The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Kucing Makan Roti Atau Sebaiknya Jangan?

Bolehkah kucing makan roti, misalnya kucing tanpa kita sengaja makan roti di meja atau yang terjatuh di lantai. Jawabannya kemungkinan masih aman jika sangat sedikit saja dan rotinya benar-benar tidak berbahaya untuk kucing. Tapi ada hal-hal lain yang juga harus diperhatikan.

Roti tidak boleh menjadi menu utama kucing sehari-hari karena tidak mempunyai nutrisi lengkap dan seimbang yang dibutuhkan oleh kucing. Bisa dibilang bagi kucing roti adalah sumber kalori kosong, tinggi kalori tapi sedikit zat gizinya.

Lagipula roti banyak jenisnya. Semakin polos rotinya, tanpa campuran bahan macam-macam, semakin aman untuk kucing.

Tapi roti bisa mengandung bahan yang terlarang dimakan bagi kucing misalnya coklat. Kita tahu roti yang banyak dijual bisa berisi berbagai bahan tambahan misalnya keju, kentang, gula, krim, selai, kacang, dan lain-lain. Sebaiknya daripada ribet mencari tahu apakah suatu bahan berbahaya bagi kucing, lebih baik hindari memberikan roti yang dicampuri bermacam bahan pada kucing.

Kalau kucing diberi makan roti dalam jumlah banyak, dia akan menjadi kenyang. Sehingga di perutnya bisa tidak ada ruang untuk makanan lain. Sedangkan kucing harus makan makanan tinggi protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Jadi memberi makan kucing roti tidak disarankan, sebaiknya malah dihindari saja. Terlebih lagi jika kucing mempunyai kondisi kesehatan tertentu, hindari roti untuknya.

Masing-masing kucing juga bisa berbeda toleransinya terhadap makanan yang sama. Mungkin ada kucing yang baik-baik saja setelah makan cukup banyak roti, namun mungkin ada yang langsung diare.

Apalagi jika rotinya masih mentah, alias masih berupa adonan yang belum dimasak. Sama sekali tidak boleh dimakan oleh kucing.

Adonan roti bisa sangat berbahaya bagi kucing. Bila masuk ke dalam perutnya bisa mengembang karena perut kucing kondisinya cocok untuk hal itu. Kucing minimal akan merasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu kesehatannya hingga mengancam nyawanya.

Tapi kadang kalau kita makan roti, kucing kita bisa saja mendekat dan menatap kita seolah minta apa yang kita makan. Mungkin ada perasaan tidak tega kalau tidak memberinya.

Alternatifnya sebaiknya kucing diberi cemilan yang memang khusus diformulasikan untuk kucing. Misalnya snack kucing Vitakraft di bawah ini.

Vitakraft Yums Salmon

Vitakraft snack kucing

Snack kucing lezat yang tanpa gula, mengandung daging, mempunyai tekstur lembut di bagian dalamnya.

Beli di Shopee

Alangkah baiknya kalau kamu ingin memberi kucingmu makanan diluar makanan yang khusus untuk kucing, kamu tanyakan dulu ke dokter hewan langgananmu. Setiap kamu ke klinik hewan manfaatkanlah untuk bertanya pada dokter hewan segala sesuatu tentang kucingmu, agar kamu bisa merawat kucingmu dengan semakin lebih baik.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 208

One comment

  1. wah….thanks kak sudah sharing infonya. Kebetulan salah satu kucingku ada yang doyan banget makan roti walapun tidak saya jadikan menu utama sih. Awalnya dia makan roti yang jatuh, eh keknya dirasa enak jadi tiap kali ada orang rumah yang makan roti pasti nyamperin. Alhamdulillah sih pencernaannya ngga bermasalah. Mungkin nanti bahan-bahan yang perlu dihindari spt cokelat akan saya kurangi pemberiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.