuhkan beberapa luka seperti radang kulit dan abses. Kandungan anti inflamasinya bagus untuk mempercepat penyembuhan luka. Cara pengobatannya oleskan VCO di sekitar luka kucing, bukan langsung pada lukanya.

#3 Membantu Mengatasi Hairball

Kucing yang diberi asupan VCO akan terlumasi pencernaannya dan memudahkannya untuk mengeluarkan hairball. Untuk dosisnya ada yang menyarankan ¼ sampai ½ sendok teh. Jangan langsung memberikan VCO pada kucing, biarkan kucingmu menjilat sedikit dulu dan lihat reaksinya, apakah dia suka atau malah muncul alergi.

Efek Buruk VCO Pada Kucing

  1. Menyebabkan Diare
    VCO adalah obat pencahar alami dan bisa menyebabkan diare jika dikonsumsi berlebihan.
  2. Memicu Alergi
    Sangat jarang ditemui memang kucing yang alergi VCO, tapi kemungkinan itu tetap saja bisa terjadi.
  3. Sangat Berlemak
    VCO kaya akan beberapa tipe lemak, termasuk asam lemak yang sehat. Namun terlalu banyak mengonsumsi VCO akan membuat kucing menjadi gendut kelebihan berat badan. Selain itu kucing yang menderita diabetes sama sekali tidak boleh mengasup VCO meski dalam dosis kecil sekalipun.

Pemberian VCO pada kucing sebaiknya hanya sebagai suplemen yang diberikan sekali-sekali. Minyak kelapa murni bukan makanan yang bagus diasup kucing sehari-hari.

Sepertinya juga belum ada studi khusus yang meneliti manfaat VCO untuk kucing. Bagaimanapun sebelum kamu memberi VCO untuk kucingmu baik sebagai asupan maupun untuk kulit dan bulu, wajib bicarakan dengan dokter hewan.

Bacaan lanjutan:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap