Kucing punya 9 nyawa

Asal Mula dan Fakta Mitos Kucing Punya 9 Nyawa

Fun

Benarkah kucing punya 9 nyawa? Tentu tidak, yang benar kucing hanya punya satu nyawa. 9 nyawa kucing hanyalah mitos yang entah dari mana asalnya dan sejak kapan adanya.

Tidak jelas juga kenapa 9 dan bukan angka yang lain. Namun angka itu ternyata berbeda di beberapa wilayah.

Legenda Arab dan Turki mengatakan kucing punya 6 nyawa. Sedangkan di beberapa wilayah Spanyol ada kepercayaan kucing memiliki 7 nyawa. Di Inggris pun ada pepatah kuno yang berbunyi, “A cat has nine lives. For three he plays, for three he strays, and for the last three he stays”.

Mitos Dari Jaman Kuno?

Kemungkinan mitos 9 nyawa berasal dari jaman kuno. Dulu mungkin hal itu benar-benar dipercaya namun setelah berganti jaman mitos masih dikenal tapi sudah tidak dipercaya.

Dahulu sekali kucing ditakuti dan dipuja. Di Mesir misalnya ada dewi kucing bernama Bastet, wujudnya digambarkan sebagai seekor kucing atau kadang seorang wanita berkepala kucing. Pada 450 SM di Mesir ditetapkan hukuman mati bagi siapa yang membunuh kucing.

Kucing juga terdapat di dongeng kuno yang tidak masuk akal. Dongeng Persia mengatakan kucing tercipta secara ajaib. Seorang pesulap mengambil asap, nyala api dan dua bintang yang lalu dibuatnya menjadi kucing.

Sedangkan di India ada Panchatantra sebuah kumpulan kisah binatang yang ditulis pada sekitar 5 SM. Cerita terkenal Puss in Boots sebenarnya berasal dari Panchatrantra ini.

Maka tak heran kan jika jaman dulu misalnya sampai ada kepercayaan kucing itu punya banyak nyawa.

Kemampuan “Lolos” Dari Maut

Kucing dikatakan seolah punya banyak nyawa mungkin juga karena kemampuannya meloloskan diri dari situasi berbahaya bahkan mematikan, dan kemampuannya bergerak di tempat-tempat berbahaya. Misalnya bisa berjalan dengan enaknya di puncak atap rumah, mendarat dengan mulus ketika jatuh atau meloncat dari ketinggian, dan berlari melintasi jalan tapi tidak tertabrak mobil.

Dari waktu ke waktu orang menyaksikan kucing bisa bertahan hidup dalam situasi yang mustahil. Yang bagi binatang lain kemungkinan besar akan berakibat parah. Mulailah orang bercanda atau percaya tentang banyaknya nyawa yang dimiliki kucing.

Sebenarnya itu karena kucing secara alami dibekali banyak hal yang sangat membantunya dalam situasi genting:

  • Indra yang lebih peka. Ia punya penglihatan, penciuman, peraba, dan pendengaran yang lebih peka.
  • Lincah dan tangkas, tubuhnya pun lentur. Bahkan kucing jika jatuh dari ketinggian dengan posisi telentang, di udara ia bisa cepat berputar sehingga mendarat dengan keempat kakinya.
  • Kemampuan berburu dan bertahan hidup yang bagus. Kucing mempunyai kemampuan handal dalam berlari, menerkam, mengintai, memanjat, meloncat, dan menyerang.
  • Kucing memiliki refleks secepat kilat dan mampu mengambil keputusan dengan cepat.

Semoga tulisan ini menghibur dan menjawab penasaranmu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap