Kucing termahal di dunia

Ameowzing! Jenis-Jenis Kucing Termahal di Dunia

Fun

Sulit untuk menemukan daftar harga resmi berbagai jenis kucing. Resmi disini misalnya daftar harga yang dikeluarkan oleh asosiasi pecinta kucing atau asosiasi breeder.

Maka saya terpaksa mengambil data dari beberapa website. Karena membahas harga kucing termahal di dunia, bukan hanya di Indonesia, harga yang saya cantumkan adalah US dollar.

Kucing Berharga Kisaran $500-$800

Kucing 800 dolarKucing yang paling murah di list ini berharga antara $500-$800. Yaitu kucing Norwegian Forest, Egyptian Mau, Korat, dan Selkirk Rex.

Tapi tetap terasa mahal juga ya bagi sebagian besar dari kita. Saat artikel ini ditulis kurs 1 USD sekitar Rp 14.400. Jadi kalau dirupiahkan sekitar Rp 7.200.000-11.520.000. Wew, semoga earning blog ini bisa mencapai segitu, amin.

American Shorthair

American ShorthairHarga: $600-$1200

Nama lainnya adalah Domestic Shorthair. Kucing ini penuh rasa ingin tahu, aktif, suka bermain, tapi temperamennya kalem. American Shorthair dikenal sebagai kucing yang biasanya kesehatannya bagus dan berumur panjang.

American Wirehair

American WirehairHarga: $1000-$1200

Selisih harga kucing yang people oriented ini tidak terlalu jauh dengan American Shorthair. Kucing ini cocok dipelihara oleh keluarga karena bisa akrab dengan orang dewasa, orang lanjut usia, dan anak-anak.

Ragdoll

RagdollHarga: $800-$1300

Kucing ini kalem tidak berisik dan ada di wish list saya, jika ada jodoh saya ingin punya seekor Ragdoll. Kucing ini cantik sekali, menggemaskan, dan jinak. Badannya cukup besar dan dia suka dipangku juga digendong.

American Curl

RagdollHarga: $800-$1300

Ciri khas kucing ini cukup unik, kupingnya terlipat ke belakang. Tapi waktu lahir kupingnya normal, lurus seperti kuping kucing umumnya, baru setelah umur 5 harian telinganya mulai terlipat. Sifatnya manis, manja mirip dengan anak kucing.

Scottish Fold

Scottish FoldHarga: $800-$1500

Ciri khas Scottish Fold juga ada di kupingnya, bedanya terlipatnya ke arah depan. Kombinasi bentuk kuping, mata lebar dan wajah bulat membuat tampang kucing ini mirip Teddy Bear. Tak heran kalau banyak yang gemas pada kucing ini.

British Shorthair

British ShorthairHarga: $800-$1700

Kucing ini punya nama lain yang cukup banyak yaitu Highlander, Highland Straight, Britannica, English Cat, dan Brit. British Shorthair kucing yang kuat dan punya insting berburu yang bagus, mengingat leluhur mereka adalah kucing pekerja yang menjaga lumbung, kebun, rumah, dan gudang.

Sphynx

SphynxHarga: $900-$2000

Kucing tanpa bulu ini berasal dari Kanada sehingga ia disebut juga Canadian Hairless dan Canadian Sphynx. Sekilas tubuhnya tampak seperti kucing yang habis dicukur. Meski tak berbulu kucing ini banyak penggemarnya dan dijual dengan harga mahal.

Siberian Forest

Siberian ForestHarga: $1300-$2000

Kucing semi longhair ini lahir dengan bulu pendek, baru setelah sekitar umur 3 bulan bulunya mulai tumbuh panjang. Dia loyal, cerdas dan merupakan kucing nasional Rusia. Kiranya kucing ini cocok dipelihara di tempat dingin.

Russian Blue

Russian BlueHarga: $500-$3000

Russian Blue kucing yang bisa sangat loyal dan sangat penyayang pada pemiliknya. Itu karena ia akan membangun keterikatan yang kuat dengan orang yang disukainya. Sebaliknya dengan orang asing kucing ini bisa pemalu.

Peterbald

PeterbaldHarga: $1700-$3000

Seperti Sphynx, Peterbald juga dibilang tidak mempunyai bulu. Tapi sebenarnya ia mempunyai bulu yang sangat tipis. Asalnya dari Rusia dan merupakan hasil dari experimental breeding, persilangan dari kucing Donskoy dan Oriental Shorthair.

Persia

PersiaHarga: $1800-$3000

Kucing sejuta umat karena kepopulerannya dan banyaknya orang yang memeliharanya. Ciri khasnya yang terkenal adalah wajahnya yang rata dan hidungnya yang pesek. Kucing cantik yang berasal dari Persia/Iran ini mempunyai nama lain Shiraz atau Shirazi.

Maine Coon

Maine CoonHarga: $950-$3500

Nama lainnya adalah Coon Cat, Maine Cat, Maine Shag, Snowshoe Cat, American Longhair, dan The Gentle Giants. Dikenal sebagai kucing berbulu panjang yang ukuran tubuhnya besar. Maine Coon kucing extrovert yang cerdas dan suka bersosialisasi.

Bengal

BengalHarga: $1500-$5000

Kucing ini miniatur dari Leopard, persilangan dari kucing domestik dengan kucing hutan. Meski tampilannya eksotis dan tampak liar, namun temperamennya manis seperti kucing domestik umumnya. Dia pemberani dan mempunyai energi yang besar.

Savannah

SavannahHarga: $1000-$50000

Seperti Bengal, Savannah juga hasil dari perkawinan silang antara kucing domestik dengan kucing liar. Kucing ini berbulu pendek, tubuhnya tinggi dan langsing. Savannah kucing yang aktif, percaya diri dan suka berinteraksi dengan kucing lain juga dengan manusia.

Ashera

FaniHarga: $22000-$125000

Sejauh ini Ashera adalah kucing termahal di dunia nomor 1. Kucing ini dikembangkan oleh perusahaan Lifestyle Pets di Delaware, USA. Dia merupakan hasil persilangan dari kucing liar Serval dari Afrika (African Serval), dengan Asian Leopard, dengan kucing domestik.

Hasilnya adalah seekor kucing yang tampak liar dan buas. Tapi dengan karakter dan temperamen kucing domestik yang sangat ramah.

Mengapa Harga Kucing Bisa Mahal?

Menurut saya faktor yang menentukan tinggi rendahnya harga kucing adalah:

  1. Di mana belinya. Kalau membeli di breeder yang kurang terkenal harganya bisa lebih murah. Tapi breeder dengan reputasi tinggi bisa mematok harga yang lebih mahal.
  2. Kualitas. Misalnya tidak ada cacat, tidak ada riwayat penyakit serius, bulunya sehat dan bagus warnanya, penampilannya tampan/cantik.
  3. Kelangkaannya. Semakin langka semakin mahal harganya. Kelangkaan ini bisa jadi terjadi karena sulitnya pengembang biakannya.
  4. Tingkat kesulitan pengembangan. Semakin sulit pengembangannya juga semakin besar pemikiran dan biaya yang dikeluarkan. Jadi wajar kalau harga jualnya mahal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *