Sandiki Petcare

Bolehkah kucing dewasa makan makanan kitten? Jawabnya adalah boleh tapi tidak disarankan.

Jika kucing dewasa yang sehat dan nomal kondisinya makan makanan anak kucing memang tidak langsung ada dampak buruknya. Namun jika hal itu dilakukan dalam jangka panjang atau terus menerus akan bisa berefek pada kesehatannya.

Kebutuhan nutrisi kucing dewasa berbeda dengan kitten. Yang saya tahu komposisi lemak dan protein dalam makanan kitten lebih tinggi dari makanan kucing dewasa, demikian juga kalorinya pun lebih tinggi.

Lemak dan kalori yang tinggi bisa membuat kucing dewasa kegemukan. Apalagi jika kucing dewasa yang sebelumnya sudah kegemukan, diberi makanan kitten secara rutin bisa makin bertambah gemuk.

Kucing yang kurang aktivitas, termasuk kucing tua, dan kucing yang menunjukkan tanda kegemukan sebaiknya jangan diberi makanan tinggi kalori. Obesitas tidak bagus untuk kucing karena bisa menimbulkan masalah-masalah kesehatan.

Lagipula mengapa harus memberi makanan kitten pada kucing dewasa? Di luar sana banyak dijual makanan untuk berbagai kondisi dan usia kucing, harganya pun banyak yang terjangkau. Ada makanan kucing yang diformulasikan untuk usia dewasa, kitten, kucing hamil, kucing menyusui, all stage, hingga kucing dengan masalah kesehatan tertentu.

Namun kadang ada kondisi dimana kucing dewasa nyomot makanan kitten. Misalnya kalau di rumah kita memelihara beberapa kucing dan ada yang masih kitten. Bisa jadi saat kitten makan ada kucing dewasa yang tertarik ikut makan.

Kalau itu terjadi sesekali insya Allah tidak masalah. Namun perlu dipastikan juga agar kitten cukup makan makanan kitten karena kalori dan nutrisi penting bagi kitten untuk pertumbuhannya. Sebaiknya area makannya dipisah atau diawasi sewaktu makan.

Jadi, apakah kucing dewasa boleh makan makanan kitten? Untuk makanan sehari-hari tidak disarankan. Sebaiknya beri kucing dewasa makanan yang memang diformulasikan untuk usianya.

Selama tidak diinstruksikan oleh dokter hewan saya memilih memberi kucing dewasa makanan yang memang untuk kucing dewasa. Pada kondisi tertentu setahu saya dokter hewan bisa menyarankan agar kucing dewasa untuk sementara diberi makanan kitten.

Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.