The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Coklat

Bolehkah kucing makan coklat atau makanan yang mengandung coklat seperti es krim coklat, kue coklat, dan wafer coklat? Tidak boleh.

Kenapa kucing tidak boleh makan coklat, karena coklat beracun bagi kucing dan konsumsi dalam jumlah besar bisa mengakibatkan kematian. Bahkan dalam jumlah kecil pun coklat bisa berakibat buruk bagi kucing.

Coklat mengandung kafein dan theobromine yang berbahaya bagi kucing. Penyerapan theobromine pada tubuh kucing lebih lambat dibanding pada manusia. Maka sedikit coklat pun bisa menjadi racun bagi kucing.

Kucing juga jauh lebih sensitif terhadap kafein dibanding manusia. Maka secara kimiawi kafein akan merangsang kucing lebih kuat dibanding pada manusia.

Kucing yang keracunan coklat jika tidak segera diobati biasanya bisa muntah, detak jantungnya meningkat, diare, nafsu makan menurun, gelisah, hiperaktif, nafas cepat, lebih sering buang air kecil, tremor, kejang, koma, bahkan mati.

Gejala keracunan bisa muncul meskipun kucing hanya makan sedikit coklat. Jika tidak ditangani dengan baik gejala kemungkinan bisa meluas dan meningkat.

Setiap kucing berbeda kepekaannya pada kafein dan theobromine. Karena itu jika kucing kedapatan makan coklat sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.

Kandungan theobromine berbeda-beda besarnya pada jenis-jenis coklat. Yang paling besar sepertinya terdapat pada dark chocolate. Sedangkan coklat putih paling rendah kandungannya.

Makanan yang mengandung coklat seperti es krim coklat dan kue coklat pun sebaiknya jangan diberikan ke kucing. Mungkin tidak sampai menyebabkan kematian tapi bisa membuat kucing sakit. Apalagi makanan bercoklat biasanya mengandung gula dan susu yang juga tidak bagus bagi kucing.

Jika kucingmu keracunan coklat segera bawa ke dokter hewan. Mungkin kamu bisa menelepon dulu untuk mendapatkan petunjuk pertolongan pertama sebelum kucing dibawa ke klinik.

Jadi, jangan beri kucingmu coklat ya apapun jenis coklatnya, masih banyak kok makanan yang aman bagi kucing. Kamu juga bisa memberinya snack yang khusus dibuat untuk kucing.

Snack kucing Vitakraft bisa menjadi pilihan, variasi rasanya bermacam-macam sehingga kucing tidak bosan. Dan kucing juga bisa ‘memilih’ varian rasa apa saja yang paling mereka sukai.

Vitakraft Cat Yums Salmon

Vitakraft snack kucing

Snack kucing bebas gula dengan daging dan bagian dalamnya lembut. Lezat disukai kucing, cocok untuk cemilannya di sela makanan utamanya.

Beli di Shopee

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.