The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Pereda Stres: Kucing Atau Game?

Kucing adalah pereda stres saya, tapi adakalanya saat butuh hiburan saya tidak bisa main dengan kucing. Bisa jadi saya sedang sakit dan khawatir menulari kucing, kucing saya sedang di-grooming, atau sedang tidur.

Maka game menjadi pilihan saya untuk refreshing. Saya menyukai game yang ringan, tidak terlalu butuh komitmen, tidak menguras pikiran, dan yang paling penting menghibur.

Solitaire.org adalah salah satu website penyedia game gratis yang saya sukai. Selain gratis juga tanpa iklan dan ringan untuk diakses. Di website itu ada beberapa jenis game tapi daya tarik utamanya adalah game solitaire.

Bring Back Old Memories

Solitaire adalah game andalan saya dan mungkin banyak pekerja kantoran lainnya di jaman dulu. Saat itu saya ngantor masih pakai Windows XP. Game pereda bosan, pemusnah bengong, dan pereda stres ya solitaire andalannya.

Meski agak butuh kesabaran dan perhitungan namun game ini dimainkan dengan santai. Sehingga bisa membuat saya rileks. Sampai-sampai tidak terasa sudah 30 menit sampai 1 jam memainkannya.

Sejarah Solitaire

Game solitaire awalnya bukanlah game kartu dan yang saya tahu asal mulanya ada beberapa versi. Salah satunya mengatakan penemunya adalah seorang bangsawan Prancis. Sekitar abad ke-17 saat ia ditahan di Bastille diciptakannya game ini, game yang bisa dimainkan sendirian selama berjam-jam.

Solitaire versi kartu kemungkinan muncul pada akhir abad ke-18 di negara-negara Baltik. Diduga digunakan sebagai alat peramal nasib. Dikatakan saat itu di wilayah itu memang sedang ngetren menggunakan kartu untuk meramal.

Solitaire kemudian berkembang menjadi ratusan versi. Di akhir abad ke-20 masuk ke dalam game komputer dan menjadi sangat populer.

Koleksi Game Solitaire.org

Solitaire.org mempunyai 5 versi game solitaire paling populer berbasis web. Yaitu klondike, freecell, spider, pyramid, dan tripeaks.
Tidak hanya itu, mereka juga punya 100 lebih versi game solitaire yang bisa dimainkan. Tapi saya hanya mencoba kelima game yang paling populer saja, sekalian nostalgia mengenang masa saat masih kerja kantoran.

Klondike

klondike

Disebut juga solitaire klasik atau solitaire saja, sepertinya ini versi card solitaire yang paling populer. Untuk menang harus bisa menata kartu dalam tumpukan dimulai dari As hingga King dalam warna yang sama. Menurut saya selain membutuhkan strategi juga butuh keberuntungan.

Awalnya solitaire disebut dengan nama patience. Game ini masuk ke Amerika serikat dan Kanada sekitar tahun 1870an dan kemudian disebut klondike solitaire, kemudian ada yang menyebutnya solitaire saja atau klondike saja.

Mainkan Disini

Freecell

freecell

Ini versi solitaire yang mengijinkan pemainnya menyisihkan maksimal 4 kartu di 4 sel/ruang sebelah kiri, makanya disebut freecell. Untuk memenangkan game ini harus bisa menumpuk kartu di sebelah kanan dari As sampai King dengan warna yang sama.

Freecell dibuat berdasarkan eight off, versi solitaire yang muncul tahun 1968. Eight off melahirkan varian bakers off, lalu pada 1978 diadaptasi pada game komputer dan menjadi freecell.

Mainkan Disini

Spider

spider

Target menangnya sama yaitu mengurutkan kartu sewarna dari As hingga King. 54 kartu disusun menjadi 10 kolom, dimana 4 kolom mempunyai 6 kartu dan 6 kolom mempunyai 5 kartu. 50 kartu sisanya digunakan sebagai cadangan untuk ‘penolong’ saat stuck bermain.

Spider adalah versi solitaire yang dibuat pada 1949. Ketika dimasukkan dalam Windows XP tahun 2001 game ini menjadi populer.

Mainkan Disini

Pyramid

pyramid

Ini mungkin solitaire yang paling gampang. Untuk menang kita hanya perlu mencocokkan kartu yang jumlah nilainya 13. King nilainya 13, Queen 12, dan seterusnya sampai As nilainya 1.

Sebuah variasi solitaire bernama tut’s bomb dirilis oleh Microsoft. Kemudian game ini lebih dikenal dengan nama pyramid.

Mainkan Disini

Tripeaks

Tripeaks

Kartu ditata berbentuk 3 piramida berjejeran, kartu yang paling bawah terbuka. Di luar piramida ada setumpuk kartu tertutup dan 1 kartu yang terbuka di sebelahnya. Cara memainkannya dengan mengklik kartu di piramida yang nilainya di atas atau di bawah 1 kartu yang terbuka tadi.

Tripeaks dibuat oleh Robert Hogue pada 1989. Menjadi populer ketika dimasukkan dalam koleksi solitaire Microsoft dan juga dikenal dengan nama three peaks, tri towers, dan triple peaks.

Mainkan Disini

Referensi:

  • https://www.bbvaopenmind.com/en/science/mathematics/much-more-than-diversion-mathematics-of-solitaire/
  • https://www.britannica.com/topic/solitaire-card-game
Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 208

One comment

  1. Wah, kalau saya berbeda Mas. Kalau lagi cape atau pusing mikirin urusan dunia, malahan bermain dengan kucing adalah salah satu cara saya yang paling ampuh mengobati stres saya๐Ÿ˜”๐Ÿ™‚

    Pokoknya kucing adalah hewan yang terimut di dunia ini๐Ÿ˜‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.