The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Kucing Makan Tahu, Adakah Resikonya?

Bolehkah kucing makan tahu? Mungkin itu yang kamu tanyakan ketika kamu ngemil tahu dan kucingmu mendekat minta diberi.

“Beri tidak ya, tapi tahu kan makanan sehat?” begitu ragumu dalam hati.

Boleh saja kucing yang sehat makan tahu karena tahu bukan makanan yang beracun bagi kucingmu. Tapi sebaiknya sedikit saja ya karena kalau kebanyakan kucingmu bisa diare, muntah, dan menderita masalah perut lainnya. Kasihan kan?

Jadi jika kucingmu makan tahu meski cuma sedikit lalu menunjukkan tanda sakit perut, diare atau lainnya. Sebaiknya selanjutnya jangan lagi diberi tahu.

Karena katanya sebagian kucing ada yang pencernaannya tidak bisa menoleransi tahu. Kucing tidak mempunyai enzim yang dibutuhkan untuk mencerna kandungan gula tertentu yang ada di tahu.

Kabarnya sebagian kucing juga ada yang alergi pada kedelai. Untuk mereka tahu bisa menjadi makanan berbahaya dan tidak boleh diberikan.

Yang aman bagi kucing sehat adalah tahu yang plain, tidak dibumbui, tidak mentah tapi juga tidak digoreng. Jadi kalau kamu makan tahu goreng kriuk yang dibumbui bawang putih, garam, dan lainnya jangan dikasih ke kucingmu.

Tahu juga tidak disarankan diberikan pada kucing sebagai makanan sehari-hari. Karena dari riset yang saya baca tahu diklasifikasikan sebagai sumber protein yang tidak komplit. Sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian kucing.

Tahu adalah sumber protein nabati, sedangkan kucing adalah karnivora sejati. Kucingmu membutuhkan protein yang berasal dari hewan.

Saya sendiri menghindari memberi makan kucing saya tahu. Namun jika kucing saya tiba-tiba makan sedikit tahu tanpa bumbu saya tidak terlalu khawatir. Saya amati saja, barangkali setelahnya ada reaksi tertentu yang membutuhkan pertolongan dokter hewan.

Untuk makanan sehari-hari dan cemilan, saya memilih makanan dan snack yang memang diformulasikan khusus untuk kucing.

Untuk snack, kamu bisa memberi kucingmu:

Muezza Creamy Treat Salmon

snack kucing muezza salmon

Mengandung serat yang bagus untuk pencernaan kucing, kalsium untuk kesehatan tulang, kandungan proteinnya di atas 6%, lemaknya kurang dari 0,5%. Ditambah lagi taurin untuk mata, jantung, dan pencernaan yang sehat.

Beli di Shopee

Referensi:

  • https://cattime.com/cat-facts/health/43435-can-cats-eat-tofu-safe
  • https://excitedcats.com/can-cats-eat-tofu/
  • https://upgradeyourcat.com/can-cats-eat-tofu/
  • https://www.truepetstory.com/cats/can-cats-eat-tofu/
  • https://petcosset.com/can-cats-eat-tofu/

Image by Peter Chou from Pixabay

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.