Bolehkah kucing hamil dimandikan

Bolehkah Kucing Hamil Dimandikan

Saya mengikuti diskusi menarik di antara pecinta kucing yang temanya adalah bolehkah kucing hamil dimandikan. Kesimpulan saya akan diskusi tersebut saya tuliskan disini, barangkali bermanfaat.

Sebaiknya Jangan Mandikan Kucing Hamil

Apakah kucing hamil boleh dimandikan jawabnya ya boleh sih. Tapi sebaiknya tidak usah karena bisa membuat si kucing stres.

Mandikan Kalau Memang Benar-Benar Diperlukan

Mandikan kucing hamil jika memang betul-betul perlu. Misalnya badannya kotor atau karena alasan kesehatan seperti kutuan.

Kadang kucing tidak harus dimandikan seluruh badannya. Jika yang kotor kaki belakangnya saja contohnya, maka cukup kakinya itu saja yang dibersihkan.

Untuk memandikan kucing dengan kebutuhan kesehatan tertentu, misalnya kutuan, sebaiknya kamu bawa saja ke dokter hewan. Kalau sangat terpaksa harus memandikan sendiri, coba sebisa mungkin dapatkan nasehat dari dokter hewan sebelumnya.

Mungkin kamu akan disuruh menyisir dulu bulu kucingmu untuk mengurangi kutu. Baru kemudian kucing dimandikan sesuai anjuran yang kamu dapat dari dokter. Dokter hewan lebih tahu mana obat kutu, shampo, dsb yang aman bagi kucing hamil.

Berhati-Hati Saat Memandikan

Jika terpaksa memandikan kucing hamil, lakukan dengan hati-hati, lembut, dan penuh sayang.

  1. Jika kucingnya berbulu panjang, sisir dulu untuk mengurai bulu-bulu yang kusut.
  2. Mandikan dengan lembut, pegang kucing dengan hati-hati. Agar si kucing tidak stres dan janinnya juga aman.
  3. Jangan dipaksa jika kucing memang betul-betul tidak mau dimandikan. Takutnya saat dimandikan dia akan berontak sehingga berbahaya bagi janinnya.
  4. Jika tubuh kucing kotor dan kucing sulit dimandikan, dilap saja badannya. Bisa menggunakan lap lembut yang dibasahi atau tisu khusus kucing. Kalau perlu mengelapnya bisa beberapa kali.
  5. Bisa jadi akan butuh 2 orang untuk memandikan kucing hamil. Yang satu memegangi dengan baik dan hati-hati, sementara orang yang satu lagi memandikan.

Dokter Hewan Adalah Jalan Terbaik

Jika kucing hamilmu kutuan, kotor, apalagi jika kotorannya membahayakan kesehatan kucing. Membawanya ke dokter hewan adalah jalan teraman dan terbaik.

Jangan memandikan kucing hamil pada jasa grooming biasa yang bukan dikelola oleh dokter hewan. Karena memandikan kucing hamil tidak sama dengan memandikan kucing biasa.

Jadi kesimpulannya, kehamilan sendiri sudah bisa membuat kucing stres. Jangan tambahi stresnya dengan memandikannya, kecuali jika benar-benar sangat perlu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *