Kucing American Shorthair

Kucing American Shorthair: Sejarah, Karakter, Ciri & Perawatannya

Kucing American Shorthair dikenal kadang suka menghadiahi pemiliknya hewan buruan. Mungkin tikus kecil, kadal, atau hewan kecil lainnya. Tak heran karena leluhurnya memang kucing penjaga lumbung yang insting berburunya kuat.

Sejarah Kucing American Shorthair

Benua Amerika tidak mempunyai spesies kucing asli yang dari spesies itu lalu menghasilkan kucing domestik. Jadi kucing domestik datang ke Amerika bersama pendatang Eropa, namun kapan tepatnya kedatangan mereka tidak diketahui.

Waktu itu kucing sering dipelihara di kapal untuk menjaga biji-bijian dan bahan makanan lainnya dari tikus. Orang-orang Eropa pertama kali datang ke benua Amerika, daerah yang didatanginya adalah Amerika Utara (benua Amerika bagian utara). Maka tidak heran jika kucing domestik di benua Amerika, muncul pertama kali di Amerika Utara.

Catatan: Amerika Utara sekarang ini daerahnya meliputi beberapa negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Barbados, Kuba, Belize, El Salvador, Meksiko, dan lainnya. Sumber: Wikipedia.

Kucing domestik kemungkinan telah menghuni Dunia Baru (Amerika) sejak tahun 1500an. Sebuah catatan tertulis dari tahun 1609 menyebutkan keberadaan kelompok kucing domestik di Jamestown, koloni Inggris permanen pertama di Dunia Baru.

Saat itu kucing di masyarakat Amerika berfungsi sebagai penangkap tikus. Mereka dipelihara lebih karena fungsinya, bukan karena bentuk dan kecantikannya.

Kehidupan pada masa itu sangat sulit, baik bagi manusia maupun kucing. Sehingga kucing di waktu itu secara alami karena keadaan mengembangkan otot, rahang, dana tubuh yang kuat.

Seiring waktu hidup menjadi lebih mudah, dan orang mulai tertarik pada keindahan kucing. Pada akhir 1800an muncullah para penggemar kucing dan cikal bakal kucing American Shorthair disambut baik oleh mereka. Namun saat itu breed American Shorthair hanya disebut sebagai Shorthair, yang kemudian sebutannya berubah menjadi Domestic Shorthair.

Uniknya, kucing American Shorthair pertama yang terdaftar di organisasi kucing Amerika adalah seekor jantan oranye tabby bernama Belle, yang diimpor dari Inggris di awal 1900an. Baru pada 1904 kucing American Shorthair pertama kelahiran Amerika, bernama Buster Brown, didaftarkan di bawah nama ras Shorthair.

Awal 1900 pecinta kucing Amerika lebih tertarik pada kucing impor seperti Anggora dan Persia dibanding pada American Shorthair. Kucing impor itu pun disilangkan dengan American Shorthair.

Di awal 1900an juga sekelompok breeder yang lebih menyukai kucing American Shorthair memulai program breeding untuk melestarikan American Shorthair. Namun butuh waktu lama, sampai 1960an, bagi kucing American Shorthair untuk diterima memasuki arena show.

Pada akhir 1950-an sejumlah breeder American Shorthair berusaha untuk meningkatkan ras kucing kesayangan mereka. Juga untuk memperkenalkan warna baru. Mereka pun mulai menyilangkan kembali American Shorthair dengan kucing Persia.

Akibatnya bentuk tubuh dan bentuk kepala American Shorthair berubah menjadi lebih mirip dengan Persia. Banyak breeder American Shorthair yang kecewa dengan hasil tersebut.

Standar American Shorthair kemudian diubah untuk mendiskualifikasi kucing mana pun yang menunjukkan bukti hibridisasi (pencampuran). Pada bulan September 1965, para breeder memilih untuk mengubah nama ras menjadi American Shorthair.

Nama baru itu membawa citra yang baru juga, American Shorthair pun mulai diterima dengan baik. Juga pada tahun 1965 seekor American Shorthair jantan tabby berwarna perak mendapat gelar Best Cat dari Cat Fanciers’ Association. Sekarang ini, kucing American Shorthair adalah salah satu kucing shorthair paling populer dan disenangi.

Karakter Kucing American Shorthair


Kasih sayangCukup tinggi
KeramahanCukup tinggi
Ramah terhadap anakTinggi
Ramah terhadap hewan peliharaan lainYa
Suka bermainTinggi
Energi/AktivitasTinggi
KecerdasanCukup tinggi
Kemampuan beradaptasiTinggi
Kecenderungan bersuaraRendah

American Shorthair

Kucing American Shorthair adalah kucing yang manis, tidak terlalu suka diemong tapi juga tidak suka dicueki. Mereka aktif tapi tidak hiperaktif.

Kucing ini suka duduk di pangkuan pemiliknya tapi tidak suka diangkat. Kemampuan beradaptasinya cukup baik, mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain dan anak kecil. Ia juga tidak keras kepala dan mudah dilatih, asyiknya lagi tidak berisik.

American Shorthair cenderung tetap aktif dan suka bermain hingga usia tua mereka. Mainan sederhana pun mereka suka seperti kamu ajak berkejar-kejaran atau bermain bola kertas.

Tapi jangan kaget, kucing ini dahulunya adalah kucing lumbung yang kuat naluri berburu tikusnya. Ia bisa tiba-tiba membawakanmu tikus hasil buruannya. Dia juga bakal senang kalau diberi mainan tikus-tikusan.

Ciri-ciri Kucing American Shorthair


BeratJantan: 5 kg ke atas, betina: 3,5-5 kg
PanjangSedang
Warna mataBiru, copper, hijau, emas, hazel, odd-eyed
BuluPendek
Warna dan pola buluWarna bulu putih, biru, hitam, krem, oranye, perak, keemasan, coklat, cameo, bluecream, tortoiseshell, chinchilla. Pola bulu solid, tortoiseshell, bicolor, tricolor/calico, tabby, smoke, shaded.
Harapan hidupHingga 20 tahun
Negara asalAmerika Serikat

Kucing American Shorthair oranye

American Shorthair adalah jenis kucing pekerja. Ia adalah kucing yang kuat, seimbang, punya daya tahan bagus, dan tangkas. Badannya kokoh, dan berotot dengan bahu, dada, dan bagian belakang yang berkembang baik.

Kepalanya besar, rahang kuat, dengan pipi penuh memberi kesan lonjong. Ekspresi wajahnya manis dan terbuka. Panjang hidungnya sedang, naik melengkung lembut dari pangkal hidung ke dahi.

Kupingnya juga berukuran sedang, agak membulat di ujung. Jarak antar telinga adalah dua kali jarak antar mata.

Matanya besar dan lebar dengan kelopak atas berbentuk seperti setengah almon, kelopak bawahnya berbentuk kurva penuh. Matanya cerah, jelas, dan waspada.

Panjang kaki sedang dan sangat berotot. Cakarnya kokoh, penuh, dan bulat dengan bantalan telapak yang tebal. Jari kakinya berjumlah lima di kaki depan dan empat untuk kaki belakang.

Panjang ekornya juga sedang, besar di pangkalnya lalu meruncing sampai di ujungnya yang tumpul.

Bulu American Shorthair pendek, tebal, rata, dan keras. Lapisan bulunya cukup padat untuk perlindungan dari kelembaban, hawa dingin, dan cedera kulit.

Warna bulu putih, biru, hitam, krem, oranye, perak, keemasan, coklat, cameo, bluecream, tortoiseshell, chinchilla. Pola bulu solid, tortoiseshell, bicolor, tricolor/calico, tabby, smoke, shaded.

Cara Merawat Kucing American Shorthair

American Shorthair dikenal sebagai ras yang sehat dan kuat dengan cuma sedikit cacat genetik. Dengan perawatan yang tepat Insya Allah kucing ini bisa menikmati masa hidup yang panjang.

Namun sejumlah kecil garis keturunan diketahui membawa penyakit jantung bawaan hypertrophic cardiomyopathy (HMC). Juga karena persilangan yang dilakukan dengan Persia, beberapa rentan terhadap polycystic kidney disease (PKD), penyakit serius yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

Grooming diperlukan sekitar sekali dalam seminggu, sikatlah bulunya dengan baik. Bersihkan juga kupingnya dan potong kukunya secara teratur.

Nutrisinya harus diperhatikan, jangan sampai dia kurus juga jangan kegemukan. Kondisi tubuhnya yang kuat harus terjaga. Kucing ini mudah dirawat, tenang, dan tidak keberatan ditinggal pergi sendirian.

Penutup

Kucing American Shorthair cocok dipelihara oleh mereka yang tinggal sendirian. Tentunya cocok juga jadi kucing kesayangan keluarga.

Dia tidak rewel, bisa bermain sendiri, dan bisa ditinggal pergi-pergi tanpa teman. Mainannya pun gampang, jika tidak ada mainan khusus kucing dia bisa menemukan benda-benda yang dijadikan mainannya. Mungkin pulpen, pensil, tutup botol plastik, atau bola kecil.

Referensi:

  • Encyclopedia of Cat Breeds, J. Anne Helgren
  • The Cat Encyclopedia, DK
  • The Complete Cat Breed Book, DK
  • https://www.hillspet.com/cat-care/cat-breeds/american-shorthair
  • https://cattime.com/cat-breeds/american-shorthair#/slide/1
  • http://www.vetstreet.com/cats/american-shorthair



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap