The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

18 Buku Tentang Kucing, Fiksi dan Non Fiksi

Buku tentang kucing sudah banyak ditulis baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun bahasa asing lainnya. Bahkan kucing sudah masuk ke dalam tulisan sejak jaman kuno. Daftar buku kucing di bawah ini adalah semacam wish list saya, karena sebagian besarnya saya belum punya.

Buku Tentang Kucing Non Fiksi (Perawatan, Pemeliharaan, Kesehatan, dll)

Bagian ini berisi daftar buku perawatan/pemeliharaan kucing, dan buku pengetahuan tentang kucing.

#1 Kucing: Complete Guide Book For Your Cat

Kucing complete guide book

Penulis: Cacang Effendi, N.S. Budiana

Penerbit: AgriFlo (Penebar Swadaya Grup)

Mengulas karakter dan kebiasaan kucing, pun bagaimana cara memelihara yang benar. Dibahas juga soal kontes kucing, info komunitas kucing, dan profil kucing-kucing terkenal di Indonesia.

Gambar: books.google.co.id

#2 Solusi Permasalahan Kucing

Solusi permasalahan kucing

Penulis: Cacang Effendi, drh. Widya Setiawati

Penerbit: Penebar Swadaya

Menuntun cat owner untuk menjadi pemilik kucing yang bertanggung jawab. Berisi pengetahuan tentang lingkungan yang ideal bagi kucing, tips-tips perawatan, bagaimana seharusnya berkunjung ke dokter hewan, memahami bahasa tubuh kucing hingga bagaimana menangani kelahiran kucing.

Gambar: books.google.co.id

#3 Cat Lover’s Book: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Merawat Kucing

Cat lover's book

Penulis: drh. Yudhi Prayogo

Penerbit: GagasMedia

Buku untuk anak-anak ini membahas perawatan kucing dengan bahasa sederhana dan gaya yang menyenangkan. Juga dibahas mitos seputar kucing, sejarah kucing di jaman kuno, dan bagaimana memilih kucing untuk dipelihara.

Gambar: books.google.co.id

#4 Memilih dan Merawat Kucing Kesayangan

Memilih dan merawat kucing kesayangan

Penulis: Ir. Yulian Susanty

Penerbit: AgroMedia

Tidak hanya mengajarkan bagaimana merawat kucing seperti memandikan, merawat bulu, dan menjaga kesehatannya. Buku ini juga memberi petunjuk bagaimana memilih kucing yang sehat dan melatihnya menjadi penurut.

Gambar: books.google.co.id

#5 Panduan Lengkap Kucing

Panduan lengkap kucingPenulis: Muhammad A. Suwed, Rodame M. Napitupulu

Penerbit: Penebar Swadaya

Buku ini mengenalkan jenis-jenis kucing, bagaimana memilih kucing yang terbaik, memilih pakan yang tepat, hingga kontes kucing. Dilengkapi dengan VCD Teknik Membiakkan Kucing dan Membuat Kucing Tampil Cantik.

Gambar: books.google.co.id

#6 Hidup Sehat Bersama Kucing Kesayangan

Hidup sehat bersama kucing kesayanganPenulis: Nurheti Yuliarti

Penerbit: Gramedia

Memperkenalkan berbagai penyakit kucing, bahayanya, dan cara pencegahannya. Juga memaparkan penyakit zoonosis pada kucing, dan tips-tips praktis merawat kucing.

Gambar: books.google.co.id

#7 Panduan Memelihara Kucing Persia

Panduan memelihara kucing persiaPenulis: Bayu R. Susetyo (Miooooong The Cat Empire)

Penerbit: AgroMedia

Buku ini berisi sejarah kucing Persia di dunia dan di Indonesia. Apa perbedaan kucing Persia dengan kucing lainnya. Bagaimana temperamen kucing Persia, ciri fisiknya, cara merawatnya, variasi warna bulunya, dan sebagainya.

Gambar: books.google.co.id

#8 Merawat Kucing Kesayangan

Merawat kucing kesayangan

Penulis: Asyari dkk.

Penerbit: Ganeca Exact

Buku tipis ini membahas jenis-jenis kucing, bagaimana memelihara dan merawatnya, serta bagaimana menjaga kesehatan kucing.

Gambar: https://siplah.pesonaedu.id/product/5503/merawat-kucing-kesayangan

#9 The Cat: A Natural and Cultural History

The cat a natural and cultural historyPenulis: Sarah Brown

Penerbit: Princeton University Press

Buku ini fokus pada sejarah kucing baik sejarahnya yang natural di alam bebas, dan sejarahnya terkait dengan kehidupan manusia. Bahasannya menarik ada hierarki kucing, kebiasaan kucing, bagaimana cara berpikir kucing, bagaimana komunikasi antara kucing dan manusia, dan lainnya.

Ganbar: Press.princeton.edu

#10 The Total Cat Manual: Meet, Love, and Care for Your New Best Friend

The total cat manualPenulis: David Meyer, Pia Salk, Abbie Moore

Penerbit: Weldon Owen

200 lebih tips memelihara kucing disajikan di buku ini. Dari persiapan memelihara kucing, pakan dan mainan, karakteristik berbagai kucing, bagaimana berinteraksi dengan kucing, hingga kesehatan, penyakit, dan bagaimana memilih dokter/klinik hewan terbaik.

Gambar: Amazon.com

#11 Cat Life: Celebrating the History, Culture & Love of the Cat

Cat lifePenulis: Amy D. Shojai

Penerbit: Furry Muse Publishing

Buku ini terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama tentang evolusi kucing dari jaman purba, dan sejarah kucing dari jaman peradaban kuno. Bagian kedua menunjukkan bagaimana kucing tidak cuma dipelihara tapi juga menjadi bagian budaya manusia seperti di lukisan, bahasa, dan sastra.

Bagian ketiga tentang seluk beluk tubuh dan indra kucing, serta perawatan kucing. Lalu buku ini ditutup dengan foto-foto berbagai jenis kucing lengkap dengan deskripsi karakter dan kepribadiannya.

Gambar: Amazon.com

#12 LIFE – Cats

Life catsPenulis: The Editors of LIFE

Penerbit: LIFE

Buku (majalah edisi khusus) ini sepertinya untuk anak, di antaranya membahasa sejarah kucing peliharaan, rahasia kebiasaan kucing, perseteruan kucing dan anjing, dan kisah-kisah kucing.

Gambar: Barnesandnoble.com

#13 For the Love of Rescue Cats

For the love of rescue catsPenulis: Tom Colvin, Paula Sunday, Mick McAulife

Penerbit: CompanionHouse Books

Buku ini melukiskan banyak sisi dari kepribadian kucing, memberikan tips untuk melatih kucing dengan baik, dan bagaimana sebaiknya merawat rescue cat (kucing yang diambil dari jalanan). Cocok sekali bagi kamu yang ingin memelihara kucing jalanan.

Gambar: Bookrepository.com

Buku Tentang Kucing Fiksi (Novel, Inspiratif, dll)

Buku buku fiksi kucing seperti novel, buku non fiksi tapi yang berbentuk cerita, hiburan, atau bukan buku cara merawat kucing saya masukkan di sini.

#1 Draw 50 Cats

Draw 50 catsPenulis: Lee J. Ames

Penerbit: Watson-Guptill Publications

Buku asyik ini menuntun kita untuk menggambar kucing dengan cukup mudah langkah demi langkah. Kucing yang dijadikan obyek gambar antara lain Anggora, American Shorthair, Himalaya, Maine Coon, Persia, hingga kucing besar seperti Leopard, Jaguar, dan Harimau. Kita akan diajarkan menggambar kepala kucing maupun seluruh tubuh kucing.

#2 Felix the Railway Cat

Felix the railway catPenulis: Kate Moore

Penerbit: Michael Joseph

Kisah tentang Felix, kucing terkenal yang tinggal di Stasiun Kereta Huddersfield, Inggris. Tugasnya adalah sebagai Senior Pest Controller, atau pembasmi tikus di stasiun. Tapi lebih dari itu, bagi para pegawai dan penumpang di stasiun, Felix telah mengubah hidup mereka dengan cara yang luar biasa.

Gambar: Amazon.co.uk

#3 Full Steam Ahead, Felix

Full steam ahead FelixPenulis: Kate Moore

Penerbit: Michael Joseph

Buku kedua tentang Felix ini berisi cerita-cerita lucu tentang Felix dan Bolt, kucing kecil baru di stasiun Huddersfield. Felix melatih Bolt untuk menjadi pest controller yang handal, dan juga ada cerita-cerita dari fans Felix.

Gambar: Amazon.co.uk

#4 Trim, The Cartographer’s Cat

Trim the cartographers catPenulis: Gillian Dooley, Philippa Sandall

Penerbit: Adlard Coles

Trim adalah kucing kapal yang menemani Matthew Flinders dalam pelayarannya untuk mengelilingi dan memetakan garis pantai Australia dari 1801 hingga 1803. Trim menjalani kehidupan yang penuh petualangan, pernah jatuh ke laut tetapi berhasil berenang kembali ke kapal dan naik kembali ke kapal dengan memanjat tali. Ia adalah teman Flinders yang terkasih, dan bersama-sama mereka selamat dari pelayaran Pasifik, penjelajahan perairan Australia, dan kapal karam.

Gambar: Amazon.com

#5 All Cats Are Introverts

All cats are introvertsPenulis: Francesco Marciuliano

Penerbit: Andrews McMeel Publishing

Buku kumpulan puisi dari kucing yang menunjukkan bahwa mereka itu berwawasan luas, waspada, tidak suka kerumunan, dan suka tidur. Francesco Marciuliano juga menulis buku puisi kucing lain seperti I Could Pee on This and Other Poems by Cats, I Could Chew on This, I Knead My Mommy, You Need More Sleep, dan I Could Pee on This, Too.

Gambar: Amazon.com

Semoga saya dan kamu bisa memiliki semua buku yang disuka di atas ya. Saya juga berharap buku saya suatu saat bisa masuk ke tulisan ini. Ya, saya sedang menulis buku cerita dengan tokoh utama seekor kucing, semoga tidak gagal dan berhasil baik.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 234

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *