Kenapa kucing mendengkur

Kenapa Kucing Mendengkur? Apakah Itu Normal?

Ya, kucing mendengkur itu normal. Seperti manusia, kucing juga mendengkur saat tidur dan itu wajar. Kucing dengan flat face seperti Persia bahkan lebih sering mendengkur.

Penyebab kenapa kucing mendengkur bermacam-macam, ada yang karena perilaku juga masalah medis.

Jenis Brachycephalic

Kucing jenis brachycephalic misalnya adalah kucing Persia. Kucing jenis ini tulang hidung dan wajahnya lebih pendek sehingga membuat wajah dan hidungnya “ambles” ke dalam. Jalur hidung yang lebih pendek dan langit-langit mulut yang memanjang dapat menyebabkan dengkuran saat tidur.

Kegemukan

Kegemukan berarti terjadi penumpukan lemak di tubuh kucing termasuk di sekitar saluran udara bagian atas. Akibatnya udara tidak dapat mengalir dengan baik di sistem pernapasan kucing.

Pernapasan kucing saat ia tidur pun terganggu. Udara tidak mengalir lancar melalui hidung dan tenggorokan maka timbullah vibrasi dan suara dengkuran.

Penyakit

Infeksi jamur, bakteri, dan virus dapat menyebabkan masalah pada sistem pernapasan kucing. Gejala yang tampak antara lain batuk, sesak napas, terengah-engah, dan mendengkur.

Jika kucing terkena infeksi selain dengkuran juga akan terlihat tanda lain. Perhatikanlah apa kucingmu ada masalah pernapasan di saat dia tidak tidur, jika iya sebaiknya berkonsultasi ke dokter hewan.

Penyakit lain yang bisa menyebabkan kucing mendengkur adalah polip. Tumor atau kanker pada saluran pernapasannya juga mengakibatkana kucing kesulitan bernapas saat tidur.

Benda Asing di Saluran Pernapasan

Kucing bisa menelan benda seperti bagian mainan yang terlepas, serpihan kain, atau apapun. Kita tidak bisa kan mengawasi 24 jam binatang yang penuh rasa ingin tahu ini. Benda yang ditelannya itu bisa masuk ke saluran pernapasan dan menimbulkan masalah.

Saluran hidung akan tertekan dan kucing bisa batuk, mengi (napasnya bersuara ngiik), dan mendengkur. Ini perlu ditangani oleh dokter hewan, jika benda asingnya besar bisa saja diperlukan operasi untuk mengangkatnya.

Posisi Tidur Tidak Nyaman

Kucing terkenal kan dengan posisinya yang aneh aneh saat tidur? Kalau kita meniru posisi tidurnya mungkin bakal terkilir atau minimal tidak nyaman.

Heran bisa saja mereka tidur nyenyak dengan posisi mengangkang satu kaki di atas dan kepala miring. Jika memang posisi tidur adalah penyebab kucingmu mendengkur, begitu dia ganti posisi lain dengkurannya akan berhenti.

So far, yang saya pahami jika kucing mendengkur dengan suara normal, dan dia sehari-hari gembira, masih bermain seperti biasa, nafsu makannya bagus, kemungkinan besar itu wajar dan tidak perlu kita khawatir. Tak jarang kucing mendengkur karena dia sedang rileks tidurnya.

Yang gawat jika dengkurannya keras dan disertai masalah pernapasan lainnya, juga jika kucing mendengkurnya saat tidak tidur. Ditambah lagi jika disertai menurunnya nafsu makan secara drastis. Sekali lagi, itulah saatnya kita perlu ke dokter hewan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *