Makanan

Bolehkah Kucing Makan Pisang? Boleh Tapi Sebaiknya Jangan

Bolehkah kucing makan pisang? Boleh, pisang tidak termasuk makanan yang beracun bagi kucing. Jadi jika kucing yang sehat makan sedikit pisang sesekali saja diperkirakan tidak masalah.

Pisangnya pun hanya buahnya saja, bukan termasuk kulitnya. Sebaiknya dalam potongan kecil agar kucing tidak tersedak. Juga jangan pisang yang dimasak misalnya dibuat kolak, pisang goreng, atau kue.

Tapi sebaiknya kucing jangan diberi pisang. Apa alasanmu memberi kucing makan pisang?

Kalau sebagai cemilan ada alternatif yang lebih baik yaitu snack yang khusus dibuat untuk kucing. Kalau sebagai makanan sehari-hari jelas tidak boleh, pisang tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing.

Jika kucing makan pisang bisa ada efek sampingnya juga. Kucing adalah karnivora sejati, mereka menggantungkan pemenuhan nutrisinya dari daging hewan. Pencernaannya tidak diciptakan untuk bisa mencerna tumbuhan dengan baik.

Pencernaan kucing kurang toleran dengan perubahan tiba-tiba pada jumlah karbohidrat atau gula di makanan mereka. Sehingga makan pisang bisa membuat perut kucing tidak nyaman. Karena kandungan gulanya jika pisang dikonsumsi berlebihan oleh kucing dikhawatirkan bisa menimbulkan diabetes dan obesitas.

Maka jika kucingmu kedapatan makan pisang sebaiknya amati apakah setelahnya dia mengalami diare, muntah, sembelit, atau lainnya. Apalagi jika dia makan dalam jumlah banyak.

Untuk anak kucing sendiri sebaiknya sama sekali jangan diberi pisang. Pencernaan dan juga tubuhnya sedang dalam masa pertumbuhan, jangan diganggu dengan memberi makanan yang tidak dibutuhkannya. Beri dia nutrisi yang memang khusus untuk anak kucing.

Pisang itu enak karena rasanya yang manis. Namun kucing tidak bisa merasakannya karena lidahnya memang tidak bisa merasakan rasa manis. Jadi percuma saja memberi kucing pisang karena mereka tidak bisa merasakan enaknya.

Jadi kesimpulannya kucing yang sehat bisa dibilang masih aman jika makan buah pisang dalam jumlah sedikit dan tidak sering. Namun harus tetap diwaspadai apakah setelahnya ada gejala sakit tertentu agar bisa diambil tindakan segera.

Namun sebaiknya tidak usah memberi kucing pisang. Memang pisang bagus untuk kesehatan manusia namun bukan berarti bagus juga untuk kucing. Ada yang lebih bagus untuk kucing yaitu makanan dan snack yang memang diformulasikan khusus untuk kucing.

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.