Kucing British Shorthair menggemaskan

Kucing British Shorthair, Kucing Pekerja yang Naik Kelas

Kucing British Shorthair awalnya adalah kucing kampung. Butuh jalan panjang baginya sebelum menjadi kucing berkelas seperti sekarang ini.

Sejarah Kucing British Shorthair, Sempat Hampir Punah

British Shorthair jika dirunut berasal dari kucing jalanan European Shorthair, yang dibawa ke Britania Raya oleh kekaisaran Romawi sekitar lebih dari 2000 tahun lalu. Romawi mendapatkan kucing-kucing dari Mesir lalu dibawa ke daerah-daerah taklukannya, termasuk Inggris, untuk menjaga persediaan makanan mereka dari hewan pengerat.

Kucing itu mengalami perkawinan silang dengan kucing liar Eropa dan menjadi kucing jalanan di Inggris selama berabad-abad. Sebagian dari mereka dipelihara sebagai kucing pekerja untuk menangkap tikus di lumbung, gudang, kebun, dan rumah. Lama setelahnya barulah ia menjadi kucing peliharaan yang berkelas dan disayangi.

Pada akhir 1800an orang mulai mengapresiasi kecantikan, kepribadian, dan nilai kucing British Shorthair sebagai binatang peliharaan kesayangan. Diawali oleh Harrison Weir, seorang penggemar kucing kenamaan yang juga cat breeder pertama.

Ia sangat berperan membuat British Shorthair diakui sebagai binatang peliharaan. Harrison Wier mendomestikasi kucing jalanan Inggris, dan melalui perkawinan silang dan program breeding, lahirlah kucing British Shorthair.

Ketika ia mengadakan cat show pertama dunia pada 1871 di Crystal Palace, Sydenham Hill, London, Harrison Weir juga membuat aturan standar penjurian kucing dan menamai kucing kampung Inggris sebagai British Shorthair. Kucingnya, seekor British Shorthair betina berwarna biru mendapat penghargaan Best in Show. Setelah itu British Shorthair menjadi populer di kalangan pecinta kucing.

Anak kucing British lucu
Anak kucing British Shorthair

Saat Perang Dunia II para pemilik kucing kesulitan memberi makan peliharaan mereka. Hal itu menyebabkan hancurnya populasi sebagian besar kucing Eropa, termasuk British Shorthair. Setelah perang, Governing Council of the Cat Fancy mengijinkan para peternak kucing untuk melestarikan British Shorthair dengan cara perkawinan silang dengan ras-ras lain.

Maka kucing-kucing shorthair lokal, Burmese, Russian Blue, Persia, Korat, dan Chartreux dikawin silangkan dengan sisa British Shorthair yang ada. Butuh banyak generasi sebelum akhirnya tercapai bentuk yang diinginkan. Yaitu ras yang mempunyai bangun tubuh yang kuat, tahan banting, berotot kuat, dan mempunyai kemampuan beradaptasi yang bagus.

Biru (abu-abu) mendominasi warna kucing British Shorthair dikarenakan pengaruh dari kucing Persia biru, Russian Blue, dan Chartreux. Sehingga selama beberapa tahun sempat dikenal dengan nama British Blue.

Di Amerika Serikat para penggemar kucing mulai benar-benar menaruh perhatian pada British Shorthair baru pada 1960an. Kala itu British Shorthait diterima mengikuti kejuaraan kucing di Amerika oleh American Cat Association pada 1967.

International Cat Association menerima British Shorhair pada 1979 disusul oleh Cat Fanciers Association pada 1980. Sekarang, British Shorthair diterima dan disukai oleh penggemar kucing sedunia.

Karakter Kucing British Shorthair, Teman yang Menyenangkan


Kasih sayangMenengah
KeramahanMenengah
Ramah terhadap anakMenengah
Ramah terhadap hewan peliharaan lainMenengah
Suka bermainRendah
Energi/AktivitasRendah
KecerdasanMenengah
Kemampuan beradaptasiTinggi
Kecenderungan bersuaraRendah

British Shorthair adalah kucing yang menyenangkan. Ia suka bergaul, cerdas, tidak penuntut, tidak manja, penyayang, suka bermain tapi tidak berlebihan. Ia bukan tipe kucing yang membuat rumah berantakan.

Temperamennya bagus, tidak pemarah, dan tidak sangat aktif. Kebutuhan energinya rendah, dia tidak suka meloncat ke tempat tinggi. Karenanya kamu perlu mengajaknya bermain agar aktivitas fisiknya memadai untuk kesehatannya.

Gambar kucing imut British Mackerel
Kucing British Shorthair dengan pola bulu mackerel tabby

Jika sudah akrab dan tumbuh rasa percayanya ia akan jadi temanmu yang setia. Semakin banyak kamu memberikan kasih sayang dan perhatian, British Shorthair akan membalasanya dengan sepadan.

Ia akrab dengan seluruh anggota keluarga, tidak seperti ras lain yang memilih satu orang yang paling dia percaya. British Shorthair juga dikenal cukup toleran dengan anak kecil dan binatang peliharaan lain.

British Shorthair adalah kucing yang mandiri, bersuara kecil, dan bisa beradaptasi dalam berbagai situasi. Ia tidak masalah jika dipelihara indoor karena tidak suka keluyuran. Meski kamu lepas di luar ruangan, misalnya di halaman, dia tidak suka berkeliaran jauh-jauh.

Ia juga tidak masalah jika kamu tinggalkan sendirian di rumah. Misal kamu harus pulang malam atau menginap di luar kota semalam karena pekerjaan. Yang penting siapkan makan dan minumnya yang cukup.

British Shorthair tidak suka dipangku, ia lebih suka duduk di sampingmu atau menyentuh-nyentuhkan dirinya ke kakimu. Dia sebenarnya suka kamu temani, hanya saja dia tidak suka teman yang lengket yang suka mengangkat-angkat dan menciumnya. Dia akan senang bermain atau tidur di ruang yang sama denganmu.

Ciri-Ciri British Shorthair yang Bertubuh Kokoh


BeratSekitar 3-8 kg, jantan lebih besar dari betina
PanjangSekitar 55-65 cm
Warna mataEmas, hijau, biru, tembaga, odd-eyed (kedua mata warnanya berbeda)
BuluPendek dan lebat
Warna dan pola buluSolid (biru/abu-abu, hitam, putih, merah/oranye, cream), bicolor, tabby, smoke, colorpointed, tipped, tortie, calico
Harapan hidup12-20 tahun
Negara asalInggris

Kucing British Shorthair adalah salah satu kucing terbesar di dunia, ia bertubuh besar, padat, dan berotot. Ukuran tubuh kucing jantan lebih besar dari betinanya. Dadanya lebar dengan kaki yang pendek kuat, memiliki ekor yang pendek dan tebal berujung bulat.

Kepalanya bulat besar, matanya bundar, pipinya gemuk. Ia mempunyai hidung yang pendek dan rahang yang kuat. Sementara itu cakarnya juga berbentuk bulat.

Wajar jika British Shorthair mempunyai perwakan yang kokoh kuat. Dulunya dia kan kucing pekerja, penangkap tikus yang baik, maka mungkin karena itu tubuh dan ototnya berkembang jadi kuat.

Cara Merawat British Shorthair Cukup Mudah

Pertumbuhan British Shorthair termasuk lambat. Ia akan mencapai ukuran tubuh kucing dewasa setelah usianya sekitar 3 tahun, namun adapula yang butuh waktu sampai umur 5 tahun.

Kucing ini rentan terhadap obesitas terutama jika dikebiri, karena itu perhatikan makannya agar jangan berlebihan. Ajak juga bermain atau berikan mainan interaktif agar fisiknya terlatih.

Bulunya yang pendek namun padat dan tebal, mengharuskan kamu untuk menyikatnya beberapa kali seminggu. 2-3 kali seminggu cukup untuk menghilangkan ketombe dan bulu yang rontok. Hal itu juga sekaligus untuk mencegah hairball.

Untuk makanannya berikan yang terbaik sesuai umur dan tingkat aktivitasnya. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli seperti dokter hewan untuk menentukan makanan yang tepat.

Referensi:

  1. Crystal Palace adalah bangunan raksasa terbuat dari besi dan kaca, terletak di Hyde Park, untuk tempat diadakannya Great Exhibition pada 1851. Bangunan ini dipindahkan dan dibangun ulang pada 1852-54 di Sydenham Hill (sekarang di wilayah Bromley), kemudian terbakar habis pada 1936.
  2. Barron’s Encyclopedia of Cat Breeds: A Complete Guide to the Domestic Cats of North America, J. Anne Helgren.
  3. Cat Breeds of The World: A complete reference to cat breeds, characteristics and showing your cat, Paddy Cutts.
  4. https://www.thesprucepets.com/learn-all-about-the-british-shorthair-cat-4705418
  5. https://www.royalcanin.com/uk/cats/breeds/breed-library/british-shorthair
  6. http://www.vetstreet.com/cats/british-shorthair
  7. https://www.hillspet.com/cat-care/cat-breeds/british-shorthair

(Foto: Shutterstock)



Comments

  1. Ini kucing favoritkuuuu banget. Tp aku ga bisa pliara di rumah Krn jujur aja kasian Ama kucingnya, ga banyak space, ga ada kebun juga. Walopun British shorthair LBH suka indoor, tp setidaknya jgn yg terlalu sempit juga kan :D.

    Aku suka kucing ini Krn dia mandiri dan suaranya ga kenceng :D. Soalnya suami ga terlalu suka Ama kucing yg ribut .

    1. Iyah kucing yang ribut bikin stress emang wkkkk. Kucing saya waktu belum disteril berisik juga. Dia tipe outdoor banget tapi setelah beberapa lama saya bebasin keluar rumah akhirnya saya mutusin dipiara indoor aja, karena dia jadi sering sakit dan sering berantem kalau outdoor.

      Tempat tinggal saya juga nggak luas, dia saya bebasin main di ruang mana aja kecuali kamar mertua. Sering saya ajak main. Saya ajak jalan jalan pakai tali masih belum mau dia, bawaannya ngambek mulu, masih perlu banyak latihan. Nanti kalau ada rejeki saya pengen bikin rak buku yang nempel dinding, bentuknya kaya undakan gitu biar bisa dipakai kucing saya main, karena dia seneng naik ke genteng kalu main di luar.

      Btw miara kucing apa mbak di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *