The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Kucing Makan Telur Mentah, Rebus, Asin, Goreng?

Bolehkah kucing makan telur? Boleh, tapi ada hal-hal penting yang harus diperhatikan.

Pada dasarnya telur memang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kucing, seperti:

  • Asam amino terutama taurin untuk fungsi penglihatan, fungsi jantung, pencernaan, imunitas.
  • Lemak tak jenuh tunggal untuk kesehatan jantung.
  • Lemak tak jenuh ganda untuk sistem saraf, otak, dan kesehatan jantung.
  • Vitamin sepeti A, D, E, B12, biotin, tiamin, riboflavin yang berfungsi sebagai antioksidan, imunitas, dsb.
  • Berbagai mineral.

Namun kucing hanya boleh makan telur matang, tanpa kulit (cangkang), dan tanpa bumbu. Makannya dalam jumlah sedikit dan tidak sering diberikan.

Bolehkah kucing makan telur mentah?

Tidak boleh karena telur mentah bisa mengandung bakteri seperti salmonella dan E coli. Salmonella menyebabkan gejala gangguan pencernaan seperti muntah dan diare, E coli pun setahu saya berbahaya. Putih telur mentah juga mengandung avidin yang mencegah penyerapan biotin (vitamin B7) sehingga kucing bisa kekurangan vitamin.

Bolehkah kucing makan telur rebus?

Boleh asal benar-benar direbus sampai matang menyeluruh. Sudah dikupas kulitnya cangkang dan membrannya, tidak dibumbui, makannya pun sesekali dan dalam jumlah sedikit. Telur harus dipotong kecil-kecil sebelum diberikan ke kucing agar tidak menyebabkan tersedak.

Bolehkah kucing makan telur asin?

Tidak boleh. Satu sendok teh garam jika dikonsumsi kucing bisa berbahaya bagi kesehatannya. Dan entah berapa banyak kandungan garam dalam telur asin.

Bolehkah kucing makan telur goreng?

Saya kurang mendapat informasi soal ini, tapi saya pribadi menyarankan kucing tidak usah diberi telur goreng. Saya khawatir jika minyak gorengn yang biasa kita pakai ternyata tidak baik untuk kucing. Namun jika digoreng tanpa minyak, misalnya diorak-arik mungkin masih boleh.

Kesimpulan

Kucing boleh diberi makan telur dengan syarat dimasak matang menyeluruh, tanpa kulit cangkang, tanpa kulit membran, tanpa bumbu apapun. Pemberiannya sesekali sebagai snack dan setiap kalinya dalam jumlah sedikit, kira-kira sepotong kecil.

Jangan memberi telur sebagai makanan utama kucing sehari-hari. Karena telur tidak mempunyai nutrisi yang lengkap untuk kucing.

Telur hanyalah pelengkap dari bagian makanan kucing. Salah satu makanan kucing yang ada campuran telurnya adalah Coucou, dry food-nya ada campuran kuning telur kering.

Dari informasi yang saya dapat anak kucing yang sudah lepas masa sapih boleh diberi sedikit telur. Tapi saya tidak menyarankan, lebih baik diberi makanan yang memang diformulasikan khusus untuk anak kucing.

Terakhir dan yang paling penting, konsultasikan pada dokter hewan langgananmu sebelum kamu memberi kucingmu makanan diluar makanannya sehari-hari, termasuk telur. Apalagi jika kucingmu mempunyai masalah kesehatan tertentu.

Referensi:

  • https://www.purina.com/articles/cat/nutrition/can-cats-eat-eggs
  • https://forestvets.co.uk/wp-content/plugins/vetstream_swagger/pet-health/pet/pet_info_print.php?vetstream-type=ZmVsaXM=&nodeguid=fb3ec1c2-67b2-40bb-a09a-59fbe1f8e994
  • https://www.petmd.com/cat/nutrition/can-cats-eat-eggs

Image: Lucnarock, Pixabay

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

Leave a Reply

Your email address will not be published.