The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Bolehkah Kucing Makan Udang? Berbahayakah Bagi Kucing?

Bolehkah kucing makan udang? Dari riset yang saya lakukan ternyata jawabannya boleh jika hanya sesekali diberikan sebagai snack. Tidak boleh dijadikan sebagai pengganti makanan utama kucing karena nutrisi udang tidak lengkap dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan kucing.

Pemberiannya pun hanya diperbolehkan dalam jumlah sedikit. Dengan syarat udangnya tidak mengandung bahan lain yang beracun bagi kucing.

Udang segar yang sudah dibersihkan kotorannya dan dicuci bersih bisa diberikan ke kucing dalam keadaan masih mentah atau dimasak. Tapi saya lebih menyukai dan menyarankan dimasak dulu untuk berjaga-jaga agar kuman yang mungkin ada bisa mati. Udangnya sebaiknya juga dikupas dan dibuang kepalanya agar mudah dimakan oleh kucing, dan menghindari mereka tersedak oleh kulit atau kepala udang yang cukup keras teksturnya.

Memasaknya pun sebaiknya sekedar direbus atau dikukus tanpa dibumbui apa-apa. Jadi hindari juga memberi kucing udang yang sudah dimasak dengan resep tertentu. Hal itu untuk menghindarkan kucing memakan bahan-bahan makanan yang bisa berbahaya baginya.

Hindari juga memberi kucing udang (dan makanan apapun) yang sudah basi. Ada yang menyarankan udang yang sudah diberikan tapi tidak dimakan kucing sebaiknya juga dibuang setelah sekitar 20 menit.

Dari sisi kucing sendiri yang boleh diberi udang harus kucing yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan tertentu. Namun mungkin bisa saja mereka setelah makan udang tetap mengalami gejala seperti muntah, diare, atau kulit gatal. Kalau itu terjadi segera kontak dokter hewan langgananmu.

Meski jarang terjadi, anafilaksis bisa terjadi, yaitu reaksi alergi yang parah dan mengancam jiwa kucing. Gejala yang muncul meliputi bengkak, gatal, susah bernafas, dan kolaps. Jika ini terjadi penanganan segera dari dokter hewan sangatlah penting.

Kucing yang mempunyai kondisi medis tertentu tidak boleh diberi makan udang. Misalnya kucing yang alergi udang atau sea food. Atau kucing yang sedang menjalani diet tertentu dari dokter hewan.

Kesimpulan saya, yang bisa saja salah, bisa jadi masih aman jika kucing yang benar-benar sehat sengaja atau tidak sengaja makan sedikit udang tanpa bumbu namun sesekali saja. Yang jelas saran dari dokter hewan lebih valid daripada saran saya, maka kalau kamu sedang ke klinik hewan manfaatkan untuk bertanya apakah kucingmu boleh makan udang atau makanan tertentu lainnya.

Untuk snack kucing saya sendiri lebih memilih memberi kucing saya snack yang memang dibuat khusus untuk kucing. Lebih aman dan lebih bernutrisi. Favorit kucing saya adalah snack kucing Vitakraft yang lezat, bernutrisi, dan banyak variannya.

Kamu bisa membeli Vitakraft di marketplace official mereka di link ini: Vitakraft Shopee.

Share your love
Purwanto
Purwanto

Konten blog ini hanya untuk pengetahuan dan hiburan. Meski saya berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, konten yang ada bukan sebagai pengganti saran (dan semacamnya) dari dokter hewan. Kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan.

Saya juga terbuka untuk saran, kritik, dan senang sekali jika kamu ingatkan jika ada hal yang salah di blog ini. Mau kerjasama juga boleh misalnya guest post, promosi bisnis terkait kucing, dll.

Articles: 199

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.