The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Kucing Makan Kurma

Bolehkah kucing makan kurma? Itu pertanyaan yang terbersit di benak saya menjelang bulan ramadan yang datang sebentar lagi.

Semakin besar kucing saya semakin penasaran dengan apa yang saya makan, sering meminta makanan saya atau memakan makanan yang tak sengaja saya jatuhkan. Bagaimana jika yang saya jatuhkan adalah kurma buah kesukaan saya, apakah aman dimakan kucing?

Ternyata kurma tidak beracun bagi kucing, jadi jika termakan sedikit saja kemungkinan aman. Namun sebaiknya jangan memberi kurma pada kucing.

Alasannya:

  • Karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, kurma memiliki efek pencahar yang tidak bisa ditoleransi oleh pencernaan kucing dan bisa menyebabkan kucing diare atau muntah.
  • Seperti umumnya buah, kurma mempunyai kandungan gula yang tinggi. Jika kucing mengasup gula berlebihan bisa menimbulkan masalah obesitas, diabetes, dan gigi berlubang.
  • Kurma cukup tinggi kalorinya sekitar 60an kalori per butir. Maka beberapa butir saja sudah berlebihan bagi kucing yang kebutuhan kalorinya hanya 200-250 per hari.
  • Kurma yang dijual umumnya masih mengandung biji yang cukup besar bagi kucing dan bisa membuatnya tersedak jika tertelan.
  • Kurma yang dijual juga umumnya kurma kering yang mempunyai tekstur kenyal dan lengket. Serpihan kurma bisa tersangkut menempel di gigi kucing yang jika lama dibiarkan bisa merusak gigi.
  • Daging kurma yang lengket juga bisa tersangkut di tenggorokan kucing dan menyebabkannya tersedak.

Jadi meskipun kurma itu enak dan bermanfaat bagi manusia, namun tidak begitu bagus untuk kucing. Menurut saya jangan beri kucing kurma apalagi dijadikan makanan utama.

Kurma juga tidak boleh diberikan pada anak kucing yang pencernaannya belum sekuat kucing dewasa. Apalagi sebenarnya lidah kucing tidak mempunyai reseptor yang bisa membedakan rasa manis dari rasa lainnya. Jadi kucing tidak bisa merasakan manisnya kurma.

Jika ingin memberi kucingmu cemilan berilah snack yang memang khusus dibuat untuk kucing. Misalnya Vitakraft snack kucing berkualitas buatan Jerman. Tersedia dalam berbagai rasa yang disukai kucing seperti salmon, beef, tuna, kalkun, keju, bebek, dan kelinci.

Vitakraft Official Shopee

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.