Rusty Spotted Cat kucing terkecil di dunia

Rusty Spotted Cat, Kucing Terkecil di Dunia

Rusty Spotted Cat oleh banyak pihak dinobatkan sebagai kucing terkecil di dunia. Kucing liar ini tampak lucu seperti anak kucing, suara ngeongnya pun lucu. Tonton deh video di bawah ini sebelum lanjut membaca.

Ciri-Ciri Rusty Spotted Cat

  • Rusty Spotted Cat (Prionailurus rubiginosus).
  • Panjang dari kepala ke badan sekitar 35-48 cm.
  • Panjang ekor sekitar 15-30 cm.
  • Tinggi sekitar 20 cm.
  • Berat jantan sekitar 1-1,1 kg, betina sekitar 1,5-1,6 kg.

Ukurannya kecil, lebih kecil dari kucing domestik. Bulunya pendek dan halus berwarna coklat kehitaman atau coklat keabu-abuan.

Bulunya berbintik-bintik berwarna merah seperti warna karat (rust) dan ada yang berwarna coklat gelap. Kadang bintik itu membentuk garis-garis pada tengkuk, bahu, dan rusuk atas.

Perutnya berwarna krem pucat atau putih. Ekornya tebal dan berbentuk tabung dan seringkali ujungnya berwarna gelap.

Habitatnya

Rusty Spotted Cat adalah hewan endemik (hewan yang hanya ada di tempat tertentu) India, Sri Lanka, dan sebagian wilayah Nepal. Kucing ini dulunya hanya tinggal di hutan basah. Tetapi sekarang diketahui ia ternyata memiliki toleransi habitat yang luas.

Jadi Rusty Spotted Cat bisa hidup di hutan basah dan kering, hutan bambu, padang rumput yang ditumbuhi sedikit pepohonan, padang belukar, padang belukar kering, dan habitat berbatu.

Ia juga ditemukan mendiami hutan pegunungan lembab hingga ketinggan 2.100 m di Sri Lanka sana. Hewan ini juga toleran pada habitat buatan manusia seperti pertanian, perkebunan teh, ladang jagung, dan perkebunan hutan yang kaya akan mangsanya: tikus, katak, dan kodok.

Kadang-kadang kucing ini hidup sangat dekat dengan manusia. Misalnya di rumah kosong pedesaan.

Apa Mangsa Rusty Spotted Cat?

Rusty Spotted Cat di alam liar memangsa berbagai jenis tikus seperti bandicoot, gerbil India, dan tikus ladang India yang kecil. Ia juga memakan burung kecil, anak hewan yang baru menetas, reptil, kodok, katak, dan hewan-hewan invertebrata (tanpa tulang belakang) lainnya.

Kadang Rusty Spotted Cat memangsa unggas, terutama ayam, yang dipelihara di luar kandang. Tapi ia jarang sengaja masuk ke kandang unggas untuk mencari mangsa.

Sebagian besar kucing liar ini aktif di malam hari dan berburu di tanah. Tetapi mereka juga pandai memanjat dan mungkin juga berburu di pohon.

Cara berburu mereka seringkali “duduk dan tunggu”. Berdiam di cabang pohon, batu, atau tempat tinggi lainnya dan mendengarkan suara mangsa mereka di tanah di bawahnya.

Sebuah pengamatan melaporkan bahwa seekor Rusty Spotted Cat, dari cabang pohon yang rendah menerkam mangsanya yang ada di tanah. Umumnya mangsa dibunuh dengan gigitan di tengkuk atau di tenggorokan.

Rusty Spotted Cat adalah pemburu yang sangat gesit dan dinamis dengan refleks mengagumkan. Mereka diketahui mampu menangkap burung yang terbang dari semak-semak.

Karakter dan Reproduksi

Rusty Spotted Cat adalah kucing teritorial, ia mempunyai area jelajah. Daerah kekuasaannya ditandainya dengan mengencingi ranting pohon yang rendah dan semak-semak. Juga dengan menggesekkan pipi dan dadanya pada tanaman.

Di penangkaran, reproduksi Rusty Spotted Cat tidak mengenal musim, entah kalau di alam liar. Masa kehamilan biasanya 67 sampai 71 hari, dengan satu kelahiran menghasilkan antara satu hingga tiga anak.

Kematian dan Ancaman

Ukuran Rusty Spotted Cat yang kecil menjadikannya hewan yang diburu oleh hewan-hewan karnivora lainnya yang lebih besar. Termasuk anjing domestik, ular kobra, dan mungkin juga ular sanca dan burung hantu. Rusty spotted cat yang merasa terancam biasanya akan menyelamatkan diri dengan memanjat pohon.

Kucing liar yang cakep ini tidak diketahui berapa rentang umurnya di alam liar. Di penangkaran sih dia bisa hidup hingga 12 tahun.

Rusty Spotted Cat adalah kucing langka yang populasinya semakin menurun. Sebab utamanya yang saya baca adalah rusak atau berkurangnya habitat mereka dan karena diburu.

Cukup banyak kucing ini yang ditemukan mati di jalanan mungkin karena kecelakaan. Kadang ia juga dibunuh oleh anjing dan kucing domestik.

Di Sri Lanka orang kadang salah paham mengira dia anak macan tutul, hewan yang ditakuti, dan membunuhnya. Ada pula yang dibunuh karena memangsa unggas ternak tapi sangat jarang.

Referensi:

  • Wild Cats of the World, Luke Hunter
  • https://wildcatconservation.org/wild-cats/asia/rusty-spotted-cat/
  • http://www.felidaefund.org/?q=worlds-smallest-cat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *