Review Makanan Kucing Bolt. Harga, Kandungan, Manfaat. Bahaya?

Menulis review makanan kucing Bolt ini ingatan saya kembali pada awal saya memelihara Fani, kucing saya. Saat itu Bolt menjadi andalan saya karena murah dan Fani doyan banget.

Blog Fanicat.com ini waktu itu belum ada sehingga saya belum memiliki penghasilan tambahan. Bolt sangat membantu dan berperan pada pertumbuhan Fani yang masih kitten. Harganya murah tapi tidak murahan.

Wagginton Apps

Makanan Kucing Bolt Untuk Usia Berapa?

Bolt bisa untuk makanan sehari-hari kucing dewasa usia 1 tahun ke atas, maupun kitten usia di bawah 1 tahun yang telah lepas masa sapih. Karena Bolt mempunyai varian adult dan Bolt Plus yang diformulasikan untuk kucing dewasa, dan varian kitten untuk anak kucing.

Kandungan dan Manfaat Makanan Kucing Bolt

Kandungan makanan kucing Bolt yaitu protein minimal 28-30%, fat minimal 9%, fiber maksimal 4-5%, ash maksimal 10%, moisture maksimal 10%. Ini untuk varian adult dan kitten dimana kandungannya sedikit ada perbedaan.

Sedangkan manfaat makanan kucing Bolt bisa membuat kulit kucing sehat dan bulunya berkilau. Menajamkan penglihatan, menjaga kesehatan gigi, meningkatkan imunitas, dan mengurangi risiko penyakit saluran kemih.

Makanan kucing kering Bolt menggunakan bahan jagung, beras, minyak ikan, minyak ayam, tepung daging unggas, tepung gandum, isolat protein kedelai, tepung tuna/ikan, lemak unggas, hati ayam, vitamin, mineral, taurin, antioksidan, dan lain-lain.

Bahan-bahan tersebut mungkin bisa berbeda antara varian yang satu dengan yang lain.

Takaran Makanan Kucing Bolt Untuk Harian

Untuk takaran yang dianjurkan mungkin bisa kamu lihat di bungkus Bolt atau bisa minta saran ke dokter hewan langganan. Saya sendiri tidak pernah memakai takaran dalam gram untuk memberi kucing saya makan sehari-hari.

Yang saya lakukan adalah mengikuti kebiasaan makan kucing saya. Dia makannya sedikit tapi sering. Kalau ingin makan dia akan mendekat dan memberi saya isyarat seperti menarik baju saya, menyentuh-nyentuh saya dengan kaki depannya, menggesekkan kepalanya, menjilat-jilat dan mengeong.

Saat saya tidur pun kalau dia lapar akan membangunkan saya. Kalau saya susah bangun dia akan terus gigih berusaha sampai saya bangun dan memberinya makan.

Varian dan Harga Makanan Kucing Bolt

Makanan Kucing Bolt Tuna Kibble Ikan – Adult

makanan kucing bolt tuna kibble ikan

Rasa tuna, kibble berbentuk ikan. Untuk semua jenis kucing dengan usia di atas 1 tahun.

Harga 8 kg sekitar Rp 231.000,-

Beli di Shopee

Harga 20 kg sekitar Rp 524.000,-

Beli di Shopee

Makanan Kucing Bolt Tuna Kibble Donat – Adult

makanan kucing bolt tuna kibble donat

Rasa tuna, kibble berbentuk donat. Untuk semua jenis kucing usia di atas 1 tahun.

Harga 8 kg sekitar Rp 231.000,-

Beli di Shopee

Harga 20 kg sekitar Rp 524.000,-

Beli di Shopee

Makanan Kucing Bolt Salmon Kibble Silinder – Adult

makanan kucing bolt salmon kibble silinder

Rasa salmon, kibble berbentuk silinder. Untuk semua jenis kucing usia di atas 1 tahun.

Harga 20 kg sekitar Rp 513.000,-

Beli di Shopee

Makanan Kucing Bolt Plus – Adult

makanan kucing bolt plus

Bolt Plus ini mempunyai palatabilitas yang lebih baik, artinya bagi kucing rasanya lebih lezat. Terdapat dua rasa dalam satu kemasan yaitu tuna dan ayam dengan kibble berbentuk spinner.

Hanya dijual di ecommerce (marketplace). Untuk kucing dewasa usia di atas 1 tahun.

Harga 5 kg sekitar Rp 147.000,-

Beli di Shopee

Makanan Kucing Bolt Kitten

makanan kucing bolt kitten

Rasa salmon, kibble berbentuk bulan sabit. Untuk anak kucing usia di bawah 1 tahun yang sudah lepas masa sapih.

Harga kemasan 2×1 kg sekitar Rp 56.000,-

Beli di Shopee

Harga 20 kg sekitar Rp 589.000,-

Beli di Shopee

Apakah Makanan Kucing Bolt Bahaya? Apakah Makanan Kucing Bolt Mengandung Babi?

Saat meriset apa saja yang orang ingin ketahui tentang makanan kucing Bolt, saya menemukan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan:

  • Apakah makanan kucing Bolt bahaya.
  • Makanan kucing Bolt apakah bagus.
  • Adakah efek samping makanan kucing Bolt.
  • Apakah makanan kucing Bolt mengandung babi.

Saya pemilik kucing yang awam, bukan dokter hewan atau animal nutritionist. Maka untuk menjawabnya saya mengontak marketing CPPETINDO, produsen makanan kucing Bolt.

Makanan kucing Bolt tidak berbahaya. Sudah terstandarisasi AAFCO. Jika makanan kucing Bolt berbahaya atau tidak sesuai standar tentu tidak boleh beredar di Indonesia apalagi diperbolehkan untuk diekspor.

AAFCO (American Feed Control Officials) adalah organisasi Amerika yang membuat standar untuk keamanan dan kualitas makanan hewan dan hewan peliharaan termasuk kucing. Standarnya meliputi kandungan nutrisi dan bahan-bahan yang digunakan.

Bolt juga sudah mempunyai NKV (Nomor Kontrol Veteriner), yang dikeluarkan oleh pemerintah negara Indonesia. Artinya proses produksi makanan kucing Bolt telah memenuhi persyaratan sanitasi dan higiene yang baik, sehingga menghasilkan produk yang aman.

Lalu apakah makanan kucing Bolt mengandung babi? Tidak. Bolt tidak menggunakan babi atau pork sebagai bahannya.

Bagi saya pribadi Bolt ini membantu banyak pemilik kucing Indonesia yang budget-nya kecil. Harganya murah namun tidak murahan, diproduksi di dalam negeri sehingga bisa memangkas biaya impor maka bisa dijual dengan harga murah. Untuk makanan kucing yang lebih premium, CPPETINDO juga mempunyai makanan kucing Cleo.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 233

2 Comments

  1. terimakasih reviewnya. sepertinya bolt ini memang populer banget sekitar 5 thnan yl. mungkin krn murah dan aromanya disukai kucing banget. popularitasnya luar biasa sampe kemudian muncul berita/isu makanan merk ini menyebabkan sakit tertentu. bahkan sy pun terpengaruh dan pindah ke lain hati, walaupun sebagian dr sy masih menganggap isu itu bagian dr black campaign dari kompetitor secara popularitas bolt melejit sekali kala itu. saat ini sy pake merk cat ch*** yg popularitasnya melejit pasca bolt. tinggal ditunggu saja akan ada isu apa terkait merk yg ini. hehehe. tapi review anda bahkan sampe ngecek no ijin bolt benar2 membantu sy, sy jadi yakin dan mungkin akan kembali menggunakan bolt, bergantian dgn merk lain. thanks yaa

  2. Saya juga memakai Bolt untuk Mpus2 baik lokal maupun ras, karena disukai sama kucing2 itu, dan harganya terjangkau, terutama karena mpus banyak jadi membantu beban beli makanan mpus. isu mengenai Bolt membuat mpus susah pipis memang terdengar. Mpus2 saya makananya tidak hanya DF, juga makanan basah, ayam, ikan, jadi aman2 saja. Kalau mpus diberi makan dryfood saja kurang minum, tidak hanya Bolt yang membuat kencing mpus kurang lancar. Karena Bolt disukai kucing, tambahkan makanan basah dan beri minum yang cukup maka kucing kesayangan akan sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *