Review makanan kucing Equilibrio

Review Makanan Kucing Equilibrio (Dry Food)

Awal memiliki kucing saya memberinya makan dry food murahan dan sesekali memberi wet food, daging ikan, dan ayam. Lambat laun saya sadar kucing makan bukan untuk sekedar makan agar bisa terus hidup.

Kucing butuh nutrisi yang baik untuk tumbuh dan menjaga kesehatannya. Setelah mencoba beberapa merk, saya memutuskan memberi kucing makanan kering Equilibrio. Ada beberapa alasannya yang saya tuliskan di review makanan kucing Equilibrio ini.

Mengenal Equilibrio

Equilibrio adalah brand makanan hewan yang diproduksi oleh Total Alimentos, perusahaan asal Brasil yang fokus pada nutrisi hewan peliharaan. Dari website Total Alimentos saya baca, perusahaan ini didirikan pada 1975, jadi usianya sudah cukup tua 45 tahunan.

Ada dua macam makanan kucing Equilibrio, yang satu untuk makanan harian. Satunya lagi adalah Equlibrio Veterinary, makanan khusus kucing dengan penyakit tertentu. Tapi yang saya bahas di sini hanya Equilibrio untuk sehari-hari.

Data di website mereka menunjukkan Equilibrio sudah tersebar di negara Angola, Israel, Libanon, Yunani, Bulgaria, Rumania, Cina, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan, dan negara-negara Amerika Selatan.

Saat mencari bahan untuk tulisan ini saya mengalami kesulitan karena website khusus produk Equilibrio, Equilibriototalalimentos.com.br bahasanya Portugis dan Spanyol. Saya pun mengontak mereka dan dimintai nomor telepon dan email.

Sekitar dua hari kemudian, eh saya dikontak importir dan distributor Equilibrio di Indonesia, PT Citradarsana. Baik banget, Pak Rahmat via WA memberi saya beberapa brosur untuk bahan.

Jenis-Jenis Equilibrio Cat Food Kering

Dari brosur yang saya terima Equilibrio dry food ada 7 jenis:

  1. Adults
    Untuk kucing dewasa. FOS, MOS, dan probitotik membantu menyeimbangkan intestinal flora (bakteri simbiotik yang terjadi secara alami di usus). Mencegah hairball terakumulasi di saluran pencernaan, membantu menjaga kesehatan saluran kencing.
  2. Salmon
    Untuk kucing dewasa. Membantu menjaga kesehatan saluran kencing. Mempunyai rasa yang disukai kucing. Kandungan omega 3 dan omega 6 untuk menjaga vitalitas kulit dan membuat bulu cemerlang.
  3. Kittens
    Untuk anak kucing usia 1 tahun ke bawah. FOS, MOS, dan probitotik membantu menyeimbangkan intestinal flora. Membantu mengurangi bau kotoran dan membantu perkembangan kognitif anak kucing.
  4. Long Hair
    Untuk kucing dewasa berbulu panjang. Mencegah hairball terakumulasi di saluran pencernaan, membantu menjaga kesehatan saluran kencing. Kandungan omega 3 dan omega 6 untuk menjaga vitalitas kulit dan membuat bulu cemerlang.
  5. Light
    Untuk kucing dewasa yang kegemukan. Rendah kalori, membantu menurunkan berat badan. L-carnitine dan serat untuk mengontrol berat badan. Membantu menjaga kesehatan saluran kencing.
  6. Castrated (Umur 1-7 tahun)
    Untuk kucing dewasa yang sudah disteril. L-carnitine dan serat untuk mengontrol berat badan. Mencegah hairball terakumulasi di saluran pencernaan, membantu menjaga kesehatan saluran kencing.
  7. Castrated (Umur di atas 7 tahun)
    Untuk kucing dewasa yang sudah disteril. FOS, MOS, dan probitotik membantu menyeimbangkan intestinal flora. Rendah fosfor, menjaga kesehatan ginjal. Antioksidan alami, membantu melindungi sel.

Dosis Makan Per Hari

Di brosur juga ada instruksi dosis pemberian makan sesuai berat kucing:

Equilibrio Adults

  1. Berat kucing 1,4-3,6 kg: 31-58 gram per hari.
  2. Berat kucing 3,6-4,7 kg: 58-69 gram per hari.
  3. Berat kucing 4,7-7 kg: 69-90 gram per hari.

Equilibrio Long Hair

  1. Berat kucing 1,4-3,6 kg: 30-56 gram per hari.
  2. Berat kucing 3,6-4,7 kg: 56-66 gram per hari.
  3. Berat kucing 4,7-7 kg: 66-87 gram per hari.

Equilibrio Kittens

  1. Berat kucing 0,2-1,6 kg: 18-57 gram per hari.
  2. Berat kucing 1,6-3,7 kg: 57-88 gram per hari.

Review Pribadi

Kucing saya jika diberi dry food dan makanannya bersisa, setelah beberapa lama dia biasanya tidak mau makan lagi makanan itu. Tapi kalau Equilibrio ia suka sekali, sisanya juga dihabiskan. Badannya pun makin berisi.

Alasan lain saya menyukai Equilibrio karena kotoran kucing baunya menjadi tidak terlalu menyengat. Kotorannya juga padat tidak cair dan lembek sehingga mudah dibersihkan dari litter box.

Yang sering saya beli untuk kucing saya adalah Equilibrio Adults. Saya berencana akan mencoba Equilibrio Castrated karena si Fani, kucing saya, sudah disteril.

Makannya jadi banyak sekali setelah disteril dan dia menggemuk dengan cepat. Dokter hewan langganan sudah menyarankan untuk mengurangi porsi dan frekuensi makan agar Fani tidak obesitas. Disuruh 2 kali sehari saja dengan porsi setara satu sendok sayur setiap makan.

Sudah saya coba dan Fani jadi kelaparan. Dia sampai mengambil sendiri makanan keringnya, bungkusnya dia gigit dan cakar-cakar sampai berlubang cukup besar.

Jadi mumpung obesitasnya belum parah mau saya kasih Equilibrio Castrated saja. Biar beratnya terkontrol.

Terakhir, yang saya sukai dari Equilibrio adalah harganya. Untuk kualitas premium yang ditawarkan harganya terjangkau bagi saya yang bukan cat lover kaya. Terakhir saya beli di pet shop langganan per kilo harganya 65 ribu.

Di Mana Beli Equilibrio?

Makanan kucing Equilibrio banyak dijual di pet shop dan juga banyak dijual online. Ada yang dijual dalam kemasan asli dan kemasan repack per ½ dan 1 kg.

Kamu juga bisa beli di Shopee via link afiliasi saya. Kalau kamu beli saya akan mendapatkan sedikit komisi penjualan. Jadi makasih banyak ya buat yang beli lewat link afiliasi saya.

Equilibrio Adults

equilibrio adults

Makanan untuk kucing dewasa.

Cek Harga

Equilibrio Long Hair

equilibrio long hair

Makanan untuk kucing dewasa berbulu panjang, termasuk Persia.

Cek Harga

Equilibrio Kittens

equilibrio kittens

Makanan untuk anak kucing.

Cek Harga

Kesimpulan

Equilibrio ini cocok sekali buat pemilik kucing yang tidak kaya seperti saya. Dengan harga tidak terlalu mahal sudah bisa mendapatkan makanan kucing premium.

Ringkasnya, kelebihan Equilibrio menurut saya adalah:

  • Kucing saya suka.
  • Kotoran jadi tidak bau.
  • Kotoran padat dan tidak lembek.
  • Badan kucing makin berisi.
  • Harga terjangkau.Kualitas bagus.

Sumber gambar: Equilibriototalalimentos.com.br



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *